Hati Hati,Sayur Bayam Bisa Berubah Jadi Racun

Sayur bayam mengandung zat besi atau senyawa Ferro ( Fe2+ ) yang baik bagi tubuh. Namun jika dipanaskan ulang ,akan terjadi proses oksidasi pada sayur bayam. Fe2+ akan berubah menjadi Fe3+ atau senyawa Ferri yang beracun bagi tubuh.

Sayur bayam enaknya di sayur bening,apa lagi ada sambal hmm..seger.Tanaman yang satu ini mudah sekali ditemukan disekitar kita di pekarangan sayapun banyak sekali tananam bayam. Sayur bayam jelas tidak asing lagi di telinga kita. Maklum, sayur satu ini juga jadi favorit tokoh kartun Popeye yang disukai anak-anak. Tak hanya itu saja, harga yang murah dengan cara pengolahan mudah menjadikan bayam sebagai salah satu menu andalan keluarga. 


Namun, ingat bayam tidak dapat dipanaskan berulang-ulang kali seperti sayur sop atau olahan sayur kuah lainnya. Hal ini menyebabkan vitamin yang terkandung dalam bayam akan berubah jadi racun yang justru tidak baik bagi tubuh anda.


Bayam banyak mengandung zat besi atau senyawa Ferro ( Fe2+ ) yang baik bagi tubuh. Namun jika dipanaskan ulang , akan terjadi proses oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi adalah proses pengikatan oksigen. Maka Fe2+ akan berubah menjadi Fe3+atau senyawa Ferri yang beracun bagi tubuh.

Selain itu,  sayur bayam mengandung nitrat dengan konsentrasi tinggi. Nitrat tersebut sama sekali tidak berbahaya, tapi nitrat dapat diubah menjadi nitrit, lalu ke nistrosamin yang berbahaya bagi tubuh. Proses terbentuk nitrosamin adalah karena enzim yang hadir dalam bakteri akan mengubah nitrat menjadi nitrit. Hal ini terjadi terutama bila bayam dipanaskan, disimpan lebih dari 5 jam dan kemudian dipanaskan lagi.

Kondisi asam mendukung pembentukan nitrosamin dari nitrit, ditambah dengan fakta bahwa hampir semua makanan mengandung protein dan beberapa yang terkena asam dalam produksi nitrosamin perut tidak dapat sepenuhnya dicegah. Oleh karena itu, disarankan sayur bayam jangan dihangatkan lagi setelah dimasak. Karena selain zat nitrosamin dapat membuat sakit perut hingga kematian pengkonsumsinya, zat tersebut juga adalah zat pemicu kanker.

Pengolahan memasak bayam disarankan jangan memasak di atas panci berbahan dasar alumunium karena senyawa Ferro akan bereaksi dengan bahan panci besi atau alumunium. Jadi, jika anda penggemar bayam namun tidak ingin sayuran kegemaran Popeye ini berubah menjadi racun, anda perlu cermat dan teliti mengetahui sifat dari rajanya sayuran ini. Anda harus memilih bayam yang masih segar, langsung dimakan begitu matang, jangan terlalu lama disimpan di lemari pendingin....
Semoga bermanfaat...


Sumber : Bp. epung saipudin 
Advertisement
Hati Hati,Sayur Bayam Bisa Berubah Jadi Racun