BELUM TAHU KHASIAT TUMBUHAN PUTRI MALU? BACA DISINI...!!!

Apa Kandungan Dan Manfaat Tanaman Putri Malu Untuk kesehatan Tubuh Kita? - Aku yakin anda semua pasti sudah mengetahui tumbuhan seperti apa itu putri malu, tumbuhan ini sebenarnya jenis rumput rumputan yang tumbuh liar dimana saja. Putri malu biasa kita jumpai di sekitar persawahan dan kadang tumbuh liar didepan rumah kita, kenapa namanya putri malu ya?

Putri malu atau disebut juga Mimosa Pudica Linn, Kalau dilihat sekilas tumbuhan ini jauh dari sifat feminim sebagaimana seorang putri yang malu malu,  bahkan cenderung menyakiti orang dengan durinya itu. Namun kalau kita colek dikit saja ternyata ia langsung tertunduk seakan akan malu, hmm... itulah makan-nya dinamakan putri malu.


Lalu apakah ada manfaat dari tumbuhan putri malu ini sehingga Tuhan menciptakan-nya? Ya pasti ada-lah buat apa kalau diciptakan tapi nggak ada gunanya, kita saja yang tidak mau meneliti kandungan dari tumbuhan putri malu ini, dengan mengetahui isi dari kandungan Putri malu ini maka kita baru bisa menyimpulkan akan manfaat tumbuhan putri malu ini untuk kesehatan manusia.

Kandungan Dan Manfaat Putri Malu

Ada beberapa kandungan dari tumbuhan Putri malu ini antara lain Tanin, Mimosin dan Asam pipekolinat yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita sehingga dapat mengobati beberapa penyakit dibawah ini...

1. Batuk Berdahak
Tanaman Putri malu sangat bermanfaat untuk yang sedang batuk apalagi yang banyak dahaknya. Caranya rebus akar putri malu sebanyak 10-15 gram lalu airnya diminum.

2. Rematik 
Caranya adalah, 15 gram akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan ditempat yang sakit.

3. Hepatitis
 Caranya dengan merebus putri malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin.

4. Susah tidur (Insomia)
Caranya rebus sebanyak 30-60 gram daum putri malu diminum airnya. Untuk rasa yang lebih enak bisa dengan cara, campur 15 gram daun putri malu denga 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun callincing lalu direbus dan airnya kemudian diminum.

5. Bronchitis Kronik Dan Radang Saluran Nafas
Bagi yang punya penyakit, bisa merebus 60 gram akar putri malu dengan sebanyak 600 cc air, direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.

Khasiat lain-nya
Selain khasiat tersebut, putri malu juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit lainnya. Akar dan bijinya berkhasiat untuk merangsang muntah. Bahkan para ahli pengobatan Cina dan juga penelitian AS serta Indonesia mengindikasikan bawah tanaman putri malu bisa mengobati berbagai macam penyakit antara lain radang mata akut, kencing batu, panas tinggi pada anak-anak, dan herpes.

Hal ini dikarenakan putri malu mengandung sifat kimiawi dan efek farmakologismanis, astrigen, aga dingin. Penenang (tranquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), anti batuk (antitussive), penurun panas (antipiretic), anti radang (antiinflammatory), peluruh air seni (diuretic).

Efek Samping Jika Berlebihan;
Selain bermanfaat menyembuhkan penyakit diatas, sebaliknya ada efek samping jika anda berlebihan dalam mrngkonsumsinya adalah bagi ibu hamil, tidak boleh mengonsumsi tanaman ini karena bisa mengakibatkan kematian pada janin. Juga harus diperhatikan bahwa pengguna akar putri malu dalam disis yang tinggi bisa menyebabkan keracunan dan muntah-muntah.

<< Baca Juga: 8 Kahasiat Petai Cina Untuk Kesehatan Tubuh Kita >>
Begitulah kandungan dan manfaat tanaman Putri malu untuk kesehatan tubuh kita, jada jangan sia siakan ya keberadaan Putri Malu yang ada disekitar kita, manfaatkanlah...
Advertisement
BELUM TAHU KHASIAT TUMBUHAN PUTRI MALU? BACA DISINI...!!!