Inilah Berbagai Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat Cengkeh Untuk KesehatanIndonesia memang kaya akan sumber daya alam (sda) salah satunya kaya akan rempah-rempah. Tidak heran kalau dulu para penjajah sangat tergiur dengan kekayaan rempah yang dimiliki indonesia. Karena begitu banyak manfaat serta khasiat yang diperoleh dari rempah-rempah untuk memenuhi kebutuhan manusia terutama untuk dijadikan sebagai obat herbal.

Salah satu dari sekian rempah-rempah yang biasa dijadikan sebagai tanaman apotik adalah cengkeh. Cengkeh populer sebagai bahan campuran rokok ini ternyata bisa di manfaatkan dalam dunia kesehatan dan kuliner.  


Cengkeh biasa digunakan sebagai tambahan penyedap masakan. Hampir semua makanan khas nusantara pasti menggunakan cengkeh. Dan juga, cengkeh biasa dibuat menjadi minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Berbagai macam manfaat cengkeh

1. Sebagai obat sakit gigi
Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa cengkeh sudah menjadi rahasia umum sebagai obat herbal yang ampuh menyembuhkan sakit gigi. 

Cara mengobati gigi yang sakit dengan cengkeh yaitu cukup oleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit atau gigi berlubang karena biasanya sakit gigi disebabkan karena ada lubang pada gigi. 

Zat antibiotik dalam cengkeh mampu membunuh bakteri-bakteri pada gigi. Sebaiknya, bagi Anda yang memiliki sakit gigi, gunakanlah pasta gigi yang mengandung cengkeh.

2. Mengobati pilek
Pilek yang tidak sembuh-sembuh pasti sangat mengganggu. Sifat hangat yang dimiliki cengkeh dapat mengobati pilek. Jika pilek Anda ingin segera sembuh, buatlah ramuan dari minyak cengkeh yang dicampur dengan madu lalu diminum dua kali sehari. Oleskan juga minyak cengkeh di hidung Anda agar dapat meringankan pilek.

3. Sebagai obat sinusitis
Sinusitis atau radang yang terjadi pada rongga hidung dapat disembuhkan dengan cengkeh. Penelitian membuktikan bahwa cengkeh bermanfaat untuk mengatasi masalah sinusitis. Caranya yaitu dengan menggunakan bubuk cengkeh yang dimasukkan ke dalam hidung.

4. Mengobati batuk
Selain mengobati pilek, cengkeh juga dapat mengobati batuk. Caranya yaitu dengan mengunyah cengkeh. Rasanya mungkin aneh di lidah karena cengkeh langsung dikunyah begitu saja. Perlu diketahui kalau cengkeh mengandung zat ekspektoran alami yang mampu mengatasi dahak.

5. Sebagai anti oksidan dan anti kanker
Antioksidan yang terkandung dalam minyak esensial cengkeh bisa menangkal radiakal bebas yang berbahaya. Karena minyak cengkeh mengandung vitamin c, a, fosfor  juga zat lain sebagai antioksidan. 

Dan juga, zat yang terkandung pada cengkeh yaitu zat seskuiterpen berpotensi sebagai anti kanker. Zat lainnya seperti eugenol yang berungsi sebagai anti bakteri yang mampu memperbaiki efek mutagen pada lingkungan juga makanan.

6. Membantu menyingkirkan lemak jahat
Cengkeh kaya akan kandungan mineral yang penting untuk mengaktifkan enzim di dalam tubuh manusia khususnya enzim arginase yang berperan untuk menguraikan asam amino dalam pembentukan urea. Mineral tersebut sangat membantu menyingkirkan lemak. 

7. Membantu kesuburan
Kandungan gizi yang terdapat pada cengkeh cukup banyak. Selain mengandung serat makanan, magnesium, zat besi, kalsium, mangan, fiber dan zat gizi lainnya, cengkeh juga mengandung vitamin k yang dapat membantu kesuburan untuk laki-laki maupun perempuan.

8. Mengatasi rambut rontok
Jangan biarkan rambut Anda terus rontok karena dapat menyebabkan kebotakan. Gunakanlah cengkeh untuk mengobati kerontokan. Caranya yaitu oleskan cengkeh pada kulit kepala dan diamkan masksimal selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.
Baca Juga: Flek Hitam Pada Wajah? Coba Cara Sederhana Ini Insyallah Hilang
Nah, itulah ulasan tentang manfaat yang dimiliki oleh cengkeh. Sebagai saran Sebaiknya, menggunakan minyak cengkeh sesuai dengan dosis karena penggunaan dosis yang tinggi dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dan juga, hindari anak-anak untuk mengonsumsi minyak ini. 
Advertisement
Inilah Berbagai Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan