Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan - Kurma, sekali menyebutkan namanya kita pasti akan terbayang bentuk dan rasanya. Buah khas timur tengah ini, memang sangat diminati banyak orang, karena rasanya yang legit dan tentunya banyak manfaatnya buat kesehatan. Kurma yang memiliki nama latin (phoenix dactylifera l) merupakan bagian buah dari keluarga tanaman palem yang memiliki rasa manis.

Ciri ciri Kurma

Tinggi pohon kurma berkisar antara 15-25 meter dengan bentuk daun menyirip yang panjangnya mencapai 3-5 meter. Buah kurma rata-rata memiliki berat 2-60 gram dengan panjang 3-7 cm. Tekstur dari kurma juga bermacam-macam mulai dari lunak hingga kering. Saat kurma matang, warna kurma berubah menjadi kuning kecoklatan, coklat gelap, atau bahkan kuning kemerahan. Biji dari kurma memiliki tekstur yang sangat keras dan sering tidak dimanfaatkan.

Kandungan gizi buah kurma

Kandungan gizi kurma sangat besar, agar dapat dipahami dengan mudah, berikut ditampilkan dalam tabel 1. Tabel 1 merupakan nutrisi kandungan kurma kering per 100 gram kurma dengan total kalori 282.

Energi

1180 kj (280 kcal)

Karbohidrat
75 g
Total lemak
Sodium
0.4 g
2 mg
Gula
Serat diet
63 g
8 g
Serat pangan
8 g
Lemak
Kalsium
0.4 g
3 %
Protein
Zat besi
2.5 g
5%
Ai
Magnesium
21 g
10 %
Vitamin c
Vitamin a
Vitamin b6
0.4 mg (1%)
0%
10%
Vitamin d
Manganese
0%
0.262

Manfaat buah kurma untuk kesehatan

1.     Sumber energi
Kurma diketahui mengandung gula alami glukosa, fruktosa tinggi, dan sukrosa yang dapat menjadi sumber energi. Kandungan mineral dan fitonutriwn juga dimiliki oleh kurma. Dua zat ini berkhasiat untuk meningkatkan stamina didalam tubuh. Oleh karena itu, kurma sering dijadikan sebagai makanan pembuka saat berpuasa untuk menggantikan energi kita yang hilang selama berpuasa.

2.     Mencegah anemia
Diketahui kurma tinggi akan kandungan zat besi. Zat besi sangat baik untuk untuk mengobati anemia karena merupakan salah satu komponen hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan komposisi oksigen dalam darah.

3.     Mencegah kanker usus besar
Kurma kaya akan serat. Serat pada kurma mampu mencegah penyerapan ldl dalam usus. Serat pada kurma juga dapat membantu melindungi selaput lendir usus serta mengikat berbagai zat-zat kimia berbahaya yang memicu kanker usus besar.

4.     Mengatasi sembelit
Karena memiliki kandungan serat yang tinggi hal ini berarti kurma dapat mencegah konstipasi juga. Serat akan membersihka usus besar dan melancarkan buang air besar.

5.     Mencegah stroke dan penyakit jantung
Dikatakan kurma mampu mencegah penyakit stroke dan penyakit jantung karena kurma mengadung kalium. Kalium mampu mengendalikan deyut jantung dan tekanan darah sehingga akan melindungi jantung koroner. Kurma dapat membuat pembuluh darah tetap elastis serta mampu mengikat karbon dioksida dalam darah dalam terapi hipertensi.

6.     Mencegah kanker rongga mulut da paru-paru
Flavonoid dan zat antioksidan juga terdapat dalam kurma. Adanya dua zat ini akan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

7.     Menjaga kesehatan mata
Dengan mengkonsumsi kurma kita juga dapat menjaga kesehatan mata. Karena kurma mengandung vitamin  a. Vitamin a diketahui merupakan mikronutrien dan memiliki sifat antioksidan. Selain vitamin a untuk menjaga kesehatan mata, dalam kurma juga terdapat zeaxanthin yang juga dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula.

8.     Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Menjaga kesehatan tulang dan gigi dapat dijaga dengan kurma pula. Karena magnesium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan selenium terdapat dalamnya. Kerusakan gigi juga dapat  dihindari. Dengan adanya flour plak gigi juga dapat dihambat pembentukannya.
Baca Juga: Nih...!!! Manfaat Tanaman Dewandaru
Banyak sekali bukan manfaat dari buah kurma ini. Maka dari itu tidaklah heran, jika dalam alquran pun buah ini sampai di sebut sebagai buah yang berkhasiat.
Advertisement
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan