Manfaat Buah Elai Bagi Kesehata

Seperti Apa Itu Buah Elai? Apa Manfaat Buah Elai Bagi Kesehatan - Apakah anda pernah mendengar mengenai buah elai? Mungkin sebagian dari anda belum begitu mengenalnya, namun buat anda masyarakat kalimantan, dan wilayah lain yang merupakan penghasil buah ini, pastinya sudah tak asing lagi.

Buah elai merupakan kerabat dari durian dengan nama latin durio kutejenesis yang berasal dari indonesia yakni kutai kalimatan timur. Buah elai sering disebut sebagai papaken (durian elai).

Ciri-Ciri Buah Elai

Buah elai memiliki bentuk hampir menyerupai durian, oleh karena itu banyak orang yang salah paham dengan namanya. Buah elai memiliki bentuk buah agak bulat, dengan daging buah yang tipis sampai tebal. Saat buah elai matang warnanya akan menjadi seperti kuning tembaga sampai warna kemerahan.

Buah elai pada bagian kulitnya diselimuti oleh duri agak tumpul dengan panjang duri 1-1.5 cm. Berbiji lonjong dengan warna coklat yang panjangnya 4 cm. Yang bisa dijadikan pembeda antara buah durian dengan buah elai adalah bagian daging atau isinya.

Buah durian lebih dikenal dengan warna putih hingga kekuningan, sedangkan buah elai memiliki warna daging buah yang cerah seperti orange atau warna merah yang dapat lebih menggugah selera makan. 

Daging buah elai yang tebal dengan rasa manis, dan tidak berserat menjadi pembeda utama dengan durian. Dan satu lagi yang menjadi pembeda lainnya dengan durian adalah mengenai aromanya yang lebih wangi dan menyengat, plus kulit yang lumayan tebal.

Kandungan Gizi Pada Buah Elai

Berikut kandungan gizi dari elai per 100 gramnya menurut penyuluh pertanian daerah kutai kertanegara

Gizi
Jumlah
Kandungan gula
12.8 %
Protein
2.69 %
Serat kasar
1.2%
Lemak
1.65 %
Karbohidrat
15.52%
Air
58.05%
Bagian yang bisa dimakan
31-35%

Berbagai manfaat buah elai 

Kandungan alkohol yang lebih sedikit dan tidak mengandung kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua orang baik yang memiliki kolestrol tinggi atau yang normal kolestrolnya. Dibawah ini berbagai manfaat Buah Elai Untuk kesehatan;

1. Meningkatkan Mood
 Buah elai memiliki kemampuan untuk meningkatkan mood. Hal ini dikarenakan elai mengandung triptophan yang tinggi.

2. Meningkatkan Daya Tahan tubuh
 Adanya kandungan kalium, vitamin b6, dan vitamin c dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi pengkonsumsi.

3. Memperlancar Pencernaan
 Adanya kandungan serat kasar pada buah elai dapat digunakan untuk memperlancar pencernaan. Serat akan membawa kotoran yang tertinggal di dalam pencernaan sehingga patogen tidak tumbuh karena pembusukan makanan. Dan pada akhirnya pencernaan juga akan menjadi sehat.

4. Menangkal Radikal Bebas
 Kandungan vitamin c dan antioksidan akan menjaga kesehatan kulit dengan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

5. Memperkuat Persendian Tulang
 Kandungan kalium dan potasium dapat memperkuat persendian tulang dengan selalu melakukan peremajaan terhadap tulang. Selain memperkuat tulang, adanya kalium dan potasium juga dapat meningkatkan kekuatan gigi

6. Meningkatkan vitalitas pria
 Hormon trytophan dan kandungan alkohol yang rendah dipercaya sebagian orang dapat meningkatkan vitalitas pria

7. Meningkatnya nafsu makan
 Kandungan thiamin dan vitamin b1 dapat menstimulus meningkatnya nafsu makan

8. Mengurangi resiko anemia
Vitamin B9 yang juga diketahui berada pada buah elai dapat mengurangi resiko anemia. Vitamin B9 akan menstimulus hormon untuk meningkat kandungan sel darah merah.

9. Mampu mengurangi migrain.
Kandungan riboflavin yang terdapat dalam vitamin B yang mencapai 29 % mampu mengurangi migrain.

10. Mecegah timbulnya stres. 
Vitamin B6 akan mempengaruhi sintesis pembentukan serotonin yang dapat mecegah timbulnya stres.

11. Meningkatkan berat badan
Bagi anda dirumah yang berkeinginan untuk meningkatkan berat badan dapat mengkonsumsi buah elai, karena kandungan karbohidrat dan energinya yang cukup tinggi.

12.Mencegah kanker. 
Mencegah kanker juga bisa dilakukan dengan konsumsi durian, karena dalam durian terdapat vitamin dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pencegah kanker.

Baca Juga: Nih...!!! Manfaat buah coklat untuk kesehatan

Nah banyak sekali kan manfaat dari buah elai ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat pembaca semua.
Advertisement
Manfaat Buah Elai Bagi Kesehata