Kandungan Dan Manfaat Buah Juga Daun Kersen ( Ceri ) Buat Kesehatan

Seperti Apa itu buah Kersen (ceri) - Apa manfaat buah kersen Untuk Kesehatan? - Buah kersen merupakan jenis buah yang cukup populer di masyarakat. Buah yang satu ini sering pula disebut dengan buah talok yang disukai oleh banyak orang terutama pada kalangan anak-anak.

Buah kersen sendiri bisa ditemukan dengan mudah di banyak tempat, selain disebut dengan buah kersen, buah ini juga memiliki nama lain seperti buah keres, keresen, seri, ceri, karsem, baleci dan lain sebagainya.

Ciri-ciri buah kersen atau ceri

Tanaman yang satu ini umumnya tumbuh di pinggir jalan, pinggir sawah ataupun di kebun-kebun perumahan. Buah kersen sediri dapat tumbuh dengan mudah sehingga bisa ditemukan di banyak tempat. Pohon kersen bisa tumbuh hingga mencapai enam meter.

Pohon yang satu ini bukan hanya bisa ditemukan di negara kita, melainkan juga bisa ditemukan di beberapa negara lain seperti India, Vietnam, Kamboja, Kosta Rika, Thailand serta Inggris. Buah kersen sendiri bisa tumbuh dan matang dengan cepat sehingga hampir tiap hari buah ini bisa dipetik.

Buah kersen umumnya memiliki warna hijau saat masih mentah dan akan berubah menjadi warna merah saat matang. Buah kersen juga memiliki biji dengan ukuran yang kecil yang dapat dimakan bersamaan dengan buahnya.

Kandungan buah kersen

Buah kersen dapat dijadikan sebagai buah untuk mempersehat tubuh. Hal ini dikarenakan, buah kersen mengandung banyak kandungan sehat seperti yang berikut ini.
a. Air
b. Protein
c. Lemak
d. Kalsium
e. Serat
f. Niacin
g. Zat besi
h. Fosfor
i. Vitamin B1
j. Vitamin C
k. Karotin
l. Riboflavin
Dengan kandungan sehat di atas, tidak heran jika buah kersen membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh sekaligus menghindarkan kita dari banyak jenis penyakit.

Manfaat buah kersen bagi kesehatan

Dalam menggunakan buah kersen untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda bisa  memakannya secara langsung, atau mungkin diolah terlebih dahulu dengan cara di buat sirup buah kersen. Beberapa manfaat buah kersen bagi tubuh antara lain adalah sebagai berikut...
  1. Mengobati penyakit diabetes.
  2. Mengobati asam urat.
  3. Meredakan gejala penyakit flu.
  4. Mengatasi infeksi.
  5. Menyembuhkan sakit kepala.
  6. Mengatasi kejang ataupun gangguan berupa kekakuan pada bagian saluran pencernaan akibat diare ataupun gastiris.
  7. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Bagus untuk kesehatan jantung.
  9. Sebagai anti kanker.
  10. Anti peradangan.
  11. Sebagai anti bakteri ataupun aktiseptic.
  12. Sebagai anti tumor.
  13. Mengatasi gangguan mikroba dalam tubuh.
  14. Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.
  15. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  16. Mencegah serta menyembuhkan gangguan batuk.
  17. Membantu melembabkan kulit secara alami sehingga kulit terlihat lebih segar.
  18. Mengobati radang.

Manfaat daun kersen buat kesehatan

Bukan hanya buahnya saja yang baik untuk menjaga kesehatan, namun daun dari tanaman kersen ternyata juga sama bermanfaatnya bagi tubuh. Untuk daun kersen sendiri, Anda bisa mengolahnya atau bisa juga dijadikan sebagai teh yang dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.

Adapun pembuatan teh dari daun kersen ini tidaklah sulit. Anda bisa mengeringkan terlebih dahulu daun kersen untuk kemudian diseduh menggunakan air panas. Air panas yang digunakan dalam menyeduh daun kersen, akan berubah warna menjadi seperti air teh pada umumnya. Konsumsi air teh daun kersen, bisa menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Bagi penderita hipertensi, ada baiknya Anda mengonsumsi ramuan daun kersen ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukan secara teratur supaya penyakit bisa lekas hilang dan tekanan darah dalam tubuh dapat kembali stabil. Semoga informasi ini bermanfaat.
Baca Juga: Kandungan dan manfaat Buah Jamblang (Duwet) untuk kesehatan
Begitulah kandungan dan manfaat buah sekaligus daun kersen atau talok untuk kesehatan tubuh kita, Begitu besarnya manfaat buah kersen talok ini sekarang banyak masyarakat menanam pohon buah kersen ini didepan rumah. Selain daunya rimbun sehingga nyaman ketika santai dibawah pohan kala terik matahari, buahnya dapat dikonsumsi setiap hari...
Advertisement
Kandungan Dan Manfaat Buah Juga Daun Kersen ( Ceri ) Buat Kesehatan