6 Manfaat Permen Karet Buat Kesehatan yang Jarang di Ketahui

Manfaat Permen Karet Bagi Kesehatan - Siapa yang tidak mengenal permen karet? Rasanya yang unik dan manis, membuat banyak orang yang gemar mengunyahnya. Bukan hanya anak kecil saja, tidak sedikit orang dewasa juga hobbi mengunyah permen jenis ini.

Mungkin kebanyakan orang menganggap mengunyah permen karet cukup mengasyikkan karena dapat membunuh waktu luang, dan bisa membuat mulut terasa manis. Namun, sebenarnya di balik semua itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi permen molor ini. Nah berikut ulasannya:


Manfaat Permen Karet Untuk Kesehatan

1. Membersihkan gigi
Apakah Anda sering melarang anak-anak untuk tidak mengkonsumsi permen secara berlebih karena dapat menganggu kesehatan gigi? Sayangnya hal itu tidak berlaku untuk permen karet, hal ini dikarenakan permen karet yang bersifat lengket tersebut mampu membersihkan gigi dengan cara mengangkat sisah-sisah makanan yang menumpuk.

Bahkan ‘American Dental Association’ merekomendasikan untuk mengunyah permen karet tanpa rasa selama 20 menit setelah makan, karena terbukti bisa mengangkat karang gigi dan melindungi gusi.

2. Mempercantik wajah
Melakukan perawatan wajah tidak harus dengan biaya yang mahal, salah satu hal yang bisa Anda lakukan ialah dengan rajin dan rutin mengunyah permen karet setiap hari. Hal ini dikarenakan gerakan rahang yang mengunyah permen karet dapat memperlancar aliran darah pada area wajah, sehingga membuat kondisi wajah lebih segar dan cerah.

3. Menyehatkan sistem pencernaan
Dengan Anda rajin mengunyah permen karet, maka akan memperbanyak produksi air liur dan zat asam di mulut, sehingga enzim-enzim yang sehat akan masuk kedalam tubuh dan membantu menyehatkan sistem pencernaan kita.

4. Membakar kalori
Aktivitas mengunyah permen karet rupanya mampu menggerakkan otot-otot pada area mulut secara terus-menerus. Otot-otot yang bekerja tersebut tentu membutuhkan kalori sebagai tenaga penggeraknya, oleh karena itu mengunyah permen karet juga bermanfaat untuk membakar kalori berlebih.

5. Meningkatkan kesehatan otak
Tidak banyak orang yang tahu bahwa aktivitas mengunyah permen karet dapat meningkatkan kesehatan otak. Padahal fakta menyebutkan bahwa orang yang sedang mengunyah permen karet cenderung memiliki tingkat kewaspadaan dan daya serap lebih tinggi. Hal ini didasari oleh gerak mulut ketika melakukan aktivitas mengunyah yang mampu memperlancar suplai oksigen ke otak sehingga kerja otak lebih optimal.

6. Membantu berhenti merokok
Hal terakhir adalah manfaat permen karet yang akan dirasakan bagi para perokok aktif yang berusaha untuk berhenti merokok. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengunyah permen karet maka keinginan otak untuk mengkonsumsi zat stimulan adiktif seperti nikotin dan kafein akan berkurang. Dengan demikian maka Anda bisa menggantikan posisi rokok tersebut dengan permen karet yang tentunya lebih menyehatkan.
Baca Juga: Kandungan Dan Manfaat Buah & Daun Kersen ( Ceri ) Buat Kesehatan
Dari ke-6 manfaat tersebut sudah dapat disimpulkan jika mengkonsumsi permen karet dapat menyehatkan tubuh, namun perlu diingat bahwa lebih baik pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula sehingga lebih menyehatkan.
Advertisement
6 Manfaat Permen Karet Buat Kesehatan yang Jarang di Ketahui