2016 MANFAAT BUAH RAMBUTAN UNTUK KECANTIKAN DAN KESEHATAN

Manfaat Buah Rambutan - Siapa yang tidak tahu bahkan belum pernah merasakan buah rambutan? hmm.. saya anggap anda semua sudah mengetahui bahkan puas memakan-nya. Buah dengan tampilan yang unik karena sekujur tubuhnya ditumbuhi bulu menyerupai rambut, sehingga dinamakan buah Rabutan. Buah dengan biji besar dibandinkan dagingnya ini terasa manis segar sedikit asam jika dimakan, sehingga tidak cukup hanya dengan makan 1 buah saja karena memang bagian yang dimakan cuma sedikit.

Buah rambutan dengan nama latin Nephelium Lappaceum L bayak tumbuh di dataran tinggi, kawasan sekitar pegunungan yang berudara sejuk sehingga banyak kita jumpai di daerah jawa barat bandung dan sekitarnya, jawa timur sekita kota malang dan sekitarnya. Buah rambutan termasuk buah musiman karena hanya sekali panen dalam setahun, sehingga jika belum musimnya harganya sangat mahal, namun jika sudah musimnya dan ketika panen harga buah rambutan diobral murah karena memang berlimpah.


Buah rambutan mempunyai kadar nutisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C, sedangkan kulit buahnya mengandung tannin, saponin, bijinya juga mengandung nutrisi yang berbeda seperti lemak dan polifenol. kulit batangnya yang banyak mengandung tanin, saponin, flavonoida, pectic substance, serta zat besi.

Tahukah anda dibalik segar dan manisnya buah rambutan ini beragam manfaat dapat kita ambil untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Di bawah ini telah saya rangkum dari berbagai sumber akan manfaat buah rambutan antara lain;
  • Dapat menurunkan demam. - Jika Anak Anda tengah sakit panas, obat alternatif yang dapat Anda gunakan adalah kulit rambutan yang kering. Caranya adalah cuci kulit rambutan (15 gram) lalku rebus dengan diberi tambahan 3 gelas air, lalu minum sehari tiga kali.
  • Dapat mengobati kencing manis. - Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mengobati penyakit kencing manis, cukup dengan menyediakan lima biji rambutan lalu goring tanpa minyak , setelah itu haluskan hingga menjadi serbuk. kemudian sduh pada secangkir air panas aduk hingga rata, lalu minum.
  • Dapat mengobati disentri. - Jika Anda tengah mengalami penyakit disentri, penyembuhan alternatif yang dapat Anda gunakan adalah menyiapkan 10 kulit rambutan, lalu cuci bersih dan potong-potong rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa separuhnya. Saring dan minum sehari dua kali.
  • Dapat mengobati sariawan. - Kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu mengobati sariawan yang bertengger di ringga mulut Anda. cara mengobatinya sangat mudah, caranya ambil beberapa kayu rambutan lalu cuci hingga bersih lalu rebus dan tambahkan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Lalu kumurkan ramuan tersebut sebelum tidur.
  • Dapat di manfaatkan sebagai program Diet - Buah diet alami dengan kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi ada di buah rambutan. Buah merah berambut ini menjadi buah yang direkomendasikan untuk buah saat menjalankan program diet. Bukan hanya mengkonsumsi buah rambutan namun sebagai buah yang ahrus dikonsumsi saat diet. walaupun dikatakan sebagai buah pemberi sumber energi namun kalori yang ada dalam buah rambutan tidaklah setinggi kalori dalam buah alpukat.
  • Rambutan juga Sebagai Pencegah Kanker - Setiap orang tentu harus berusaha tinggal Tuhan yang akan menentukan hasilnya. Sama seperti manfaat buah rambutan sebagai pencegah kanker. Mengkonsumsi buah rambutan maka Anda berusaha untuk mencegah agar penyakit kanker tidak datang menyerang tubuh. Sebab di dalam buah rambutan terkandung manfaat sebagai antikanker.
  • Menetralkan Toksin pada Ginjal - Ginjal adalah organ yang memiliki fungsi sebagai detoksifikasi. Di dalam ginjal banyak terdapat racun-racun karena memang ginjal tempat untuk memilah toksin yang masuk di tubuh. Tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada toksin yang masih tertinggal di dalam organ ginjal. Mineral fosfor yang terdapat dalam buah rambutan itulah yang akan berfungsi menetralkan toksin atau menyempurnakan pekerjaan ginjal. Sehingga tidak akan khawatir ada toksin yang masih berada di dalam organ detoksifikasi tersebut.
  • Macro-Nutrients yang Baik. - Buah rambutan juga dikenal sebagai buah asli Indonesia yang sangat rendah lemak. Lemak dalam satu porsi buah rambutan hanya 0,1 gram. Sangat rendah sekali lemaknya jika dibandingkan dengan kandungan protein yang dimiliki buah rambutan. Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil didasari oleh rekomendasi Institue of Medicine yang menyatakan bahwa dalam satu porsi rambutan bisa memberikan 0.7- 0.9 gram protein.
  • Kaya dengan vitamin C - Kalau anda berfikir bahwa buah rambutan tidak memiliki kandungan vitamin maka anda salah besar. Buah rambutan kaya akan vitamin C dan bahkan akan memenuhi 40% kebutuhan vitamin C yang anda butuhkan setiap hari. Selain Vitamin C, buah rambutan juga memiliki kandungan niacin atau yang lebih dikenal dengan Vitamin B3.
  • Mengatur oksigen dalam tubuh - Jenis mineral yang dikandung oleh buah rambutan diantaranya zat besi, kalsium dan fosfor. Zat besi berguna mengatur oksigen dalam tubuh agar bisa dimanfaatkan secara tepat dan menghindarkan anda dari anemia saat hamil. Sementara fosfor berguna untuk menyaring limbah di ginjal untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan sel dalam tubuh anda. Fosfor juga bekerja sama dengan kalsium untuk membangun kesehatan tulang dan gigi baik untuk ibu atau calon bayi yang akan lahir nantinya.
  • Membantu Menghilangkan Radikal Bebas penyebab Kanker - Kanker bisa tumbuh karena adanya radikal bebeas yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Senyawa yang dimiliki oleh rambutan dipercayai memiliki khasiat untuk menghilangkan radikal bebas tersebut. Senyawa yang dimiliki oleh rambutan tersebut adalah asam galia.
  • Mencegah Diabetes - pada saat hamil, ibu hamil bisa memiliki diabetes. Perubahan hormon saat ibu hamil bisa memicu salah satu jenis penyakit diabetes / penyakit gula darah. Jenis diabetes yang sering terjadi pada ibu hamil adalah diabetes gestasional. Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil pada kasus ini adalah mencegah seorang ibu mengalami diabetes gestasional.
  • Rambutan dapat Mencegah Hipertensi. - Selain diabetes gestasional, perubahan hormon saat hamil juga bisa memicu tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan penyakit hipertensi. Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk mengambil beberapa buah rambutan untuk menghindari efek buruk dari kondisi tekanan darah tinggi / hipertensi.
  • Dengan Rambuatan Dapat Mengindari Tumbuhnya Parasit di Usus - Rekomendasi ini saya dapatkan dari Culinary School, yaitu sebuah situs online yang telah menyatakan bahwa buah rambutan berfungsi untuk membantu parasit pada usus. Sejumlah parasit dalam usus ini terkadang menyebabkan disentri atau beberapa gejala diare.
  • Mencukupi Kebutuhan Kalori & Serat Ibu Hamil - Buah rambutan bisa membantu anda untuk memenuhi asupan kalori yang seimbang. Saat sedang hamil, seorang ibu dituntut untuk memperhatikan segala kandungan yang dimiliki oleh makanan yang dikonsumsi. Kalori yang berlebihan ataupun yang kurang lebih baik dihindari. Ibu hamil bisa menggunakan buah rambutan untuk memenuhi kebutuhan 2.000 kalori per hari dengan makan 100 gram buah rambutan. Dalam 100 gram rambutan tersebut telah mengandung 84 kalori atau setidaknya 4.2 % dari jumlah total kalori yang anda butuhkan setiap hari. Rambutan merupakan buah yang mengandung serat yang tinggi disamping kalori yang rendah. Kandungan serat ini dapat membantu anda mengontrol kadar air dan mencegah rasa lapar yang seringnya tidak terkontrol. Ini juga memberikan kabar baik untuk berat badan anda, anda juga bisa mengontrol berat badan saat hamil.
  • Buah Rambutan dapat Mencegah kulit kusam - Cara menjaga kulit agar tidak terlihat kusam dan kasar adalah dengan menghaluskan biji rambutan,lalu dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam makanan yang telah disajikan atau bisa saja Anda memasukkannya. Bukan hanya berfungsi sebagai mempercantik kulit, melainkan juga berfungsi sebagai nutrisi rambut.
  • Mencegah uban saat belum waktunya - Ketika rambut Anda tengah beruban dan Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Cukup dengan daun rambutan Anda telah menemukan solusinya. Caranya ambil beberapa helai daun rambutan lalu tumbuk sampai halus. Beri tambahan air secukupnya, lalu haluskan setelah itu peras dan saring dengan menggunakan kain kecil. Lakukan perawatan ini setiap hari maka rambut Anda akan terlihat cantik mempesona tanpa uban di kepala.
<< BACA JUGA2016 KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH PISANG UNTUK KESEHATAN >>
Itulah berbagai manfaan daun, buah dan pohon rambutan yang dapat anda manfaatkan untuk kesehatan tubuh dan kecantik kulit anda. Ternyata dibalik nikmatnya buah rambutan terpendam manfaat yang bisa kita ambil, jangan biarkan sahabat anda kuper dan tiak mengetahui akan manfaat buah rambutan ini, silahkan anda share ke media sosial dibawah ini...

 Reverensi: http://www.manfaatdaun.com/
                    http://sehatplan.com/
                    http://manfaat.co.id/
Advertisement
2016 MANFAAT BUAH RAMBUTAN UNTUK KECANTIKAN DAN KESEHATAN