SEMUA TENTANG PETAI (PeTE)

Tips Sehat - Manfaat Petai (Pete) Untuk Kesehatan, Kenapa Kepala Pusing Dan Perut Mual Setelah Makan Petai?, Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai, Bahaya Makan Petai Jika Berlebihan. Apa kabar sahabat semua? semoga di hari minggu pagi yang cerah ini kita semua selalu sehat dan di berkahi olehNya, amin... pada kesempatan ini saya akan membahas segala sesuatu tentang Petai. Buah petai ini termasuk ke dalam jenis polong polongan berarti kacang dong? tapi masa' iya nyebutnya kacang petai, lucu dengarnya juga. Ah...terserah anda..


Pohon petai banyak kita jumpai di Indonesia khususnya daerah jawa barat. Makanya kalau kita masuk ke rumah orang jawa barat kebanyakan kamar mandinya kalau gak bau petai ya bau jengkol karena rata rata orang sana suka dengan petai dan jengkol tapi tidak semuanya suka soalnya mereka lebih berfikir ke baunya itu dari pada menikmati petainya.

Pohon petai bunganya muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, bertipe buah polong. Dari satu bonggol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika sudah tua dan melepaskan biji-bijinya. Apakah ada manfaat dari petai ini? Lalu apa kandungan nutrisi dan manfaat mengkonsumsi petai ini?

Kandungan Nutrisi Petai  
* Petai diketahui sebagai sumber antioksidan alami.
* Petai mengandung zat phenolic, lebih tinggi dibanding sayuran
* Polong-nya lebih banyak mengandung phenolic dibanding bijinya,
* Biji petai juga mengandung vitamin C (tidak termasuk polong-nya)
* Mengandung vitamin A, B6, dan B12, serta potassium dan zat besi.
Petai juga mengandung asam amino tertentu sehingga baunya bisa bertahan 2 hari di dalam tubuh yang keluar melalui mulut, juga mengandung karbohidrat komplek sehingga kentutnya berbau busuk tapi juga mengandung Sorotin yang dapat menimbulkan rasa nyaman.

Manfaat Petai Untuk Kesehatan
Banyak orang yang menghindari pete karena baunya yang kurang sedap.Akan Tetapi ternyata pete memiliki manfaat yang jarang diketahui orang.
* Menimbulkan rasa rilex, nyaman
Pete mengandung senyawa tryptophan yaitu sejenis protein yang oleh tubuh diubah menjadi serotin. Zat inilah yang membuat kita relax, membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan memperbaiki mood.
* Mengurangi Rasa panas di dada
Petai memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi Rasa sakitnya.

* Mempertahankan kadar gula
Makan petai diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

* Mengurangi rasa gatal di gigit nyamuk
Mengurangi gatal dan bengkak karena gigitan nyamuk, jadi sebelum anda menggunakan krim gigitan nyamuk , coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit petai.

* Nafsu makan bertambah
Menambah nafsu makan, kalau ini memang benar biarpun cuma dengan sambal tatap saja nikmat jika lalabanya petai

* Menetralkan asam dan mengurangi iritasi di usus. 
* Riset membuktikan bahwa petai dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke hingga 40%.

* Mengatasi Stres Ibu hamil pada trimester pertama,
Dengan kandungan tripopan-nya petai diketahui dapat menjaga keseimbangan hormon penyebab stres ibu yang sedang hamil melalui sintetis hormon serotonin. Hormon serotonin sendiri adalah hormon penghilang stres.

* Mengatasi Anemia dan Tekanan Darah Tinggi 
Anemia yang terjadi karena kurangnya asupan zat besi sedangkan hipertensi terjadi karena kurangnya asupan kalium, keduanya dapat diatasi dengan mengkonsumsi petai. Petai baik juga untuk ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi zat besi dan kalium sehingga cukup baik di konsumsi oleh ibu hamil yang mengalami masalah darah.

* Meredakan Sembelit 
Petai merupakan buah yang kaya serat, sehingga bagi ibu hamil yang mengalami masalah sembelit, serat dari buah pete ini mungkin dapat menjadi salah satu pilihan pengobatan. Akan tetapi ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak dan berkepanjangan karena serat berlebih dapat menyebabkan diare.

4. Dapat Meredakan Maagh 
Pete bertekstur lembut sehingga ia merupakan satu-satunya buah yang dapat dikonsumsi saat masih mentah sebagai lalap oleh para penderita permasalahan pencernaan ini. Pete dengan kandungan alkalinya mampu menetralkan kelebihan asam pada lambung ibu hamil serta dapat mengurangi iritasi pada lapisan dinding lambung.

5. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit
Petai mengandung protein yang cukup tinggi, dan protein sendiri berguna untuk regenerasi sel kulit mati pada tubuh kita. Ibu hamil akan sering mengalami masalah kulit seperti kulit kering, jerawat, dan kulit kusam. Oleh karena itu, mengkonsumsi pete mungkin dapat menjadi solusinya.



Bahaya Makan Petai Jika Berlebihan
Petai tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Berdasarkan penelitian petai juga membahayakan bagi kesehatan kita antara lain;

* Membahayakan ginjal (gagal ginjal)
 Banyaknya amoniak yang terkandung dalam petai yang kita konsumsi tidak dapat tersaring secara sempurna dan membuat ginjal bekerja lebih keras.

* Mengakibatkan Pegal pegal di badan
Hal ini terjadi karena petai mengandung senyawa amoniak tinggi. Senyawa ini merupakan jenis asam yang memicu sintetis nitrogen dalam jaringan ikat dan menimbulkan pegal-pegal dan nyeri pinggang.

* Memperparah penyakit Asam Urat
 Kandungan amoniak dalam petai cukup banyak sehingga memicu tingkat keasaman pada jaringan ikat antara daging dan tulang menjadi semakin tinggi ini semua merupakan Efek Samping Setelah makan Petai yang terlalu banyak.

* Gangguan pencernaan
Disamping untuk mengobati sembelit, kalau makan berlebihan akhirya kebanyakan serat dan akibatnya mencret atau diare.
Ada sebagian orang yang apabila setelah makan buah petai ia mengalami gangguan seperti Pusing, Mual-mual, badan terasa panas, dan sendi sendi tulang terasa nyeri dan linu.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai (Pete)
Untuk menghilangkan bau mulut setelah makan pete,
1. Kunyahlah ketimun mentah 1 - 2 sudah cukup.
2. Atau kunyahlah beras secara langsung tidak usah di cuci sampai halus di mulut. Tapi jangan sampai berasnya ditelan.
3. Atau minum susu hangat. Kumur-kumur terlebih dahulu susu sebelum anda menelannya kedalam perut.

Itulah sahabat semua, Semua Tentang Petai (PetE) yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber yang meliputi Manfaat Petai Untuk Kesehatan, Kenapa Kepala Pusing Dan Perut Mual Setelah Makan Petai?, Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai, Bahaya Makan Petai Jika Berlebihan. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda, semuanya sudah saya sampaikan selanjutnya andalah yang bertanggung jawab terhadap badan anda sendiri, intinya harus berhati hati jika mengkonsumsi petai jangan jangan berlrbihan..
Advertisement
SEMUA TENTANG PETAI (PeTE)