Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Seperti Apa Itu Buah Bit? Apa Manfaat Buah Bit? - Buah bit atau nama latinnya beta vulgaris l ini, termasuk jenis tanaman umbi-umbian karena buahnya berada di dalam tanah. Walaupun bit lebih populer dengan sebutan buah, sebenarnya secara ilmiah bit ini merupakan jenis sayur. Namun terlepas dari semua itu, buah bit ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Berbagai keluhan jenis penyakit di yakini bisa di sembuhkan dengan buah atau sayur ini.

Ciri-ciri fisik buah bit

Ciri fisik bit yang jelas banyak diketahui yakni memiliki warna merah gelap dan tumbuh dalam tanah. Memiliki kemiripan dengan ubi jalar namun mempunyai warna lebih merah. Memiliki batang tumbuhan yang pendek bahkan hampir tidak terlihat. Bit berbentuk bulat, namun adapula yang berbentuk seperti gangsing atau berbentuk lonjong. Ujung dari bit terdapat akar yang aktif menjalar.

Kandungan sehat buah bit

Buah bit kaya akan vitamin, yaitu vitamin c, vitamin b, dan sedikit mengandung vitamin a. Karena kaya akan vitamin maka bit sangat di sarankan dikonsumsi, terutama bagi penderita darah rendah. Bit juga diketahui mengandung kalium, magnesium, zat besi, karbhidrat, protein, antioksidan, serat larut, dan folat.

Folat yang dimiliki bit sangat tinggi, dengan konsumsi setengah cangkir bit masak mampu memenuhi 17% dari total 400-900 mikrogram konsumsi rekomendasi asupan folat. Diketahui bit juga tidak mengandung lemak yang dapat menyebabkan kolesterol

Kandungan Gizi dari buah bit

Berikut persentase kandungan gizi bit per buahnya.

Komposisi
Persentase (%)
Folat
25-34
Serat
8-14.5
Vitamin c
7.5-11
Magnesium
7-10
Kalium
10-15
Zat besi
5-8
Tembaga
5-7.5
Triptofan
Minimimal 1.4
Magnesium
7-10
Fosfor
4-6.5

Manfaat buah bit bagi kesehatan

1. Mencegah stoke
Berbagai kandungan sehat yang terdapat dalam buah ini, menjadikan buah bit ini mempunyai khasiat dalam menormalkan saluran darah yang merupakan salah satu solusi dalam penyembuhan penyakit stroke.

2. Menurunkan tekanan darah
Dalam buah bit banyak mengandung nitrit, dan nitrit ini jika di dalam tubuh akan berubah menjadi nitrit oksida, yang mana khasiatnya untuk menurunkan tekanan darah.

3. Memperkuat daya tahan tubuh
Kandungan gizi bit yang komples jika dikonsumsi terus menerus, sangat bagus buat tubh kita. Dan di yakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu kandungan zat besi dalam buah bit juga merupakan alasan kenapa buah ini di percaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Manfaat lainnya dalam buah bit adalah sebagai pembersih racun. Karena mengandung kolin maka racun didalam empedu atau hati dapat dikeluarkan.

5. Baik Untuk kesehatan Otak
Nitrit dalam bit jika dikonsumsi maka akan terjadi proses perubahan yang dilakukan oleh bakteri didalam mulut. Nitrit ini kemudian akan bekerja dengan membuka atau memperlebar saluran darah, akibatnya semakin banyak oksigen yang ditransfusikan ke dalam darah.

6. Mengurangi Derita Diabetes
Bit mampu menurunkan kadar glukosa, meningkatkan insulin dalam darah, dan mencegah oksidasi sel yang diderita oleh penderita diabetes.

7. Buah bit sangat bagus buat para olahragawan
Nitrit yang memiliki peran memperlebar saluran darah akan menyuplai asupan oksigen keseluruh tubuh, akibatnya seorang atlit mampu berolah raga lebih lama karena asupan oksigen yang lancar.

8. Untuk Kesehatan Hati
Konsumsi bit juga akan menghindarkan Anda dari penyakit hati, karena berdasarkan penelitian dijelaskan, bahwa bit berkhasiat dalam melawan timbunan lemak dalam hati.

9. Menghamabat Perkembangan Sel Kanker
Adanya pigmen merah betacyanin dalam buah bit diyakini mampu melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker.

Baca Juga: Manfaat buah delima buat kesehatan Yang Wajib kamu Ketahui

Nah itu dia ulasan mengenai berbagai kandungan, ciri-ciri, serta manfaat buah bit bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan