Manfaat Buah Langsat, Ciri-Ciri dan Kandungannya

Manfaat buah langsat - Buah langsat merupakan salah satu jenis buah yang juga anggota dari suku meliaceae. Buah yang satu ini memiliki jenis yang sama dengan buah duku. Dengan bentuk yang mirip buah duku, tidak heran jika kemudian banyak yang mengatakan jika buah langsat merupakan buah duku dengan jenis yang lain.

Ciri-ciri buah langsat

Tanaman buah langsat memiliki daun yang lebat dengan warna hijau tua dengan cabang yang tegak. Tanaman ini memiliki tandan buah yang cukup panjang dan biasanya berisi mulai dari 15 hingga 25 butir buah. Buah langsat memiliki bentuk bulat seperti telur dan dengan buah yang agak besar.


Buah langsat memiliki kulit yang tipis dan umumnya selalu bergetah meski buahnya telah matang. Buah yang satu ini memiliki rasa masam bercampur manis dan tentunya menyegarkan. Jika buah duku cenderung bulat dengan kulit yang tebal, buah langsat justru memiliki kulit buah yang tipis dan bergetah.

Kandungan sehat buah langsat

Buah langsat bukan hanya menimbulkan efek segar saat dikonsumsi melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang satu ini memiliki banyak kandungan sehat yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh. Adapun beberapa kandungan sehat yang dapat ditemukan dalam buah langsat, antara lain adalah sebagai berikut.

a. Kalori
b. Kalsium
c. Zat besi
d. Mineral
e. Karbohidrat
f. Fosfor
g. Lemak
h. Protein

Untuk kandungan buah langsat seperti halnya zat besi, mineral serta kalori, buah yang satu ini setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah apel ataupun buah jeruk. Menarik bukan?

Manfaat buah langsat bagi kesehatan

Dengan kandungan buah langsat seperti yang telah dibahas di atas, tidak heran jika buah ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh.

1. Bagus untuk pencernaan
Buah langsat memiliki banyak manfaat bagi tubuh dimana salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Buah yang satu ini mengandung serat yang juga mampu menghindarkan pencernaan dari gangguan penyakit.

2. Menyehatkan tulang dan gigi
Manfaat buah langsat yang selanjutnya adalah bagus bagi kesehatan tulang dan gigi. Buah langsat mengandung zat fosfor yang mampu mencegah pengeroposan tulang serta gigi anda.

3. Baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Mengonsumsi buah langsat, bisa membantu Anda dalam mendapatkan daya tahan tubuh yang baik. Peningkatan daya tahan tubuh sendiri, mampu membuat Anda terhindar dari resiko terkena beragam jenis penyakit. Buah langsat juga bisa digunakan sebagai buah untuk mencegah serta mengobati jenis kanker kolon.

4. Obat untuk menyembuhkan penyakit malaria
Buah langsat bisa pula digunakan sebagai salah satu obat yang berguna dalam menyembuhkan sakit malaria. Telah dilakukan penelitian, terutama pada kulit dari pohon langsat, yang menyatakan jika tanaman buah yang satu ini bagus dalam mengobati gejala penyakit malaria akibat gigitan nyamuk ini.

5. Sumber karbohidrat
Meski terasa asam saat dikonsumsi, namun penelitian menyebutkan jika buah yang satu ini juga merupakan sumber karbohidrat. Inilah kenapa buah langsat bisa digunakan untuk menggantikan camilan Anda yang kurang sehat.

6. Mengobati penyakit cacingan 
Penyakit cacingan merupakan jenis penyakit yang tidak boleh disepelekan. Untuk pengobatannya sendiri, Anda bisa menggunakan buah langsat sebagai solusi sehatnya.
Baca juga: Kandungan, Manfaat Buah & Daun Kersen ( Ceri ) Buat Kesehatan
Selain dapat digunakan sebagai pengobatan, biji dari buah langsat dapat digunakan pula sebagai pengusir nyamuk. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika buah yang satu ini mengandung zat yang tidak disukai oleh nyamuk. Nah, banyak bukan manfaat dari buah langsat ini?
Advertisement
Manfaat Buah Langsat, Ciri-Ciri dan Kandungannya