Manfaat buah delima buat kesehatan Yang Wajib kamu Ketahui

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan - Buat Anda penggemar ramuan atau pengobatan herbal, pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah delima. Karena buah ini sering di manfaatkan masyarakat sebagai bahan campuran untuk dijadikan ramuan tradisional.

Nah buat Anda yang ingin mengulik lebih dalam mengenai buah delima ini, silahkan Anda bacat ulasan lengkapnya di bawah ini. Karena kami akan mengupas lebih detail mengenai, ciri-ciri, kandungan maupun berbagai manfaat dari buah multi khasiat ini.


Ciri- ciri buah delima

Sekilas tanaman ini memiliki fisik luar yang memiliki kesamaan dengan jambu. Buah delima berbentuk bulat dan berdiameter 5-12 cm, memiliki warna kulit yang bermacam-macam seperti hijau, putih, merah dan ungu. Dan saat buah mulai menua biasanya terdapat bercak yang agak menonjol pada bagian kulitnya. Buah ini memiliki biji yang banyak berbentuk pipih, dan tersusun tidak beraturan.

Kandungan Gizi buah delima

Berdasarkan penelitian usda mengenai buah delima ini, menunjukkan hasil bahwa dalam setiap 100 gram buah delima terkandung zat atau nilai gizi seperti yang tertera dalam tabel di bawah ini:

Komponen
Kandungan
Komponen
Kandungan
Air
78 gr
Lemak
0.1 gr
Protein
1.6 gr
Karbohidrat
14.5 gr
Mineral
0.7 gr
Gula inversi
20%
Glukosa
5-10%
Asam sitrat
0.5-3.5%
Vitamin c
14 mg/100 g
Asam galotanat
Ada tidak diketahui % nya
Energi
346 kj
Serat diet
4 gr
Tiamin
0.07 mg
Asam pantotenat
0,38 mg
Riboflavin
0.05 mg
Vitamin b6
0.08 mg
Niasin
0.29 mg
Folat
38 mg
Kalsium
10 mg
Besi
0,3 mg
Magnesium
12 mg
Kalium
236 mg
Fosfor
36 mg
Seng
0.35 mg

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

a. Melindungi jantung dan mencegah kanker prostat
Sari buah dari delima kaya akan flafonoid yang dapat berfungsi sebagai anti karsinogenik. Senyawa tersebut mampu mencegah radikal bebas serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Serta bermanfaat untuk melindungi jantung dan kanker prostat. Adanya antioksidan juga mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah yang di sebabkan oleh tumpukan kolesterol jahat.

b. Pencegah kanker payudara
Kanker payudara dan penurunannya yakni kanker kulit, kaker sel basal, dan kanker sel skuamosa mampu dicegah dengan memanfaatkan buah delima. Hal ini karena adanya zat antioksidan dan fitonutrien yang terkandung dalam buah delima. 

Yang mana kedua zat tersebut berinteraksi untuk meningkatkan antibodi pada tubuh seseorang. Proses pemanfaatannya sangat sederhana, hanya perlu merebus buah delima yang ditambahkan dengan bawang kucai. Setelah mendidih kemudian dinginkan lalu saring, dan airnya di minum 2 kali sehari.

c. Penyembuh sakit ginjal
Manfaat berikutnya dari buah delima ini ialah untuk menyembuhkan sakit ginjal. Banyak yang sudah membuktikan, dengan mengkonsumsi buah delima secara rutin bisa membantu mengatasi sakit ginjal.

d. Antibakteri
Alkaloid yang memiliki sifat pahit dan tanin bersifat antibakteri dan virus. Sehingga tidak diragunakan lagi jika kita rutin mengkonsumi buah delima ini maka kekebalan tubuh kita akan terjaga dari serangan virus jahat dan patogen.
Baca Juga: Manfaat Salak Pondoh Bagi Kesehatan

Nah itu dia berbagai manfaat sehat dari buah delima. Dengan berbagai khasiatnya dalam bidang kesehatan tersebut, sangat sayang kan apabila kita tidak memanfaatkan buah ini. 

Nah mulai sekarang, jika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami berbagai keluhan di atas, tak ada salahnya untuk mencoba menyembuhkan dengan buah delima. Karena selain harganya murah, tentunya aman tanpa efek samping.
Advertisement
Manfaat buah delima buat kesehatan Yang Wajib kamu Ketahui