Hah...!!! Wanita Ada Yang Tidak Memiliki Lubang Vagina? (Agenesis vagina)

Apakah Benar Ada Wanita Yang Tidak Mempunyai Lubang Vagina? Lalu bagaimana Cara Mengatasinya Agar Tumbuh Normal  - Suatu ketika saya pernah membacaa sebuah artikel tentang kisah wanita yang tidak memiliki lubang pada Vaginanya, saya sendiri juga tidak percaya, teryata setelah ditanyakan ke ahli kesehatan memang ada tapi jarang. Dalam istilah kedokteran ini disebut Pendangkalan pada lubang vagina, bukan berarti tak ada lobang sama sekali seperti yang kita bayangkan ntar bagaimana kalau pipis, menstruasi, melahirkan dll...

Nah yang menjadi pertanyaan sekarag adalah;
  1. Apa penyebab seorang wanita yang tidak memiliki lubang vagina? 
  2. Bagaimana ciri ciri wanita yang tidak memiliki lubang vagina? (terutama saat haid)
  3. Apakah setiap wanita berpeluang tidak memiliki lubang vagina?
  4. Jika Seoarng wanita mengetahui tidak memiliki lubang vagina, apa yang harus dilakukan?
Menjawab pertanyaan diatas ini kita bisa baca jawaban dari Dr. Arrahman Haroen yang dulu pernah menjabat Kepala Unit kesehatan & Keselamatan Kerja Rumah Sakit Islam Pondok Kopi di kawasan Jakarta Timur periode tahun 2004. Begini...
  1. Wanita yang tidak memiliki lubang vaginan dapat disebabkan gangguang pembentukan lubang vagina pada janin ketika masih dalam masa kehamilan ibunya. Pada orang dewasa tak adanya lubang vagina jarang sekali terjadi, kecuali terjadi perlengketan pada dinding vagina karena inveksi atau penyakit lain
  2. Ciri wanita yang tidak mempunyai lubang vagina total biasanya keluahan pada masa haid seperti kram perut, rasa panas tidak disertai dengan pengeluaran cairan darah haid. Pada masa awal haid keluhan seperti ini dianggap hanya keluhan penyakit perut biasa, namun seiring bertambahnya frequansi haid darah haid akan tertahan pada rongga rahim, dan perut akan tampak besar terkadang seperti namapak sedang hamil.
  3. Peluang setiap wanita tidak memiliki lubang vagina sangatlah kecil, dan saat kelahiran akan segera diketahui oleh dokter dengan melihat ada atau tidaknya lubang vagina tersebut, sedangkan pada wanita dewasa sangatlah jarang.
  4. Bila mengetahui bahwa ada gangguan pada lubang vagina, tertutup atau tidaknya segeralah hubungi dokter kandungan untuk mendapatkan penaganan selanjutnya.
Perlu anda ketahui bila lubang vagina tidak terbentuk secara sempurna dan darah masih tetap bisa keluar, biasanya tidak ada keluhan kecuali pasien atau penderita melakukan hubungan suami istri.
Baca Juga: Apa Itu Rhinitis? Bagaimana Cara Menyembuhkan Rhinitis?
Demikianlah info kesehatan kali ini, yaitu tantang ada tidaknya seorang wanita yang tidak memiliki lubang vagina, yang pasti hal ini jarang terjadi atau kita temui. Ini kami salin dari  pertanyaan seorang wanita a/n Tekad Atin - Banten dari majalah "Paras"

Kemudian mengenai wanita yang tidak memiliki lubang vagina ini saya juga mendapatkan sumber lain yang mungkin bisa melengkapi artikel ini, sebagaimana yang saya kutp dari situs www.klikdokter.com, disana juga ada pertanyaan dari seorang ibu yang anaknya berumur 3,5 tahun mengalami penutupan lubang vagina.

Setelah diperiksakan ke dokter jalan keluarnya harus di operasi dan itu harus menunggu si anak sudah besar atau akil baligh. yang jadi pertanyaan bisakah anaknya hidup normal (memiliki anak nantinya) kemudian dijawab oleh tim dokter klikdokter.com Dr. Widi Asrining Puri, Redaksi Medis Kedokteran Umum begini...

Lubang vagina yang tak terbentuk disebut juga agenesis vagina. Kelainan ini terjadi sejak masa embrio akibat tak terbentuknya saluran kelamin bagian bawah secara sempurna. Salah satu penyebabnya, pemakaian obat dietilstilbestrol, tapi secara umum sebab pastinya sulit diketahui.

Apabila memang anak Anda mengalami agenesis vagina maka berkonsultasilah segera dengan dokter spesialis anak. Namun terkadang didapatkan juga lubang vagina yang menutup karena alat kelamin anak tidak dibersihkan dengan baik. Kotoran yang menumpuk menyebabkan perlengketan dan akibatnya menutup lubang.

Apabila memang ini yang terjadi maka penanganannya hanya diperlukan sedikit insisi (dibuka sedikit dengan cotton bud atau alat lain) untuk membuka lubang vagina dan membersihkan kotoran. Pada kasus ini, lubang vagina memang sudah ada namun tertutup karena kotoran.

Hal ini dapat dilakukan oleh dokter spesialis anak. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis anak untuk memastikan kondisi anak Anda terlebih dahulu untuk kemudian mendiskusikan pilihan-pilihan penangangan yang terbaik untuk putri Anda.

Agenesis vagina jarang ditemukan dan perlu penanganan yang baik oleh dokter subspesialis uroginekologi (ahli bedah rekonstruksi alat kandungan). Dokter terlebih dahulu akan memeriksa apakah memang betul kelainannya hanya di vagina atau ada kelainan lain yang menyertainya.

Bila ditemukan kelainan yang memerlukan tindakan operasi, umumnya akan dilakukan setelah putri Bapak cukup besar. Hal ini untuk melihat apakah lubang vagina dapat muncul seiring dengan pertumbuhan anak.

Ok sahabat semua, saya harap anda sudah paham penjelasan lengkap mengenai masalah wanita yang tidak memiliki lubang vagina, jika ini bermanfaat silahkan di share...
Advertisement
Hah...!!! Wanita Ada Yang Tidak Memiliki Lubang Vagina? (Agenesis vagina)