10 GERAKAN YOGA YANG AMPUH MEMBUAT PERUT ANDA LANGSING

Yoga sebenarnya merupakan perpaduan gerakan dan keseimbangan baik fisik maupun pikiran kita, banyak metode yoga yang diajarkan oleh para guru olah raga dan praktisi supranatural yang masing masing memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh dan jiwa kita. Yoga yang sering kita lihat ditempat umum adalah yoga keseimbangan tubuh dan kelenturan badan, hal ini manfaatnya lebih bersifat fisik.

Manfaat yoga antara lain dapat melancarkan Peredaran Darah, membakar lemak dan mengencangkan otot sehingga akan terlihat langsing, meningkatkan ketahan fisik dari anacaman penyakit, tidur lebih nyeyak dan berkualitas. Kemudian dari segi kejiwaan kita akan lebih tenang dan stabil, indra kita akan lebih tajam dan responsif, dapat mengendalikan nafsu yang negatif, terhindar dari stres.


Dengan manfaat Yoga yang begitu besar bagi tubuh dan jiwa kita, sekarang banyak dibuka latihan diberbagai tempat, akan lebih baik anda meluangkan waktu dalam 1 minggu cukup 2 hari saja 2 - 3 jam anda ikut latihan. Namun jika anda tidak ada waktu sama sekali, tenang saja masih bisa kok latihan dirumah, akan saya bagikan 10 gerakan dasar yang dapat melangsingkan tubuh anda.

Seperti yang kita ketahui, kehidupan dikota kota besar orang sudah tidak lagi memperhatikan pola makan yang kurang sehat atau berlebihan sehingga persoalan barat badan yang tidak terkontrol mebuat badan anda terlalu gemuk, lemak dimana mana di perut, di bagian paha, lengan, dan pinggang.

Dengan lemak yang berlebihan ini membuat badan anda tidak nyaman ketika bergerak dan duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama. Untuk membuat tubuh anda kembali normal, sehat, langsing dan nyaman melaukan apa saja, yuk ikuti 10 jenis yoga ini....

10 Gerakan Yoga Yang Dapat Melangsingkan Tubuh Anda




1. Tadasana

Gerakan yoga yang paling cocok untuk pemula
Tadasana adalah gerakan yoga yang paling dasar dan mudah untuk dilakukan, termasuk pemula.

Fungsi dari gerakan ini adalah untuk menguatkan otot bagian perut, memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan kinerja otot tubuh secara alami.

Untuk melakukan latihan Tadasana, Kamu cukup mengikuti 2 langkah mudah ini:
  • Berdiri tegak lalu jinjitkan kaki, angkat ke atas sambil menarik napas
  • Lakukan langkah ini berulang-ulang setiap detik sebanyak 10 kali


2. Pavanamuktasana

Gerakan yoga yang paling santai dan termasuk mudah dilakukan untuk mengecilkan perutmu adalah Pavanamuktasana. Latihan ini bisa kamu lakukan di kasur saat bangun atau sebelum tidur. Gerakan yoga Pavanamuktasana sangat mudah untuk dilakukan loh.

Kamu cukup melakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Berbaring di kasur atau matras yoga dengan posisi telentang sempurna
  • Angkat kepala dan tarik kaki kanan sambil menarik napas, lalu cium lutut sambil menghembuskan napas
  • Ganti dengan kaki kiri
  • Lakukan dengan menarik kedua kaki hingga menyentuh hidung dan tahan selama 30 detik. Atur pernapasan seperti langkah kedua
  • Ulangi beberapa kali semampumu

3. Bhujangasana

(yoga dengan 3 manfaat sekaligus)

Selain bermanfaat untuk melenyapkan lemak yang menumpuk di perut, gerakan yoga yang satu ini juga cocok untuk kelenturan bagian pinggang dan tulakang belakang loh.

Bahkan dengan rutin melakukan Bhujangasana, akan membuat kamu terhindar dari yang namanya sakit punggung, hingga menyembuhkan sakit punggung yang sudah terlanjur datang.

Cara melakukannya:
  • Ambil posisi tidur telungkup dengan kaki lurus dan kedua telapak tangan berada tepat di bawah garis bahu
  • Tarik napas secara perlahan dan angkat badan ke arah belakang dengan kedua tangan. Tahan posisi ini selama 1 menit
  • Kembali ke posisi awal sambil menghembuskan napas secara perlahan. Ulangi 5-10 kali.

4. Dhanurasana

( Posisi “perahu” yang ampuh membakar lemak di perut)

Yoga Dhanurasana memang cenderung sulit untuk dilakukan, tapi kamu tetap wajib mencobanya karena punya banyak manfaat untuk tubuhmu. Tidak hanya ampuh membakar lemak yang menumpuk di perut, gerakan yoga yang satu ini juga sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot punggung.

Walaupun agak sulit, tapi jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan kamu juga akan terbiasa dengan gerakan yoga yang satu ini kok. Yuk coba yoga Dhanurasana dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Berbaring dengan posisi telungkup di atas matras yoga, bengkokan lutut ke atas dan pegang pergelang kaki dengan tangan
  • Angkat badan ke atas sampai tubuh membentuk lengkungan mirip seperti perahu dan hanya perut yang jadi tumpuan badan
  • Arahkan kepala dan pandangan ke arah atas, tahan posisi ini 30 detik hingga 1 menit

5. Padahastasana

( Yoga yang bikin langsing sekaligus pintar)

Kalau soal bikin perut langsing sih udah pasti lah yah. Tapi gerakan yoga yang satu ini punya manfaat lain loh, bisa bikin kamu pintar. Kok bisa? Karena gerakan dari Padahastasana ini juga bisa memperlancar pasokan oksigen ke otak, jadi sel-sel otak pun bisa bekerja lebih aktif.

Cara melakukan latihan yoga ini juga sangat mudah kok, cukup ikuti langkah di bawah ini:
  • Ambil posisi berdiri tegak dan angkat tangan ke atas sambil menarik napas
  • Tarik kedua tangan ke bawah telapak kaki dan hembuskan napas
  • Tahan posisi ini hingga 1 menit, ulangi hingga beberapa kali.

6. Naukasana

( Membantu untuk mendapatkan bentuk perut dambaan semua wanita)

Mau mewujudkan impian kamu untuk punya perut idaman semua wanita? Lakukan latihan yoga Naukasana dengan mempraktekkan caranya di bawah ini:
  • Ambil posisi tidur telentang dengan kedua kaki rapat sempurna serta kedua tangan menempel di matras yoga dan tepat di kedua sisi tubuh
  • Angkat tangan, kaki, bahu dan kepala secara perlahan sambil menarik napas dengan santai (sebisa mungkin hingga badan menyerupai huruf V)
  • Semua bagian tubuh bertumpu pada otot perut. Pertahankan posisi ini selama yang kamu bisa
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi 5-10 kali dalam setiap latihan.

7. Uttanpadasana 

( Bisa bikin kamu punya “kaki model”)

Gerakan yoga lainnya yang bisa membantu kamu untuk mengecilkan perut adalah Uttanpadasana. Eits.. tapi manfaatnya bukan cuma itu aja loh, pose yoga yang satu ini juga bisa mengencangkan otot kaki sekaligus membuat kakimu jadi lebih cantik dan jenjang. Gimana caranya?

Ikuti langkah di bawah ini yuk:
  • Berbaring dengan posisi telentang di atas matras yoga, kaki dan tangan lurus dan rapat
  • Angkat kedua kaki secara perlahan hingga membentuk posisi tubuh tegak lurus atau 90 derajat
  • Turunkan kaki dengan perlahan. Ulangi gerakan ini minimal 5 kali dalam setiap latihan.

8. Vrksasana

Vrksasana merupakan salah satu gerakan yoga yang sedang tren saat ini. Pose yoga yang juga sering disebut dengan Willow ini bermanfaat untuk memperkuat dan membentuk kedua sisi perut.

Cara melakukan latihan ini juga sangat mudah, cukup dengan:
  • Berdiri tegak dengan kedua kaki bersentuhan dan tangan di kedua sisi badan
  • Letakkan telapak kaki kiri ke sisi dalam paha kanan hingga kaki kiri membentuk sudut 45 derajat
  • Tarik kedua tangan ke depan dada hingga telapak kanan dan kiri menempel, tahan hingga 2 kali hembusan napas
  • Pada hembusan napas ketiga, rentangkan tangan ke atas dengan posisi tangan terbuka
  • Kembali ke posisi semula dan lakukan kembali dengan melipat kaki kanan.
  • Pada hembusan napas ketiga, rentangkan tangan ke atas dan posisi tangan terbuka
  • Tarik napas dan luruskan kembali badan
  • Lakukan kembali dengan kaki sebaliknya

9. Chaturanga Dandasana

Punya bentuk perut, punggung dan bahu yang sempurna dengan Chaturanga Dandasana
Selain mengecilkan perut, gerakan yoga yang satu ini juga bisa menguatkan bahu, lengan dan punggung loh.

Mau coba yoga Chaturanga Dandasana? Ikuti langkah berikut yuk:
  • Mulai dengan posisi seperti push-up dengan kaki bertumpu pada ujung jari kaki, tangan di bahu, dan posisi badan sejajar dari ujung kepala hingga ujung kaki
  • Hembuskan napas sambil menurunkan dada ke arah lantai (tapi jangan sampai menyentuh lantai), hingga telapak tangan dekat dengan tubuh dan otot perut terasa menegang
  • Tahan pose ini hingga 1 menit

10. Marjarasana

( Pose yoga untuk semua kalangan )

Latihan yoga terakhir yang cocok untuk mengecilkan perut adalah Marjarasana. Tidak hanya mengecilkan perut, gerakan ini juga bisa membantu kamu mengontrol emosi loh. Marjarasana juga sering disebut yoga untuk semua kalangan karena cocok untuk siapa saja, mulai dari pemula hingga wanita hamil sekalipun.

Cara melakukannya pun tidak terlalu sulit, kamu cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Posisikan tubuh seperti merangkak dengan pergelangan tangan sejajar dengan bahu dan posisi lutut di bawah pinggul
  • Posisikan tangan selebar dengan baju dan lutut selebar dengan pinggul
  • Tarik napas panjang sambil mengencangkan perut dan tarik bagian pantat ke atas
  • Hembuskan napas sambil menarik dagu ke atas dada
  • Lengkungkan punggung dan pantat ke arah bawah. Ulangi gerakan ini beberapa kali
Ok sahabat semua, itulah 10 jenis gerakan yoga yang bisa anda manfaatkan untuk melangsingkan tubuh anda sehingga nyaman ketika melakukan kegiatan sehari hari sebagaimana manfaat yang sudah saya jelaskan diatas, bukan sekedar menulis lho saya... jelek jelek begini juga pernah ikut latihan Yoga.... Semoga bermanfaat, jangan lupa di share lagi yaa...

Sumber reverensi: https://www.facebook.com/
Advertisement
10 GERAKAN YOGA YANG AMPUH MEMBUAT PERUT ANDA LANGSING