MENGAPA KETIKA TIDUR LAMPU MENYALA TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN

Info Kesehatan - Akibat Lampu Meyala Ketika Tidur - Tidur merupakan kebutuhan wajib bagi tubuh kita terutama otak, karena otak dan tubuh juga butuh istirahat untuk memperbaiki sel sel yang tidak normal. Sehingga masuk akal ketika kita sedang tidak enak badan tiba tiba sembuh setelah bangun tidur, karena tubuh kita seperti punya kecerdasan tersendiri untuk memperbaiki diri. Kurang tidur biasanya kepala terasa sakit nyut nyut-an pada bagian belakang, tubuh terasa tidak segar cenderung lemas dan mudah capek.


Bicara soal tidur Mungkin anda pernah mendengar ungkapan bahwa ketika tidur lampu listrik menyala tidak baik untuk kesehatan, kenapa bisa demikian? tiap orang berbeda beda selera ketika tidur, untuk saya sendiri lebih nyaman lampu dimatikan dan cukup mendapatkan cahaya dari ruangan lain sehingga mata tidak silau dan akhirnya cepat tidur, namun akibatnya banyak nyamuk berseliweran  disekitar saya.

Banyak juga sebagian orang lebih nyaman lampu listrik dinyalakan ketika tidur dengan alasan jika ada apa apa akan terlihat langsung, ada juga yang dari bawaan sejak kecil takut kegelapan. Ada sebuah laporan dari Ohio State University Medical Center Tidur malam dengan kondisi ruangan yang gelap total dapat memberikan efek kesehatan yang bagus pada tubuh. Sedangkan tidur malam dengan lampu menyala dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius.

Beberapa orang yang memilih untuk tetap menyalakan lampu ketika tidur malam mungkin tidak mengetahuinya, tetapi tidur malam dengan keadaan lampu yang menyala dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius seperti kanker, kardiovaskular dan gangguan sistem metabolisme. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang mengancam jika anda tidur malam dengan keadaan lampu yang menyala:

  • Hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan berbahaya seperti kanker prostat dan kanker payudara tidak akan berproduksi jika anda tidur dengan keadaan lampu yang menyala. Adanya sinar atau cahaya akan membuat produksi hormon melatonin ini terhenti. Maka dari itu, sebaiknya matikan lampu anda ketika tidur malam hari.
  • Paparan cahaya lampu saat tidur malam hari juga tidak bagus bagi wanita karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita.
  • Tidur dengan lampu menyala juga dapat mengakibatkan jam biologis tubuh terganggu, akibatnya anda dapat terkena gangguan tidur, penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme. Serta kemungkinan terkena diabetes yang mengancam hidup anda.

<< Baca Juga: Apa Penyebab Gatal Gatal Pada kulit kepala - Bagaimana Cara mengatasi gatal Pada kulit kepala? >>
Demikianlah alasan mengapa tidur dengan keadaan lampu listrik menyala tidak baik untuk kesehatan, namun pada akhirnya kami kembalikan kepada anda kaena itu selera tidur anda.
Advertisement
MENGAPA KETIKA TIDUR LAMPU MENYALA TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN