Mengenal Fungsi Ginjal Dan Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Apa Fungsi Ginjal Pada Tubuh Manusia? - Bagaimana Cara Kerja Ginjal - Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal - Ginjal yang berukuran sekepalan tangan ini berfungsi menyaring darah. Setiap hari ginjal mampu menyaring sekitar 200 liter darah dan menghasilkan sekitar 2 liter limbah dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Zat-zat yang berbahaya itu disaring oleh ginjal lalu dibuang melalui urin.

Jika ginjal kita mengalami gangguan maka zat-zat berbahaya itu tidak terbuang dan dapat meracuni sehingga kesehatan tubuh pun akan terganggu. Selain itu, dua ginjal yang kita miliki juga menghasilkan hormon yang bisa menyerap mineral penting dan berperan dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah, dan asam dalam tubuh.


Wow, betapa beratnya tugas ginjal. Oleh karena itu, ginjal pun bisa lelah hingga akhirnya benar-benar rusak dan tidak bisa mampu menjalankan tugasnya lagi. Hal itu karena kita sering tidak menyadari makanan yang kita konsumsi sehinga memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras hingga akhirnya ginjal berhenti bekerja alias gagal ginjal. Namun, sayangnya, saat kondisi kesehatan sudah memburuk baru diketahui seorang pasien menderita gagal ginjal.

Oleh karena itu, sebaiknya menjaga ginjal agar tetap sehat sebelum kita menyesal harus mengganti ginjal dengan mengganti ginjal yang baru atau dengan cangkok ginjal atau cuci darah seumur hidup dengan terapi hemodialisa (HD) atau continuous ambulatory peritoneal dialysis (CAPD).

Tips Merawat Ginjal Agar Tetap sehat

Kasus gagal ginjal di Indonesia sudah mencapai sekitar 100.000 pasien lebih dan setiap tahun diperkirakan ada sekitar 25.000 pasien baru yang mengidap gagal ginjal. Nah, agar kita tidak menjadi satu di antaranya, sebaiknya menjaga ginjal kita agar tetap sehat sebelum akhirnya menyesal. Caranya, antara lain rajin berolahraga. Dengan berolahraga dapat memperlancar proses pembentukan urin.

Kita juga perlu mejaga berat badan karena berat badan yang berlebihan sering berakibat pada masalah kesehatan. Lemak yang tertimbun di perut dan sekitarnya dapat mendesak ginjal sehingga ginjal sulit memproses urin. Untuk itu, perlu mengatur pola makan yang baik dengan mengkonsumsi makanan yang sehat yaitu dengan menghindari lemak jahat dan gula secara berlebihan.

Sebaiknya membiasakan diri untuk rutin mengkonsumsi buah dan sayur karena mengandung serta yang tinggi dan memiliki kandungan vitamin, mineral, dan zat besi yang dibutuhkan untuk menjaga ginjal dan organ tubuh lainnya agar tetap sehat. Jangan lupa, hindari pengawet dan waspadai
pewarna pada makanan.

Makanan yang perlu dihindari lainnya adalah makanan yang terlalu asin. Alasannya, makanan yang asin mengakibatkan ginjal tidak bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya makanlah dengan rasa asin yang wajar saja atau tidak berlebihan agar ginjal tidak lelah bekerja. Mengontrol tekanan darah secara rutin juga penting lho.

Karena tekanan darah sangat mempengaruhi kondisi ginjal. Tekanan darah yang terlalu tinggi akan membuat kita berisiko memiliki penyakit ginjal. Oleh karena itu, tekanan darah harus tetap terkontrol. Caranya, dengan menghindari rasa asin berlebihan. Selain itu, salah satu tips mengontrol tekanan darah dengan cara berfikir positif tidak emosional, dan bersikap tenang dalam menghadapi berbagai masalah.
Bersambung: Sayangi Ginjalmu Sebelum Menyesal - Tips Menjaga Kesehatan Ginjal
Masih ada tips lainya untuk menjaga ginjal kita agar tetap sehat, silahkan klik link judul diatas untuk membaca pada halaman berikutnya, halaman ini terlalu kecil jika memuat artikel yang berjumlah 1000 kata, jangan kemana mana tetap bersama kami...

Reverensi: Media Internal Resmi BPJS Kesehatan Edisi XXVII Bulan Oktober 2015
Advertisement
Mengenal Fungsi Ginjal Dan Tips Menjaga Kesehatan Ginjal