8 Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat & Khasiat Buah Blewah Untuk Kesehatan - Blewah merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan airnya. Blewah sendiri memiliki rasa yang nikmat menggugah selera. Terutama di kala panas melanda, buah yang satu ini akan banyak dicari untuk menghilangkan dahaga.

Pada bulan puasa banyak kita jumpai buah blewah, entah mengapa saat puasa saja ramainya peminat buah blewah ini sedangkan hari biasa nyaris tidak pernah kita jumpai. Mungkin karena kandungan airnya ini yang bikin menggugah selera untuk memakanya.

Ciri-ciri buah blewah

Buah blewah memiliki bentuk bulat yang agak lonjong. Buah ini memiliki warna jingga terang, kekuning-kuningan dengan bercak yang berwarna hijau. Daging buahnya relatif lembut dan kaya akan serat. Tidak heran jika kemudian, buah yang satu ini banyak di konsumsi untuk keperluan diet.
Kandungan dalam buah blewah

Blewah bukan hanya dikenal sebagai buah pengusir dahaga melainkan juga memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Tidak heran, mengingat buah yang satu ini kaya akan nutrisi atau kandungan sehat. Nah, berikut ini adalah detail kandungan yang terdapat dalam buah blewah ini.
a. Beta karoten
b. Serat
c. Vitamin A
d. Vitamin C
e. Karbohidrat
f. Kalsium
g. Besi
h. Lemak tak jenuh ganda
i. Sodium
j. Niasin
k. Proteim
l. Tembaga
m. Magnesium
n. Krom
o. Kobalt

Dengan kandungan blewah di atas, tidak heran jika secara rutin mengonsumsi buah ini akan mampu menyehatkan tubuh kita.

Manfaat buah blewah bagi kesehatan

Buah blewah memiliki banyak sekali manfaat penting bagi kesehatan, beberapa diantaranya adalah yang kami sebutkan di bawah ini.

1. Menurunkan tekanan darah dalam tubuh
Bagi anda yang memiliki gangguan penyakit darah tinggi, mengonsumsi buah blewah bisa dijadikan sebagai solusi pengobatan. Blewah sendiri mengandung potasium yang cukup banyak sehingga mampu membantu penurunan tekanan darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah blewah juga mengandung kalium yang cocok untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

2. Membantu menyehatkan mata
Blewah juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan mata. Seiring dengan berjalannya hari, kesehatan mata akan cenderung menurun terutama jika anda tidak menjaga asupan dengan benar dan menerapkan gaya hidup yang salah.

3. Menurunkan berat badan
Manfaat lain dari buah blewah adalah membantu menurunkan berat badan anda. Bagi anda yang merasa mempunyai fisik kurang ideal, alias terlalu melar, bisa menggunakan buah yang satu ini sebagai solusinya. Karena selain tinggi serat, blewah juga rendah kadar gulanya.

4. Mengobati gejala insomnia
Buah blewah dapat di manfaatkan untuk mengatasi keluhan insomnia. Sebab, buah ini mengandung senyawa yang bersifat sedatif. Sifat sedatif dalam buah blewah memiliki efek layaknya penenang seperti obat tidur. Bagi yang kebetulan penderita insomnia, ada baiknya blewah di jadikan sebagai buah favorit dan usahakan selalu tersedia dalam kulkas anda.

5. Mengatasi nafsu makan yang menurun
Buah blewah dapat digunakan sebagai peningkat nafsu makan, sekaligus obat bagi sakit maag. Terutama bagi penderita maag, ada baiknya anda mengonsumsi buah yang satu ini dalam bentuk jus.

6. Menyehatkan saluran pencernaan
Gangguan pencernaan merupakan salah satu gangguan dalam tubuh yang sering kali di keluhkan oleh kebanyakan orang. Dan untuk menyehatkan pencernaan tersebut, anda bisa mengonsumsi buah blewah ini secara rutin. Buah blewah baik untuk pencernaan karena mengandung vitamin A serta serat di dalamnya.

7. Bagus untuk kandungan
Manfaat buah blewah yang selanjutnya adalah bagus untuk dikonsumsi wanita hamil. Blewah sendiri mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan. Bukan hanya bagi ibu, namun asam folat juga baik bagi kesehatan bayi sekaligus mencegah terjadinya lahir cacat.

Selain bagus untuk kehamilan, kandungan asam folat juga baik untuk kesehatan pada umumnya. Asam folat sendiri bisa digunakan dalam membantu produksi sel darah merah serta mencegah terjadinya penyakit jantung.

8. Menyehatkan kulit
Menjaga kesehatan kulit menjadi  hal wajib untuk dilakukan terutama jika anda menginginkan kulit yang cantik dan menawan. Buah blewah mengandung vitamin A serta vitamin C yang baik dalam memelihara kesehatan kulit tubuh.
Baca Juga: Khasiat Dan Manfaat Buah Ciplukan
Keberadaan vitamin C dalam buah blewah juga mampu membantu proses sintesis kolagen yang dapat menghindarkan kita dari gangguan radikal bebas yang menyerang kulit.

Buah blewah memiliki banyak kandungan sehat yang baik bagi tubuh. Dalam hal ini anda bisa mengonsumsi buah blewah secara rutin dengan cara mencampurnya ke dalam es buah ataupun dibuat jus.
Advertisement
8 Manfaat Buah Blewah Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui