Apa itu Insomnia? Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia

Apa itu Insomnia? Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia - Sebelum manjawab pertanyaan ini sebaiknya anda juga harus paham tahapan orang tidur, Tidur pada orang dewasa dimulai dari waktu untuk jatuh merebahkan badan-nya di tempat tidur. Setelah tidur di lalui dengan fase tidur dangkal dan fase tidur yang dalam, fase fase ini di sebut Non Rapid Eye Movement (Non REM) dan fase ini berlangsung singkat saja.

Kemudian diikuti dengan proses tidur nyeyak (REM) dengan waktu lebih lama yaitu kurang lebih 100 menit. Non REM berfungsi memulihkan kelelahan fisik, sedangkan REM untuk memulihkan kelelahan mental.


Keluhan sulit tidur / Insomnia karena ketidakpuasan akan lamanya tidur bisa juga kualitas tidur atau ke dua duanya, seperti tidur yang disertai mimpi buruk, setelah tidur masih terasa lelah dan pusing, atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali.

Penyebab & Cara mengatasi Insomnia

Insomnia disebut juga susah untuk tidur, biasanya disebabkan karena perasaan cemas, mungkin juga karena pemakaian obat penenang, alkoholik, karena kondisi sedang sakit, dll. Prinsip umum untuk pengobatan insomnia dengan mencari penyebabnya dahulu, berolah raga yang cukup, makan dengan gizi yang cukup, hindari makan yang merangsang seperti teh dan kopi.

Usahakan tempat tidurnya yang nyaman, hindari obat penenang. Namun jika itu disebabkan penyakit obatilah penyakinya dahulu secara tuntas, Nah terakhir akan saya kasih tahu rahasianya agar bisa cepat tidur;

Tips Ampuh Agar Cepat Tidur

  • Berbaringlah yang nyaman terlentang dengan tangan lurus disamping
  • Ambil napas pelan pelan dengan hitungan 10 kali (hitung dalam hati) saat menghirup, lalu tahan sebentar 7 x hitungan, kemudian keluarkan 10 x hitungan juga, Ulangilah sampai 3 kali.
  • Jika sudah 3 x maka badan anda sekarang sudah rileks, nah sekarang perintahkan anggota badan anda dari kaki dulu "Berat, hangat, kendur" (ucapkan dalam hati) konsentrasilah dengan apa yang anda lakukan jangan memikirkan hal lain selain kegiatan anda sekarang.
  • Setelah kaki lalu paha, anggota badan sekitar kemaluan, disusul perut, dada, tangan dan terakhir kepala
  • Biasanya sebelum sampai kepala anda sudah tidur lebih dahulu, jika belum tidur juga ulangilah dari kaki lagi dan begitu seterusnya.
Anda Juga Harus Baca: 8 Tips Mudah Mengatasi Insomnia
Nah demikianlah penjelasan lengkap apa itu insomnia, apa penyebab insomnia, bagaimana cara mengatasi insomnia, dan yang terakhir adalah tips agar bisa cepat tidur. Tips ini saya adopsi dari hasil belajar saya tentang meditasi dan yoga pengenduran badan, dan hasilnya benar benar ampuh, selamat mencoba...
Advertisement
Apa itu Insomnia? Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia