Manfaat Buah Kolang-Kaling bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kolang-Kaling bagi Kesehatan - Buah kolang-kaling dikenal pula dengan sebutan dengan buah atap. Di Indonesia sendiri buah kolang-kaling bukan hanya populer sebagai camilan, melainkan banyak pula digunakan sebagai campuran dalam es campur ataupun es buah. Kolang-kaling bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional dan dengan harga yang terjangkau.

Ciri-ciri kolang-kaling

Buah yang satu ini memiliki bentuk yang lonjong dengan tekstur kenyal dan bewarna putih. Meski demikian, Anda bisa pula menjumpai kolang- kaling dengan warna hijau ataupun merah muda di pasaran.


Kolang-kaling semakin menarik perhatian karena memiliki rasa yang menyegarkan kerena kandungan air yang banyak di dalamnya. Buah kolang-kaling berasal dari buah aren yang dibakar hingga hangus. Setelahnya, biji dari aren akan direbus hingga beberapa jam lamanya. Biji yang telah melewati langkah perebusan, lantas direndam ke dalam larutan air kapur, selama beberapa hari. Hal ini dilakukan hingga kolang-kaling bisa terfermentasikan.

Kandungan sehat buah kolang-kaling

Bukan hanya di manfaatkan sebagai bahan camilan atau campuran es, ternyata kolang- kaling juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dan hal tersebut sangatlah wajar, mengingat kolang-kaling sendiri mengandung banyak zat sehat seperti yang tercantum di bawah ini.

a. Protein
b. karbohidrat
c. Zat besi
d. Kalsium
e. Vitamin A
f. Vitamin B
g. Vitamin C
h. Gelatin
i. Protasium
j. Iron

Selain zat sehat seperti di atas, kolang- kaling juga mengandung kadar air yang cukup banyak bahkan mencapai 93 persen. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika kemudian mereka yang mengonsumsi buah kolang- kaling dapat merasakan efek  lebih segar setelah memakannya.

Manfaat buah kolang-kaling

1. Memperkuat tulang
Keberadaan tulang yang kokoh dalam menyangga tubuh, membuat Anda lebih lancar dalam bergerak. Makanya tidak heran, jika kemudian beragam jenis aktivitas yang Anda lakukan, menjadi lebih ringan.

Dalam menjaga kesehatan tulang, ada baiknya Anda mencukupi kebutuhan tubuh akan kalsium. Dalam hal ini, asupan kolang-kaling yang secara rutin dilakukan, mampu membantu Anda dalam mendapatkan sejumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terlebih bagi Anda yang kurang suka dengan susu, maka kolang-kaling bisa dijadikan sebagai sumber pengganti kalsium harian anda.

2. Baik untuk diet
Kolang-kaling menjadi salah satu camilan sehat yang cocok bagi Anda yang tengah menjalani program diet. Kolang-kaling sendiri dirasa baik untuk diet, karena mengandung sejumlah nutrisi penting seperti kandungan serat dan karbohidratnya

Selain itu, kandungan gelatin yang terdapat pada kolang-kaling mampu mengurangi nafsu makan Anda yang berlebih. Alhasil keinginan makan bisa lebih ditekan.

3. Bagus untuk pencernaan  
Manfaat kolang-kaling lainnya adalah mampu membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Kolang-kaling sendiri mengandung serat yang dikenal sebagai zat pelancar pencernaan sehingga asupan makanan bisa dicerna secara baik di dalam tubuh.

Keberadaan serat dalam kolang-kaling juga mampu menghindarkan kita dari gangguan pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar bahkan gangguan diare.

4. Mengatasi radang sendi
Manfaat kolang-kaling yang selanjutnya adalah mampu mengatasi atau minimal meredakan gejala radang sendi yang menyerang. Dalam hal ini, Anda disarankan untuk membiasakan diri untuk mengonsumsi buah kolang- kaling sebanyak seratus gram pada tiap harinya.

Jika memang difungsikan sebagai bahan pengobatan, ada baiknya Anda menghindari penggunaan gula ataupun segala jenis zat pewarna yang justru malah mengurangi kandungan sehat dari kolang-kaling ini.

5. Sumber vitamin
Kolang-kaling merupakan salah satu sumber vitamin yang dapat digunakan dalam melengkapi asupan vitamin anda. Kolang-kaling sendiri mengandung vtamin A, B dan juga C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin A dalam kolang- kaling, berguna untuk menyehatkan organ penglihatan yaitu mata. Sementara vitamin B untuk menyehatkan kulit serta keberadaan sel-sel lainnya dalam tubuh. Vitamin C sendiri, berguna dalam mencegah terjadinya sariawan, influenza serta beragam jenis penyakit lainnya.
Baca Juga: Manfaat Buah Langsat, Ciri-Ciri dan Kandungannya
Kolang-kaling merupakan salah satu buah sehat yang didapatkan dari pengolahan buah aren. Kolang-kaling memiliki banyak kandungan sehat yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan, terlebih jika Anda ingin memiliki tubuh sehat dan tahan dari banyak ragam penyakit.
Advertisement
Manfaat Buah Kolang-Kaling bagi Kesehatan