Kandungan Dan Manfaat buah Alpukat Untuk Kesehatan 2016

Manfaat Buah Alpukat - Apa saja kandungan dan manfaat buah alpikat? - Buah alpukat selain enak untuk dimakan dengan cara di jus atau dibikin sop buah, ternyata manfaanya juga sungguh luar biasa. Itulah anugerah Tuhan untuk kepada manusia yang hidup di daerah yang cocok ditumbuhi buah alpukat ini, coba anda lihat di timur tengah dan tanah arab dan sekitarnya tidak ada kita jumpai pohon buah alpukat. Lalu apa saja kandungan dari buah alpukat ini?

Kandungan Dan Manfaat buah Alpukat Untuk Kesehatan 2016

Protein
Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah lain.

Gula
Gula dalam buah ini nilainya cukup kecil, sebelah buah avocado terdiri dari 0.2 g gula, jadi tidak terlalu berbahaya untuk anda yang khawatir akan gula darah.

Vitamin dan Mineral
Seperti buah lainnya, tentu alpukat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Ia mmiliki kandugnan kalium (Kandungannnya lebih besar daripada pisang). Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2

Serat
Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lemak sehat
Lemak yang ada di alpukat adalah lemak baik, porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat. Artinya lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat ini. Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.


Kanfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

1. Anti Inflamasi
Kemampuan alpukat untuk membantu mencegah peradangan yang tidak diinginkan benar-benar tidak diragukan lagi dalam dunia medis, karena telah ditunjang dalam berbagai penelitian. Istilah “anti-inflamasi” adalah istilah yang benar-benar berlaku untuk buah lezat ini. Nutrisi anti-inflamasi Alpukat yang jatuh ke dalam lima kategori dasar:

  • Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, stigmasterol, dan campesterol
  • Antioksidan karotenoid, termasuk lutein, neoxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, violaxanthin, beta-karoten dan alpha-karoten
  • Antioksidan lainnya (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, dan mineral mangan, selenium, dan seng
  • Asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram per cangkir irisan alpukat)
  • alkohol lemak polyhydroxylated (PSA)
  • Sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk anti inflamasi.

2. Memelihara Berat Badan 
Avocado Central menjelaskan bahwa proses pemeliharaan berat badan bisa dibantu dengan buah alpukat. Alasannya karena bebas kolesterol dan rendah kalori, serta kehadiran buah yang baik untuk diet ini dapat menggantikan sumber lemak lain.  Ketika dikonsumsi, alpukat akan menyalurkan sekitar 20 vitamin, mineral, dan fito-nutrien yang menunjang diet rendah kalori seseorang.

Jika Anda seorang pria yang sedang fokus menguruskan badan, kolaborasikan buah alpukat dan telur. Jadikan telur dan jus alpukat sebagai teman sarapan. Telur akan menyumbang protein berkualitas tinggi yang siap mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot. Sementara alpukat memberikan 8% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian Anda, sekitar 3 gram.

 3. Menjaga Kesehatan Mata
Alpukat mengandung lutein. Lutein merupakan antioksidan alami yang dapat membantu memelihara kesehatan mata seiring bertambahnya usia. Lutein tidak bisa disintesa oleh tubuh. Sehingga perlu asupan lutein dari luar untuk pemenuhannya. Tetapi timbul kabar baik, bahwa alpukat menjadi solusi dari masalah ini. Anda bisa memperoleh lebih banyak lutein dari alpukat. Sekitar 81 mikrogram lutein tersimpan dalam satu ons buah alpukat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lutein terbukti terkonsentrasi pada makula mata yang dapat membantu menjaga penglihatan agar tetap sehat meski di usia senja. Jadi, bila Anda ingin tetap normal melihat indahnya alam pemberian Tuhan, maka rawatlah kesehatan mata dengan rutin mengonsumsi buah alpukat.

4. Dapat menjaga Kardiovaskular
Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi omega-6 merupakan faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi. Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

5. Dapat mengobati tekanan darah tinggi
Kandungan Potasium yang tinggi dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain. Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah buah pisang, tetapi fakta membuktikan bahwasanya alpukat ternyata lebih banyak mengandung potassium daripada pisang. Sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium buah alpukat dibanding pisang. Khasiat buah alpukat karena potassium tingginya antara lain:
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness
  • Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh
6. Dapat Mengobati Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan. Jika anda merasa sering lapar, haus, sering kencing, berat badan turun drastis, anda patut memeriksanya ke dokter.

Lalu apa peran dari alpukat untuk masalah ini ? alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah). Menjaga asupan kolesterol ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes.

7. Untuk kesehatan dan kecabtikan
Manfaat alpukat juga dapat menghaluskan kulit dan membantu mencerahkan agar kulit terlihat sehat alami. Alpukat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda lain dari penuaan dini dengan kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E yang membantu menjaga terhadap penuaan dari paparan sinar matahari serta vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

* Cara penggunaannya ke- 1
Lumatkan buah alpukat, balurkan pada wajah dan tangan dengan air hangat kurang lebih 30 menit, efektif untuk mencegah keribut dan menghaluskan kulit

* Cara Penggunaan ke-2
Haluskan setengah buah alpukat matang, lalu campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu. Setelahnya gunakan sebagai toner untuk pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah / kulit lainnya.

8. Baik untuk penyhakit Radang sendi dan Encok
Penyakit ini lebih sering menyerang anda yang sudah mulai berumur, Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

9. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Penyakit seperti Familial hypercholesterolemia (FH), Xanthomas dan gagal jantung adalah jenis penyakit yang akan menjangkiti seseorang jika kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya melebihi jumlah HDL (kolesterol baik). 

Mengetahui buruknya hal tersebut akhirnya para ahli melakukan penelitian terhadap 45 orang dengan jumlah LDL tinggi untuk diperintah makan buah alpukat dalam kurun waktu satu minggu. Alhasil mereka yang benar-benar rutin makan buah alpukat dalam waktu satu minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 17% tanpa mengurangi kadar kolesterol yang baik bagi kelangsungan fungsi organ jantung.

10. Meyuburkan Sperma 
Alpukat mempunyai kandungan anti oksidan yang terbukti memberikan lebih banyak manfaat di bandingkan kopi dan teh. Fakta ini sudah diteliti oleh para ahli from University of Western Australia dan Monash University.

Menurut penelitian tersebut, sperma yang memiliki lapisan antioksidan di permukaannya akan lebih mudah mencapai sel telur. Tanpa adanya lapisan antioksidan, sperma akan dianggap benda asing sehingga kehadirannya akan selalu ditolak oleh sistem kekebalan pada tubuh wanita.

Baca juga: Kandungan Dan manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan/Kecantikan

Sebenarnya masih banyak manfaat dari nuah alpukat ini, satu halaman ini tidak cukup untuk dituliskan semuanya, untuk lain waktu akan dismabung lagi, Ok sahabat semua semoga bertmanfaat..
Advertisement
Kandungan Dan Manfaat buah Alpukat Untuk Kesehatan 2016