Ini Dia 5 Manfaat Buah Dewandaru Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Dewandaru - Bagi sebagian orang, buah dewandaru merupakan jenis buah yang masih asing terdengar. Meski demikian, terlepas dari populer tidaknya buah yang satu ini, ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari buah ini, terutama manfaatnya dalam bidang kesehatan. Untuk mengonsumsi buah dewandaru, Anda bisa langsung memakannya atau dibuat jus terlebih dahulu.

Ciri-ciri buah dewandaru

Buah dewandaru yang juga disebut sebagai belimbing londo ini, memiliki bentuk buah yang mirip dengan buah cermai. Meski demikian, buah yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dan dengan bentuk buah yang bulat dan warna merah. Buah ini memiliki biji kecil di dalam daging dengan warna cokelat.

Kandungan buah dewandaru

Terutama bagi orang Brazil, buah dewandaru umumnya dimanfaatkan dalam bidang kesehatan seperti mengatasi diare, rematik hingga diabetes. Dewandaru dapat digunakan sebagai obat karena memiliki banyak kandungan sehat dengan berbagai senyawa kimia di dalamnya.
a. Fenolik
b. Flavonois
c. Monoterpes
d. Beta pinene
e. Antioksidan
f. Trans-beta-ocimene
g. Cisomene

Manfaat buah dewandaru bagi kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah dewandaru ini. berikut ulasan lengkapnya.

1. Mengatasi gangguan radikal bebas
Buah dewandaru memiliki kandungan sehat berupa antioksidan yang cukup melimpah di dalamnya. Menurut penelitian, buah yang satu ini juga mengandung senyawa sehat dengan golongan karotenoid di dalamnya.

Bukan hanya buahnya, namun daun dari buah dewandaru juga bermanfaat sebagai antioksidan yang disebut pula dengan fenolik. Antioksidan dalam buah ini mampu bekerja dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, lingkungan tempat kita tinggal umumnya dipenuhi dengan udara yang tidak sehat akibat polusi kendaraan serta asap rokok. Polusi-polusi tersebut merupakan faktor terbentuknya radikal bebas yang mengganggu kesehatan tubuh.

Mengonsumsi buah dewandaru mampu mengurangi dampak negatif dari polusi tersebut karena mengandung senyawa sehat berupa antioksidan.

2. Pereda rasa sakit
Buah dewandaru juga bisa digunakan sebagai obat pereda rasa sakit. Terutama bagi Anda yang menderita rematik, mengonsumsi buah yang satu ini merupakan salah satu solusi sehat bagi penyembuhan rasa sakit yang Anda derita. Bukan hanya pereda sakit rematik saja, namun buah dewandaru juga baik dalam menghilangkan rasa sakit akibat nyeri sendi.

3. Sebagai anti bakteri
Manfaat dari buah dewandaru yang populer digunakan oleh masyarakat Brazil adalah untuk mengobati diare. Hingga kini telah banyak penelitian yang menyebutkan jika buah yang satu ini dapat berperan sebagai anti kuman di dalam tubuh. Tidak heran jika lantas buah dewandaru mampu menghambat tumbuhnya beragam jenis kuman yang menyebabkan sakit diare.

4. Mencegah penyakit kanker
Penyakit kanker adalah jenis penyakit yang berbahaya yang harus diwaspadai karena meningkatkan resiko kematian bagi penderitanya. Inilah kenapa penelitian mengenai obat untuk mengatasi kanker masih juga dilakukan, termasuk di dalamnya adalah penelitian pada buah dewandaru. Buah dewandaru sendiri dipercaya sebagai salah satu buah alternatif bagi penyembuhan penyakit kanker.

5. Mengurangi tekanan darah 

Manfaat lain dari buah dewandaru adalah untuk mengatasi tingginya tekanan darah dalam tubuh. Buah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai buah penurun kolesterol dan metabolisme lipid bagi tubuh.
Baca Juga: Manfaat Buah Cermai Untuk kesehatan
Terutama bagi penderita hipertensi keberadaan buah yang satu ini bisa dijadikan sebagai obat herbal penurun tekanan darah anda. Meski masih belum dikenal secara meluas dalam masyarakat, namun buah dewandaru memiliki banyak khasiat yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh.

Referensi:
http://monster-bego.blogspot.co.id/2012/11/manfaat-buah-dewandaru.html
http://kurmanabi.com/manfaat-buah-dewandaru/
Advertisement
Ini Dia 5 Manfaat Buah Dewandaru Bagi Kesehatan