Manfaat Salak Pondoh Bagi Kesehatan

Apa Manfaat Salak Pondoh Untuk Kesehatan tubuh Kita? - Buah salak pondoh, si hitam manis dengan banyak penggemar. Apakah Anda setuju? Pastinya, sebab, siapa yang tidak tergiur dari rasa unik dan manis buah salak ini. Terlebih salak pondoh, yang merupakan salah satu jenis salak yang terkenal memiliki rasa yang manis dengan teksturnya yang tidak begitu keras.

Selain daging pada buah salak, sekarang ini biji salak juga bisa dibikin kopi yang katanya baik sekali untuk kesehatan, sedangkan kulit salak juga bisa dibikin teh yang baik juga untuk kesehatan walaupun ke 2 bagian salak ini belum diteliti secara medis.

Bagaimana Ciri-Ciri Salak Pondoh?

Sebelum mengetahui ciri-ciri dari buah salak pondoh berikut akan dibahas secara singkat keberadaan tumbuhnya. Salak pondoh tumbuh di sekitar daratan rendah sampai daratan pada ketinggian 800 m dan wajib terpapar sinar matahari. Salak ini dapat berkembang melalui biji dan sistem pertunasan yang hidup disekitar tanaman induk.


Buah salak pondoh ini memiliki banyak penggemar karena rasanya. Rasa daging buah yang manis dan tebal dan teksturnya empuk. Kulit salak pondoh memiliki beberapa warna, misalnya agak kuning, agak kehitaman, hijau, merah-kuning, merah hitam, manggala, gading, dan agak kemerahan.

Bagian ujung salak pondoh ini bergerigi dengan adanya duri yang menyelimuti kulitnya. Salak pondoh memiliki bentuk oval, bulat, dan segitiga. Ukuran buah meruncing dengan diameter 3-5 cm. Nah bagaimana, sekarang sudah tahukan ciri fisik dari salak pondoh ini. Dan untuk selanjutnya, mari kita ulas tentang kadungan gizi dari buah salak pondoh ini.


Kandungan Gizi Salak Pondoh

Menurut dr. Mien mahmud yang mengadakan penelitian pada 1964 menyatakan kandungan gizi per 100 gram dari salak pondoh adalah;

Komposisi
Kandungan
Komposisi
Kandungan
Air (gr)
77.9
Kalori (kkal)
87
Karbohidrat (gr)
20.1
Protein (gr)
0.8
Lemak (gr)
0.4
Abu (gr)
0.8
Kalsium (gr)
38
Fosfor (gr)
31
Zat besi (gr)
3.98
Karoten total (gr)
40
Vitamin c (gr)
8.4
Niasin (gr)
0.1
Riboflavin (gr)
0.12
Tiamin (gr)
0

Manfaat Salak Pondoh Bagi Kesehatan

Di atas telah di bahas jika salak pondoh memiliki kandungan gizi yang lengkap, makanya tidak heran jika buah salak ini bermanfaat buat kesehatan manusia. Nah berikut informasi selengkapnya.

1. Mencerdaskan otak
Kandungan gizi yang diketahui terdapat dalam buah salak adalah adanya kandungan pektin dan potassium. Dua zat tersebut mampu meningkatkan fungsi kerja otak. Oleh karena itu, anak-anak disarankan untuk mengkonsumsi salak.

2. Menjaga kesehatan mata
Kandungan karoten sangat besar hingga 5 kali kandungan karoten semangka dan 5.5 kali kandungan karoten mangga. Karoten ini memiliki khasiat yang baik untuk mencaga kesehatan mata, apalagi jika dikombinasikan dengan wortel yang diketahui juga memiliki kandungan karote yang juga sangat tinggi.

3. Mencegah sembelit
Kandungan serat juga dimiliki oleh salak pondoh. Serat akan membawa sisa makanan yang tertinggal disaluran pencernaan, akibatnya saluran pencernaan menjadi bersih dan sehat jika mengkonsumsi buah ini.

4. Cocok untuk diet
Salak juga sangat baik untuk Anda yang sedang diet. Hal ini karena adanya kandungan serat yang mana dampaknya bisa membuat perut lebih tahan lama merasa kenyang. Selain itu, kandungan air yang tinggi mampu memjaga agar tubuh kita lebih segar karena pada dasarnya tubuh membutuhkan banyak air. Kandungan energi yang tinggi namun rendah lemak juga menjadi pertimbangan lain digunakannya salak menjadi makanan pedamping diet.

5. Menurunkan kolesterol
Kandungan lemak yang rendah menjadikan buah salak aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol tinggi. Dan justru di sarankan, karena di yakini dapat menurunkan kadar kolestrol.

6. Anti diare
Kandungan tanin dalam salak pondoh dapat menghambat aktivitas calcium activated ci channel yang berfungsi untuk mengatur fisiologis sel dan termasuk kontraksi otot polos. Apabila kemampuan cacc terganggu maka motilitas pada usus menjadi terganggu sehingga akan terjadi diare.

7. Mengatasi batuk
Kandungan kalium dan pektin yang terdapat dalam buah salak pondoh memberikan manfaat untuk mengatasi keluhan batuk. Hal ini di karenakan dua zat tersebut mampu menjaga kondisi fisik dan berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh seseorang dari serangan penyakit, khusunya batuk.
Baca Juga: Seperti Apa Itu Buah Elai? Apa Manfaat Buah Elai Bagi Kesehatan
Nah, diatas telah kita ulas mengenai buah salak pondoh. Mulai dari ciri-cirinya, kandungan gizinya, dan juga manfaatnya buat kesehatan manusia. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Manfaat Salak Pondoh Bagi Kesehatan