NIH...!!! 7 MANFAAT KOLANG KALING YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Apa Saja Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan? - Jika anda orang indonesia pasti sudah mengetahui buah kolang kaling, buah ini banyak kita temukan menjelang bulan ramadhan dikala umat muslim menjalankan ibadah puasa. Buahnya sebenarnya kerasnya minta ampun, namun dengan tangan tangan terampil para orang tua kita jaman dahulu hingga diwariskan sampai sekarang buah koalang kaling bisa dibikin kenyal, empuk dan lembut sehingga cocok untuk campuran Es buah dan kolak.

Kolang kaling disebut juga buah Aren pohon-nya mirip dengan kelapa namun daunya berbeda yaitu sedikit lebih lebar, bunga kolang kaling sebelum menjadi buah dapat kita ambil cairan-nya yang keluar dari pangkal bunga (manggar) yang sebelumnya kita potong. Dari penyulingan cairan yang keluar pangkal bunga inilah dapat kita bikin gula aren layaknya gula kelapa.


Sama dengan kelapa, sekujur pohon buah kolang kaling atau aren ini dapat kita manfaatkan, dari pohon-nya bisa kita bikin bahan bangunan sebagai tiang, reng dan usuk. Kemudian serabut yang mengitari pohon dapat kita manfaatkan sebagai sapu dinamakan "sapu uduk". Lalu apa saja manfaat buah kolang kaling ini? dibawah ini telah kami rangkum dari berbagai sumber...

Kandungan Nutrisi Kolang Kaling

Kolang kaling mengandung Gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa Kolagen, Kolang-Kaling juga mengandung Albumin yang adalah Protein Plasma tubuh kita yang mencapai 60%. Kolang-Kaling juga mengandung serat untuk membantu pencernaan bekerja sama dengan protein, Gelatin dan Mineral, Kalium, Kalsium, Fosfor dan Besi yang dikandungnya.


Manfaat Koalng Kaling Untuk Kesehatan

1. Mengobati Syaraf kejepit (Hernia Nucleus Pulposus)
Syaraf kejepit suatu penyakit, dimana bantalan lunak diantara ruas-ruas tulang belakang (soft gel disc atau Nucleus Pulposus) mengalami tekanan dan pecah, sehingga terjadi penyempitan dan terjepitnya urat-urat syaraf yang melalui tulang belakang. Ini saya pernah lihat teman saya yang sakitnya minta ampun katanya, Dengan mengkonsumsi kolang kaling secara teratur syaraf kejepit ini bisa sembuh.

2. Mengurangi Nyeri Tulang belakang dan sendi
Rata-rata orang tua sering mengkonsumsi buah ini dan mereka jarang mempunyai masalah tulang/persendian, masalah pada orang tua adalah proses penuaan jaringan ikat yang dibangun oleh Kolagen yang terdapat pada Kulit, Otot, Tulang, Rambut & Kuku. Dengan makan kolang kaling secara tratur minimal 1 hari 8 biji dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi

3. Kolang Kaling dapat Melancarkan Pencernaan
kolang-kaling baik untuk memperlancar pencernaan. Hal ini disebabkan karena kayanya akan serat sehingga buah ini sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Pencernaan tentunya berfungsi untuk mengolah makanan dan juga membuang bahan-bahan makanan yang tidak bergizi atau sampah makanan dari tubuh.

4. Kolang Kaling Menambah Energi Tubuh
Buah ini yaitu kolang kaling ternyata mengandung karbohidrat yang baik untuk mereka yang sedang berdiet atau menghindari makanan tinggi kadar lemak. Karbohidrat dalam kolang-kaling cepat diserap dalam tubuh sehingga membuat tubuh cepat kenyang dan mampu memberikan energi.

5. Pertumbuhan Tulang dan Mencegah Osteoporosis
Tingginya kadar kalsium pada kolang kaling juga berpengaruh untuk tubuh. Kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Penyakit tulang yang rentan diderita oleh wanita dibanding pria. Kolang kaling ternyata cukup baik dan bisa untuk minuman segar seperti es buah, cocok dikonsumsi jika Anda kurang suka minum susu. Dari 100 gram kolang-kaling ada kandungan kalsium sekitar 91 miligram. Menarik bukan?

6. Kolang Kaling Dapat Mengobati Gatal-Gatal
Sebelum dijadikan kolang-kaling, buah aren mengandung getah yang jika terkena kulit terasa gatal. Tapi jika dibuat menjadi asupan, malah bisa mengobati gatal-gatal. Penemuan ini memang harus diteliti terlebih dahulu, namun beberapa orang telah merasakan efeknya ketika mengkonsumsi kolang kaling gatal gatal pada tubuh mulai berkurang. Meski harus diteliti dulu lebih lanjut.

7. Kolang Kaling Adalah Sumber Vitamin
Kolang-kaling juga mengandung vitamin seperti vitamin A, B dan C. Vitamin A terbukti ampuh untuk memperkuat penglihatan atau mata. Kemudian vitamin B baik untuk kulit dan sel-sel lainnya di tubuh. Terakhir vitamin C adalah vitamin yang berkhasiat untuk tubuh, mencegah sariawan, influenza dan sebagainya.
<< Baca Juga: Manfaat buah rambutan untuk kesehatan dan kecantikan >>
Itulah kandungan dan manfaat kolang kaling untuk kesehatan, mengingat begitu besar manfaat buah aren atau kolang kaling ini rekomendasi untuk anda konsumsi setiap hari.

Reverensi: http://manfaat.co.id/
                http://9trendingtopic.blogspot.com/     
Advertisement
NIH...!!! 7 MANFAAT KOLANG KALING YANG WAJIB ANDA KETAHUI