Nutrisi Seimbang Yang Dibutuhkan Tubuh Kita

Tips Shehat - Nutrisi di sebut juga zat Gizi, Nutrisi adalah zat dalam makanan yang dibutuhkan organisme untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Nutrisi di peroleh dari hasil pemecahan makanan oleh sistem pencernaan. dan seringkali di sebut dengan istilah sari-sari makanan.. Berbagai jenis nutrisi  ialah Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air.Nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk dapat beraktivitas, tumbuh, dan berkembang.Jika kita kekuranga atau tidak seimbang maka akibatnya tubuh kita tidak sehat & akhirnya jatuh sakit.

Karbohidrat
Makanan yang kita  makan mengandung berbagai jenis karbohidrat. Dari jenis jenis karbohidrat ada yang lebih baik untuk kesehatan kita dibanding jenis karbohidrat yang lainnya.Karbohidrat dihasilkan dari sintesis CO2dan H2O dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun (klorofil) melalui fotosintesis. Karbohidrat merupakan sumber kalori bagi organisme heterotrof (makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri).

Jenis jenis kabohidrat antara lain adalah:

~ Gula. 
Gula  secara alami dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan  susu. Makanan seperti kue dan biskuit memiliki pemanis buatan atau juga disebut dengan gula tambahan. Gula yang kita dapatkan secata alami maupun yang didapat dari gula tambahan  Semuanya dapat diubah menjadi glukosa, atau zat  gula darah. Sel-sel kita membakar glukosa dan menjadikan energi.

~ Zat tepung. 
Zat tepung  di  dalam tubuh kita dipecah menjadi gula. Zat tepung dapat ditemukan dalam sayuran tertentu, seperti kentang, buncis, kacang polong, dan jagung. Ia juga ditemukan dalam roti, sereal, dan biji-bijian.

~ Serat . 
Serat  adalah karbohidrat yang yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita.  Serat  melewati tubuh kita  tanpa dipecah menjadi gula. Meskipun tubuh kita tidak mendapatkan energi dari serat, kita masih perlu mengkonsumsi  serat untuk tetap sehat. Serat membantu menyingkirkan lemak berlebih dalam usus, yang membantu mencegah penyakit jantung. Serat juga membantu mendorong makanan melalui usus, yang membantu mencegah sembelit. Makanan tinggi serat ialahbuah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang polong, biji-bijian, dan gandum makanan (seperti roti gandum, oatmeal, dan beras merah).

Meskipun tubuh kita memerlukan glukosa, akan tetapi kita perlu menjaganya agar tetap seimbang. Jika kadar glukosa dalam darah tinggi dalam rentan waktu yang lama, maka kita berpotensi untuk terserang penyakit diabetes  tipe 2 . Untuk menjaga glukosa darah, kita perlu  membatasi makanan dengan gula tambahan. Kita dapat mengetahui apakah sebuah  makanan telah menambahkan  gula dengan melihat daftar bahan bahan pada kemasan makanan tersebut. 
Carilah istilah-istilah seperti, Jagung, Dekstrosa, Fruktosa, Glukosa, Laktosa, Maltosa, Sukrosa, Madu, Gula,Gula merah, dan Sirup.
Sebaiknya kita mengkonsumsi karbohidrat yang sehat dan alami. 

Karbohidrat yang sehat antara lain adalah: 
Zat gula alami buah-buahan, sayuran, susu, dan produk susu,Serat dan Zat tepung dalam makanan gandum, buncis, kacang polong, dan jagung
  
Protein
Protein merupakan bagian penting dari tulang, otot, dan kulit. Bahkan dalam setiap sel dalam tubuh kita terdapat protein . Protein mempunyai banya fungsi, antara lain adalah membantu memecah nutrisi  untuk menjadi energi, sebagai struktur bangunan dalam tubuh, dan menghancurkan  racun.Protein terdiri dari blok bangunan yang disebut asam amino. Tubuh kita  dapat memproduksi beberapa  asam amino. 

Protein yang kita  peroleh dari daging dan produk hewani lainnya mengandung semua asam amino yang kita butuhkan. Protein dari daging dan produk hewani yang lain juga disebut  sebagai protein lengkap. Berbeda dengan dengan protein Nabati yang tidak mengandung semua asam amino yang kita butuhkan, untuk melengkapi asam amino yang kita butuhkan kita perlu mengkonsumsi beberapa makanan nabati agar kita memperoleh asam amino yang lengkap yang kita butuhkan.

Beberapa Sumber protein :
Ikan,  kerang, Daging unggas, Daging merah (sapi, babi, domba), Telur, Kacang-kacangan, Selai kacang, Biji bijian Produk dari kedelai (tahu, tempe, burger vegetarian), Susu dan produk terbuat dari susu (keju, keju cottage, yoghurt)

Agar tubuh kita tetap stabil, tubuh kita juga membutuhkan Lemak. Lemak memiliki fungsi antara lain sebagai sumber energi, memproduksi zat zat yang dibutuhkan oleh tubuh, serta membantu tubuh menyerap vitamin tertentu dari makanan. Tidak semua makanan berlemak baik untuk kesehatan kita. Lemak yang baik untuk kita konsumsi adalah lemak tak jenuh tunggal ( monounsaturated ) dan lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated). Dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh kita dapat meminimalisir akan terserang penyakit jantung. 
Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal: 
Minyak zaitun, Minyak kacang, Minyak canola,  dan  Alpukat. 
makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh jamak tinggi :
minyak jagung, minyak biji kapas, dan minyak kedelai.

Jenis lemak yang kurang baik untuk kesehatan kita  adalah lemak jenuh dan trans yang  dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan menyebabkan penumpukan zat lemak dalam arteri yang dapat menghambat aliran  darah  yang kaya oksigen ke jantung kita. Lemak ini juga dapat meningkatkan risiko stroke dengan menyebabkan penumpukan zat lemak yang sama dalam arteri yang menjadi saluran aliran darah  ke otak kita. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi banyak lemak trans dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi  antara lain Daging merah (sapi, babi, domba), Daging unggas, Mentega, Susu, Minyak kelapa, Minyak kelapa sawit. Sedangkan lemak trans dapat kita jumpai pada beberapa makanan yang digoreng seperti seperti kerupuk, donat, dan dan kentang goreng.

Sama halnya dengan lemak jenuh dan lemak trans. Kolesterol juga kurang baik bagi kesehatan kita, yang juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Kolesterol juga dapat kita temukan daging merah (sapi, babi, domba) dan daging unggas.
Meskipun lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak baik untuk kesehatan kita, namun kita tetap teratur dalam mengkonsumsi lemak tersebut. Karena jika lemak terus bertambah maka tubuh kita akan mengalami kegemukan yang dapat beresiko terserang penyakit lain seperti diabetes dan obesitas.

Vitamin
Vitamin adalah zat yang ditemukan dalam makanan yang dibutuhkan tubuh kita  untuk pertumbuhan dan kesehatan. Ada 13 vitamin yang dibutuhkan tubuh kita . Masing masing vitamin memiliki fungsi tersendiri. Berikut adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita....

Anda masih membaca Nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar bisa melakukan kegiatan sehari hari.

Sumber Vitamin,Fungsi Pada Tubuh 
Dan Akibatnya Jika Kekurangan 


* Vitamin A (retinol = anti seroftalmia) C20H30O
Sumber : 
Sayur dan buah berwarna kuning dan merah, seperti  brokoli, bayam, wortel, labu, ubi jalar, hati, telur, susu, krim, dan keju.

Fungsi  : 
~ Memelihara kesehatan mata dan kulit
~ Pertumbuhan tulang dan gigi

Akibat  : 
~ Xeroftalmia (gangguan kelenjar air mata)
~ Rabun senja
~ Kulit kasar
~ Kelelahan

* Vitamin B1(tiamin) C17H20O6N4
Sumber : 
Hati, ginjal, susu, mentega, kuning telur, ikan, kacang-kacangan, dan kulit ari, padi-padian.

Fungsi : 
~ Koenzim dalam metabolisme
~ Metabolisme karbohidrat
~ Memelihara fungsi sistem saraf
~ Memelihara sistem pencernaan dan nafsu makan

Akibat : 
~ Beri-beri dan edema
~ Hilang nafsu makan
~ Gangguan otot dan jantung
~ Mata lemah
~ Pembengkakan neuron pada susunan saraf pusat.

* Vitamin B2(riboflavin laktoflavin) C17H20O6N4
Sumber : 
Hati, jantung, ginjal, otak, susu, telur, mentega, sayuran, dan ragi.

Fungsi  : 
~ Transmisi rangsangan cahaya ke saraf mata
~ Menjaga nafsu makan
~ Memelihara kulit di sekitar mulut

Akibat : 
~ Luka di sudut bibir
~ Katarak
~ Dermatitis
~ Diare
~ Kelemahan otot

* Vitamin B3(niasin) C6H5O2N
Sumber : 
Susu, hati, telur,sayur-sayuran, ragi, kacang, daging, ikan, dan unggas.

Fungsi
~ Pertumbuhan sel
~ Bersama fosfat membentuk koenzim yang berperan dalam respirasi sel

Akibat : 
Penyakit pelagra dengan gejala 3D (dermatitis, diare, dan demensia)

* Vitamin B5(asam pantotenat) C9H17O3N
Sumber : 
Ragi, hati, kuning telur, buah-buahan, sayur-sayuran,daging sapi,ayam,lobster, susu, kacang, kacang polong, brokoli, dan biji-bijian.

Fungsi : 
~ Memelihara tingkat gula darah yang normal
~ Komponen struktur koenzim-A yang berperan dalam proses oksidasi sel

Akibat : 
~ Radang kulit
~ Nafsu makan menurun
~ Insomnia (sulit tidur)

* Vitamin B6(piridoksin) C8H12O2N
Sumber : 
Sayuran hijau,daging, telur,susu Hati,biji-bijian, kuning telur, kacang, pisang, wortel, dan ragi.
 
Fungsi : 
~ Memelihara keseimbangan unsur fosfor dan kalium dalam sel
~ Aktif dalam pembentukan antibodi dan beberapa koenzim dalam metabolisme

Akibat : 
~ Peradangan kulit
~ Anemia.

* Vitamin B11(asam folat) C12H12O6N7
Sumber : 
Kacang-kacangan, ragi, hati, daging, pisang, lemon, dan sayuran hijau.

Fungsi : 
~ Pembuatan koenzim untuk produksi eritrosit
~ Membentuk asam nukleat untuk sintesis protein

Akibat : 
~ Anemia
~ Diare
~ Megaloblastosis (membesarnya sel darah merah) Terhambatnya pertumbuhan.

*Vitamin B12(sianokobalin = anti anemia pernisiosa) C63H90O14N14P9
Sumber : 
Daging, unggas, ikan, telur, susu, keju, hati, udang, dan kerang.

Fungsi : 
~ Metabolisme sel darah dan pertumbuhan jaringan
~ Pembentukan eritrosit

Akibat : 
~ Kelelahan
~ Pusing
~ Anemia
~ Peradangan saraf.

*Vitamin C (asam askorbat) C6H8O6
Sumber : 
Jeruk, tomat, nanas, pepaya, semangka, stroberi, hati, dan sayur-sayuran segar.

Fungsi : 
~ Pembentukan serabut kolagen
~ Menjaga pelekatan akar gigi pada gusi
~ Menjaga elastisitas kapiler darah
~ Koenzim reaksi katabolisme karbohidrat dan lemak

Akibat : 
~ Pendarahan pada gusi dan persendian
~ Otot sakit
~ Degenerasi (pengurangan sel-sel kulit)
~ Skorbut (penyakit karena kekurangan vitamin C)

Jika Kelebihan : 
Dosis yang melebihi 1000 miligram/hari menyebabkan:
- diare
- batu ginjal pada orang-orang yang peka
- perubahan siklus menstruasi.

* Vitamin D (ergosterol = kalsiferol) C28H44O
Sumber : 
Susu, minyak ikan, kuning telur, ragi, dan sinar ultraviolet.

Fungsi : 
~ Absorbsi fosfor dan kalsium
~ Pembentukan tulang dan gigi

Akibat : 
~ Rakhitis (pada bayi)
~ melunaknya tulang pada orang dewasa

*Vitamin E (tokoferol = anti sterilitas) C29H50O2
Sumber : 
Kecambah, susu, kuning telur, kacang-kacangan, tumbuhan hijau, biji gandum.
 
Fungsi
~ Pembentuk eritrosit
~ Membantu fungsi reproduksi
~ Mencegah oksidasi lemak tak jenuh

Akibat : 
~ Kemandulan
~ Penimbunan lemak pada otot
~ Pecahnya eritrosit.
  
* Vitamin H (biotin) C10H16O3N2S
Sumber : 
ginjal, hati, dan kuning telur,tepung kedelai, sereal, ragi, kacang polong, buncis, kacang, tomat, dan susu. 
  
Fungsi : 
Koenzim metabolisme karbohidrat, membantu pertumbuhan sel, lemak, dan protein

Akibat : 
~ Depresi
~ Kurang nafsu makan

* Vitamin K (filokinon = anti hemoragia) C31H46O2
Sumber : 
Sayuran hijau bayam, kubis, keju, brokoli,  kubis, dan  tomat hati, dan daging.
  
Fungsi : 
~ Membantu pembekuan darah,pembentukan tulang
~ Pembentukan protrombin dalam hati

Akibat : 
~ Pendarahan
~ Darah sukar membeku.

Mineral
Pengertian Mineral : 
Mineral merupakan zat anorganik dan diperlukan oleh tubuh untuk membantu berbagai aktivitas yang terjadi dalam tubuh, seperti kerja otot, peredaran darah, pembekuan darah, dan lain-lain.Sama halnya dengan   vitamin, mineral adalah zat yang ditemukan dalam makanan yang dibutuhkan tubuh kita  untuk pertumbuhan dan kesehatan. Ada dua jenis mineral: macrominerals dan jejak mineral. Macrominerals adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar, yaitu  kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, dan klorida. Sedangkan jejak mineral terdiri dari  besi, tembaga, yodium, seng, fluorida, dan selenium.

Untuk lebih jelasnya baca dibawah ini :

Sumber Mineral,Fungsi Dalam Tubuh,
Akibat Jika Kekurangan & Akibat Jika Kelebihan 

* Natrium/Kalium(Na)
Sumber : 
Garam dapur,susu, keju, bit, seledri, daging sapi, daging babi, sarden, dan buah zaitun hijau.
  
Fungsi : 
~ Memelihara keseimbangan cairan tubuh
~ Memelihara keseimbangan pH dalam sel
~ Mengatur permeabilitas sel
~ Mengatur transmisi impuls saraf

Akibat Kekurangan : 

Gangguan pada jantung dan ginjal
~ Kelelahan dan kejang otot
~ Turunnya nilai osmotik cairan sehingga meningkatkan suhu tubuh

Akibat Kelebihan  : 

Hipertensi (tekanan darah tinggi)

* Kalium (K)

Sumber : 
Susu, buah-buahan, padi-padian, daging, ikan, unggas, telur,sayur sayuran, ikan, kerang, daging merah, biji-bijian,ayam, hati, bawang putih, dan ragi
 
Fungsi : 
~ Sebagai kofaktor (komponen kimia untuk membantu kerja enzim) 
~ pembentukan karbohidrat dan protein 
~ Membantu kontraksi otot dan menjaga denyut jantung
~ Mengatur pelepasan insulin dari pankreas
~ Transmisi impuls saraf
~ mencega kerusakan pada sel serta membantu fungsi kelenjar tiroid.
 
Akibat Kekurangan : 
~ Kelemahan otot
~ Pertumbuhan terhambat
~ Denyut jantung tidak teratur dan gangguan pernapasan 
~ Karies (kerusakan pada gigi)

Akibat Kelebihan  : Kejang otot.


* Kalsium (Ca)

Sumber : 
Ikan salmon, keju, kubis, brokoli, bit, wortel, biji-bijian,kacang kacangan, sarden, susu, keju, yoghurt,kangkung, lobak, sawi, brokoli, dan jeruk.
 
Fungsi : 
~ Membentuk matriks tulang dan gigi
~ Membantu proses pembekuan darah
~ Membantu menjalankan fungsi otot dan saraf otot
~ Transmisi impuls saraf

Akibat Kekurangan : 

Osteoporosis (kerapuhan tulang)
~ Rakhitis
~ Kejang otot
~ Hipokalsemia (rendahnya kadar kalsium dalam darah)

Akibat Kelebihan : 

Hiperkalsemia (kadar kalsium yang terlalu tinggi dalam darah)

* Fosfor (P)

Sumber : 
Susu, kuning telur, daging, unggas, ikan,kacang-kacangan,yoghurt, keju,daging merah, unggas, ikan dan  kacang polong.
   
Fungsi : 
~ Pembentukan matriks tulang dan gigi
~ Mengatur keseimbangan asam dan basa dalam darsh
~ Mengerutkan kontraksi otot
~ Memacu metabolisme

Akibat Kekurangan : 

~ Kerapuhan tulang dan gigi
~ Rakhitis

Akibat Kelebihan  : 

Pengikisan rahang

* Magnesium (Mg)

Sumber : Susu, daging, padi-padian, kacang-kacangan, seafood, keju, dan yogurt. 

Fungsi : 

~ Respirasi seluler (proses kimia dalam sel-sel tubuh Anda yang mengubah energi yang tersimpan dalam makanan ke dalam bentuk energy untuk digunakan oleh otot-otot Anda).
~ Biokatalisator (sifat enzim yg dapat mempercepat suatu reaksi tanpa menjalani perubahan sendiri)
~ Unsur penting dalam otot, tulang, dan eritrosit

Akibat kekurangan : 

~ Gangguan ginjal dan kardiovaskuler
~ Kontrol emosi dan mental turun

·Akibat Kelebihan : 

~ Diare
~ Gangguan fungsi saraf.

* Klorida (Cl)

Sumber : Garam dapur, susu, telur,rumput laut, gandum, tomat, 
                selada, seledri, buah zaitun, sarden, daging sapi,  dan keju.
  
Fungsi : 
~ omponen penyusun asam lambung
~ Keseimbanga cairan asam basa dalam tubuh, 
~ elektrolit, dan tekanan osmotik

Akibat Kekurangan : 

~ Gangguan pencernaan
~ Kontraksi otot abnormal

Akibat Kelebihan    : 

~ sindrom Zollinger-Ellison dan hiperkalsemia. 
~ gejala seperti sakit lambung dan bisul lambung.


* Sulfur/Belerang (S)
Sumber : susu, keju, buah-buahan, dan kacang-kacangan,kuning telur, kubis, brokoli, kembang kol, kubis Brussel, kangkung, sawi, asparagus, bawang merah, dan bawang putih.

Dapat ditemukan dalam nutrisi : 

alpha-lipoic acid, biotin, Methylsulfonylmethane, N-acetylcysteine ​​(NAC), dan vitamin B.

Fungsi :    
~ membantu menjaga sendi yang sehat, 
~ meningkatkan sistem kekebalan tubuh
~ membantu dalam pencernaan lemak dan penyerapan
~ dibutuhkan untuk membuat asam empedu
~ membantu mengatur gula darah,
~ membantu menjaga keseimbangan oksigen untuk fungsi otak yang sehat.
~ Komponen penyusun beberapa vitamin, seperti tiamin, biotin dan pantotenat.
~ Aktivator enzim

Akibat Kekurangan : 

Mengganggu pertumbuhan

*Zat Besi (Fe)

Sumber : Daging, unggas, ikan, unggas, hati, susu, telur, sayuran hijau,tepung gandum, tepung kedelai, telur, kacang-kacangan, kacang polong, bayam, lobak hijau, kerang,  dan sereal.
  
Fungsi : 
~ membantu sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.
~ membantu menjalankan fungsi otot
~ Respirasi seluler
~ Membentuk hemoglobin

Akibat Kekurangan : 

Lesu, pusing, dan anemia

Akibat Kelebihan  : 

Cirrhosis (pembengkakan karena meningkatnya cairan pada hati)

* Yodium (I)

Sumber : 
Ikan laut, minyak ikan, sayuran hijau, dan garam beryodium.

Fungsi : 

~ Membantu fungsi kelenjar tiroid
~ Pembentukan hormon tiroksin

Akibat Kekurangan : 

~ Penyakit gondok
~ Penyakit krotinisme (kemunduran fisik dan mental pada anak yang sedang tumbuh) atau tubuh kerdil

Akibat Kelebihan  : 
~ Terasa tidak enak pada mulutnya,air liur berlebihan
~ ritasi pencernaan dan menimbulkan ruam.

Seng (Zn)

Sumber : 
Ikan laut, kerang, hati, daging, susu, telur, dan tiram.
kacang-kacangan,  biji-bijian, sereal, gandum, dan biji labu.
 
Fungsi : 
~ menjaga kesehatan kulit dan membantu dalam penyembuhan luka. 
~ membantu tubuh kita untuk melawan penyakit.
~ Membantu metabolisme
~ Membantu pertumbuhan dan reproduksi

Akibat Kekurangan : Anemia

Pada anak-anak gejala awal dari kekurangan seng adalah: 
- pertumbuhan yang terlambat 
- kehilangan nafsu makan 
- gangguan pengecapan 
- rendahnya kandungan seng dalam rambut. 

Akibat kelebihan : 

menimbulkan rasa logam di lidah, muntah dan gangguan lambung. 
Seng sebanyak 1 gram atau lebih bisa berakibat fatal.

Flour (F)

Sumber : 
Susu, kuning telur, ikan, dan garam.

Fungsi : 

Menguatkan tulang dan gigi

Akibat Kekurangan : 

~ Periodental (radang pada jaringan penyangga gigi)
~ Osteoporosis

Akibat Kelebihan  : 

~ Gigi berwarna cokelat
~ Impuls saraf terganggu

Tembaga (Cu)

Sumber : 
Kacang-kacangan, kerang, hati, ginjal, kerang (terutama tiram), coklat, jamur, kacang, dan  gandum.
 
Fungsi : 
~ melindungi sel dari kerusakan,membentuk tulang dan sel darah merah
~ Pembentukan hemoglobin dan eritrosit
~ Memelihara fungsi sistem saraf
~ Sintesis hormon

Akibat Kekurangan : 

~ Anemia
~ Gangguan sistem saraf

Akibat Kelebihan  : 

Pusing, lesu, dan sakit kepala.

Air
Air adalah bagian penting dari tubuh kita. Bahkan lebih dari 70 persen tubuh kita terdiri dari air.Beberapa fungsi :
~ Membasahi jaringan, seperti  di sekitar mulut, mata, dan hidung
~ Mengatur suhu tubuh anda
~ Sebagai Bantalan  sendi kita
~ Membantu tubuh kita  mendapatkan nutrisi

Itulah nutrisi seimbang yang di perlukan tubuh kita agar tetap sehat, sehingga kita bisa melakukan kegiatan sehari hari..


Sumber : ~ mulanovich.blogspot.com
                ~ aisyahqolidah.blogspot.com
                ~ Dan dari berbagai sumber kami kumpulkan



Advertisement
Nutrisi Seimbang Yang Dibutuhkan Tubuh Kita