NIH...!!! 8 KHASIAT BUAH DAN DAUN PETAI CINA UNTUK KESEHATAN

Manfaat Petai Cina - Apa Saja Kahasiat Petai Cina Untuk Kesehatan Tubuh Kita? - Petai cina ada yang bilang namanya Lamtoro, mlanding (bhs. Jawa) selong (bhs. sunda) kemudian kalau bahasa latin-nya adalah leucaena leucocephala, tumbuhan ini bayak kita jumpai di perkampungan ditanam di depan rumah atau batas antra sawah dan pedesaan. Biasanya petai cina ini kalau ditempat saya biasanya oleh para ibu ibu dimasak dengan di botok dengan campuran ikan teri hmm... nyam nyam enak tuh..

Namun tahukah anda akan kahsiat dan manfaat dari betai cina ini? ternyata ada berbagai penyakit yang dapat disembuhkan dengan ramuan petai cina, petai cina ini memiliki sifat netral serta rasanya agak pahit, dan sedikit manis. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam petai cina banyak sekali kandungan zat baik itu mineral maupun kalsium dengan kadar cukup tinggi yang sangat diperlukan oleh tubuh.


Sehingga petai cina banyak digunakan untuk obat tradisional berbagai penyakit. Pada umumnya bagian yang digunakan dari tanaman petai cina ini adalah daun serta buahnya.
Kandungan zat dalam tanaman petai cina antara lain protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, energi.

Khasiat / Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

1. Deabetes Militus
Petai cina juga bisa menjadi obat tradisional yang baik untuk penyakit yang tergolong beresiko tinggi salah satunya yaitu diabetes. Secara garis besar penyakit diabetes ini terjadi karena kadar gula dalam darah cukup tinggi. Penyakit diabetes ini sangat sulit dalam proses penyembuhannya.

Petai cina bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mengurangi penykit diabetes. Petai cina ini mampu menormalkan fungsi pankreas yang menghasilkan hormon insulin. Hormon insulin sendiri adalah suatu hormon yang mempunyai fungsi menormalkan kadar gula dalam darah.

Caranya: Satu sendok teh bubuk buah polong petai cina diseduh dengan setengah cangkir air panas, hangat-hangat diminum. Lakukan 2-3 kali sehari, setengah jam sebelum makan.

2. Dapat Mengurangi Nyeri Pada Luka & Bengkak
Entah mengapa orang tua saya dulu ketika masih kecil dan nakal nakalnya, saya kena lemparan batu dari teman main dan bengkak, satu lagi saya sering kena pisau kerena sering main  main dengan pisau, maka seketika itu juga ibu saya mengambil pucuk daun petai cina lalu dikunyah / tunbuk halus dan ditempelkan pada luka / bengkak dan terbukti sakit yang ditimbulkan-nya terasa dingin dan sakitpun reda.

3. Mengurangi Risisko penyakit Kanker
Biji petai cina  bisa diekstrak untuk dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Cara mengonsumsinya anda bisa dengan menyeduh atau memakan langsung. Petai cina enak jika dijadikan lalapan atau dimasak sebagai sayur. Jadi sangat mudah jika ingin mengambil manfaat dari petai cina.

4. Meningkatkan Gairah Sex
Siapa sangka kalau petai cina ini dapat meningkatkan gairah sex anda (pria) yang menurun? iya betul tapi harus dicampur dengan bahan lain, Caranya; Satu sendok bubuk buah polong petai cina, 1 sendok bubuk merica hitam, 2 butir telur ayam kampung mentah, dan 1 sendok madu. Semua bahan tersebut dioplos sampai merata. Kemudian langsung diminum sekaligus.

5. Bisa Untuk Obat Cacing
Cacingan yang terjadi pada orang dewasa atau anak-anak bisa diatas dengan menggunakan petai cina. Anda cukup makan petai cina maka akan dapat membunuh cacing. Hal ini dikarenakan petai cina mengandung senyawa yang dapat membunuh cacing. Bahkan pengobatan cina yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, menggunakan petai cina ini untuk mengeluarkan cacing gelang dan cacing cincin.

6. Untuk Perawatan Kulit
Daun petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Bagi wanita tentu saja ini sangat cocok, karena untuk mendapatkan daun petai cina ini cukup mudah. Daun petai cina ini mengandung enzim alami yang dapat memicu pembentukan kolagen di dalam sel-sel kulit sehingga anda akan terhindar dari kulit kusam, kering, dan keriput. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan ekstrak daun petai cina untuk toner kulit yang fungsinya untuk mengurangi kulit berminyak, serta melembabkan dan menutrisi kulit.

7. Pereda Nyeri Sendi & Otot
Kalau yang ini kita ambil kulit pohon petai cina, kulit pohon dari petai cina ini juga membantu menghilangkan rasa nyeri atau analgesik. di berbagai negara banyak yang mengambil kulit pohon petai cina ini untuk dihancurkan kemudian diminum agar bisa menghilangkan nyeri otot atau kram ketika menstruasi. Sayangnya untuk di Indonesia hal ini belum banyak yang mengetahuinya.

8. Menguragi Sakit / Gatal Penyakit Psoriasis
Penyakit ini diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. 

Tetapi pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan kulit. Untuk meringankan penyakit psoriasis ini anda bisa mengambil biji petai cina atau lamtoro kemudian di haluskan dan dibubuhkan ke area yang terkena penyakit kulit psoriasis. Bisa juga dengan memakannya secara langsung.

<< Baca Juga: Kandungan & Manfaat Buah Alpukat Untuk kesehatan >>

Hmm... kalau dilihat sekilas tumbuhan petai cina ini tidak ada yang menarik bahkan kita biarkan tumbuh liar dan buahnyapun sampai kering lalu jatuh semua, namun kalau kita telusuri lebih jauh ternyata banyak sekali manfaat dari petai cina ini.
Advertisement
NIH...!!! 8 KHASIAT BUAH DAN DAUN PETAI CINA UNTUK KESEHATAN