Buah Jamblang, Manfaat, Ciri-Ciri dan Kandungan Sehatnya

Manfaat Bauh Jambalang (Duwet) untuk Kesehatan - Buah jamblang atau yang dikenal pula dengan sebutan buah duwet, memiliki rasa yang cukup unik. Di tambah lagi dengan bentuknya yang kecil, mungil, tentunya menarik mata siapapun yang memandangnya. Secara sekilas kita tidak akan percaya bahwa buah jamblang ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, beruntung anda membaca artikel tentang kandungan dan manfaat buah jamlang (duwet) ini.

Ciri-ciri buah jamblang

Kebanyakan tanaman jamblang memiliki tinggi berkisar sepuluh hingga dua puluh meter dan dengan batang yang tebal dan bercabang. Untuk buahnya sendiri, memiliki bentuk lonjong atau bulat dengan panjang berkisar 2 sampai 3 cm. Ketika muda buahnya berwarna hijau atau merah, namun setelah matang, buah yang satu ini akan berubah warna menjadi ungu kehitaman.

Kandungan buah jamblang

Buah jamblang memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak heran mengingat buah jamblang sendiri mengandung beragam jenis zat sehat yang baik untuk tubuh.
  • Alkaloid
  • Minyak atsiri
  • Asam organic
  • Fenol
  •  Asam elagat
  • Tanin
  • Triterpenoid
  • Resin
  • Corilagin
Selain buahnya, biji dari buah jamblang juga memiliki khasiat yang tidak kalah pentingnya. Biji dari buah jamblang juga mengandung banyak zat sehat.  Berikut ini beberapa diantaranya.
  • Olei acid
  • Myristic acid
  • Malvalic acid
  • Vernolic acid
  • Linoleic acid
  • Sterculiac acid
  • Palmitic acid

Manfaat buah jamblang bagi kesehatan

Beberapa manfaat buah jamblang antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi sakit perut

Salah satu manfaat dari buah jamblang adalah kemampuannya dalam mengatasi sakit perut. Buah yang satu ini baik untuk kesehatan pencernaan sekaligus mampu mengatasi beragam jenis gangguan pada perut karena mengandung antosianin, asam elagik serta kaemferol. Kandungan dari buah jamblang tersebut di atas, baik untuk kesehatan usus serta mengontrol tekanan darah supaya lebih stabil.

2. Mengatasi gangguan mata

Mata merupakan organ penting yang berfungsi sebagai alat penglihatan. Perlu diketahui pada tiap 100 gram dari buah jembleng mengandung sekitar 81 IU vitamin A. Untuk itu, jika ingin menyehatkan mata Anda ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi buah ini.

Terutama bagi Anda yang mengidap penyakit mata, Anda bisa menggunakan buah ini sebagai salah satu solusi alami mengatasi keluhan mata anda. Banyak yang menggunakan buah jamblang ini sebagai obat untuk mengatasi katarak serta infeksi jamur pada mata.

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Manfaat lain dari buah jamblang adalah untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi. Tidak heran, mengingat buah yang satu ini kaya akan zat yang diperlukan bagi tulang dan gigi seperti magnesium, zat besi, kalsium, serta fosfor. Konsumsi buah yang satu ini secara rutin, dapat membantu Anda dalam mencegah pengeroposan tulang sekaligus erosi gigi.

4. Menghindarkan Anda dari diabetes

Konsumsi buah jamblang mampu membantu Anda dalam menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan di Inggris serta India.


5. Meningkatkan nafsu makan

Terlebih bagi anak kecil, nafsu makan yang naik turun tentu menjadi gangguan tersendiri bagi pertumbuhannya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan buah jamblang sebagai solusi, dengan cara menjadikannya sebagai buah pencuci mulut.

Buah yang satu ini tidak hanya membuat nafsu makan kembali membaik melainkan juga meningkatkan fungsi pencernaan dalam tubuh sang anak. Buah jamblang merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Buah yang satu ini juga dijual dengan cukup murah sehingga bisa dikonsumsi oleh golongan ekonomi manapun.

Begitulah sahabat semua, kandunga dan manfaat buah jambalang atau disebut juga buah duwet untuk kesehatan, jika sudah menhgetahui akan manfaatnya begini yuk kita konsumsi...
Advertisement
Buah Jamblang, Manfaat, Ciri-Ciri dan Kandungan Sehatnya