MENAMBAH BERAT BADAN YANG BENAR SECARA SEHAT

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Secara Sehat & Benar - Peradapan jaman yang semakin maju dan berkembang terus ini membuat kita semakin mudah mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, sehingga kebutuhan makanan dan minuman tercukupi. Namun tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhan-nya berupa makanan yang bergizi, minuman yang sehat, sehingga berat badan-nya semakin hari makin kurus ditambah lagi yang selalu begadang membuat badan makin kering. Orang orang seperti inilah yang perlu menaikan badan-nya minimal ke level normal, yaitu tidak kurus dan tidak terlalu gemuk.

Ada istilah diet sehat, namun sebaliknya ada pula cara menggemykan badan secara sehat dan benar. di kutip dari The New Superfood cara sehat menambah bobot dari Cynthia Sass, MPH, MA, RD, CSSD.,Cynthia Sass adalah ahli gizi kenamaan di Amerika yang juga penulis buku-buku kesehatan best seller, salah satunya adalah Slim Down Now: Shed Pounds and Inches With Pulses  berikut ini petikan-nya.

Cara Sehat Menambah Berat Badan

1. Makan Sehat, tapi Padat 

Cara terbaik untuk mendapat nutrisi ekstra tanpa harus makan dalam jumlah besar adalah memilih makanan yang benar-benar sarat nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein atau lemak.

Buah kering adalah contoh yang bagus. Kadar airnya telah berkurang sekitar 75 persen, sehingga secangkir anggur berubah menjadi seperempat cangkir kismis. Pastikan untuk mencari buah-buahan kering tanpa gula tambahan atau pengawet.

2. Makan Beberapa Jenis Makanan Sekali Makan

Konsumsi setidaknya tiga kelompok makanan pada satu sesi makan. Bukan hanya pisang atau segenggam kacang, tambahkan juga beberapa iris roti gandum dengan selai almond dan pisang, bersama dengan segelas susu organik tanpa lemak atau pengganti susu (kedelai, rami, dan lain sebagainya).

Variasi makanan yang lebih beragam, akan memberikan tubuh Anda lebih banyak nutrisi untuk bekerja sepanjang hari.

3. Makanan Yang Mengandung Banyak Air

Makanan cair tidak semengenyangkan makanan padat, sehingga ketika Anda mencoba untuk menambah berat badan, makanan cair dapat menambahkan nutrisi tanpa membuat Anda merasa kembung. Pilihan yang baik termasuk jus buah murni, susu skim organik atau alternatif susu (seperti kedelai organik, atau rami), dan smoothie.

Smoothie adalah pilihan ideal (lebih dari milkshake) karena Anda dapat menambahkan segala macam hal yang baik, seperti gandum, kacang mentega, jus wortel, dan bubuk protein.


4. Jangan Menahan Lapar Lebih dari Empat Jam

Tubuh Anda membutuhkan kelangsungan penyediaan energi seperti mesin yang selalu dihidupkan (jantung Anda selalu berdenyut, darah terus beredar, otak dan otot-otot bekerja). Bila perut kosong terlalu lama, tubuh Anda akan kehilangan bahan bakar yang dibutuhkan untuk terus berjalan. Hasilnya adalah Anda kehilangan tabungan energi, termasuk massa otot Anda.

Cara terbaik untuk mencegah tubuh kehilangan jaringan penting, adalah makan dengan jarak sekitar tiga sampai lima jam antar sesi. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan jaringan otot baru, penentuan waktu makan sangatlah penting.


5. Makan Tepat Sebelum Tidur

Saat kita tidur, sel-sel termasuk sel otot beregenerasi. Jadi, mengonsumsi snack sehat sebelum tidur dapat menjamin pasokan nutrisi tetap tersedia untuk membantu proses regenerasi tersebut.

Pilihan yang baik yang tidak akan membuat Anda merasa terlalu kenyang adalah mangkuk kecil pasta salad yang dibuat dari 100 persen gandum, vinaigrette yang dibuat dari minyak zaitun extra-virgin, salad sayuran, dan protein seperti kacang, dada ayam cincang atau keju organik.

Baca Juga: Tips Mengkonsumsi Buah Yang Benar Agar Nutrisi Dapat Diserap Tubuh Dangan Sempurna
Begitulah cara Memabah Berat Badan dengan cara yang benar dan sehat, tetplah bersama kami untuk mendapatkan informasi kesahatan yang bermanfaat.

Reverensi: http://health.kompas.com
Advertisement
MENAMBAH BERAT BADAN YANG BENAR SECARA SEHAT