Nih...!!! Khasiat Dan Manfaat Buah Cermai

Manfaat Buah Cermai Untuk kesehatan - Buah cermai yang juga memiliki nama latin phyllanthus acidus ini, masih berkerabat dengan pohon malaka serta meniran. Buah yang memiliki ciri khas rasa asam ini, diperkirakan berasal dari Madagaskar yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah tropis seperti Asia Tenggara, Hawaii, Kepulauan Maurirtius serta beberapa pulau yang terdapat di samudra pasifik.

Ciri-ciri buah cermai

Buah cermai memiliki ukuran pohon yang tergolong kecil namun cukup tinggi. Pohon cermai tumbuh dengan cabang yang rendah dan renggang serta daun tunggal dengan ujung yang runcing. Buah cermai memliki daging yang berwarna keputihan dengan rasa masam dan berair. Pada bagian inti buah, terdapat biji sebanyak empat hingga enam butir di dalamnya.

Kandungan buah cermai

Buah cermai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak zat sehat seperti yang tercantum di bawah ini.
a. Energi
b. Karbohidrat
c. Vitamin C
d. Riboflavin
e. Thiamin
f. Zat besi
g. Protein
h. Karbohidrat
i. Serat kasar
j. Kalsium
k. Fosfot

Bukan hanya buahnya, namun daun dari pohon cermai juga memiliki banyak kandungan sehat seperti lemak, serat, protein, polifenol, karbohidrat, air, tanin, dan lain sebagainya.
Manfaat buah cermai bagi kesehatan

Meski memiliki rasa yang asam, namun buah cermai memiliki banyak khasiat jika dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang pas. Beberapa manfaat buah cermai bagi kesehatan, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Melindungi sel dalam tubuh
Salah satu manfaat buah cermai adalah untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu kesehatan. Hal ini dikeranakan, buah cermai mengandung zat sehat berupa polifenol, vitamin C hingga tanin di dalamnya. Zat- zat tersebut juga berperan dalam melindungi sel dalam tubuh agar tetap sehat.

2. Melindungi tubuh dari diabetes
Manfaat lain dari buah yang satu ini adalah perannya dalam melindungi tubuh dari sifat oksidatif yang ditemukan dalam gula. Selain itu, buah cermai juga berperan dalam mencegah terjadinya resistensi urine.

Hebatnya lagi, buah yang satu ini juga mampu membantu terjadinya penyerapan urine yang dapat memicu terjadinya penurunan gula darah pada penderita diabetes.

3. Membantu mencegah terjadinya penyakit jantung
Buah cermai memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga mampu melindungi Anda dari gangguan serangan jantung. Hal ini tidak lepas dari peran cermai dalam mempertahankan kadar kolesterol dalam darah serta menghambat terjadinya oksidasi dalam tubuh.

Buah cermai juga bisa digunakan dalam mencegah terjadinya penumpukan plak di arteri dengan kandungan antioksidannya.

4. Menyehatkan kulit
Bagi Anda yang ingin senantiasa memiliki kulit sehat dan cantik alami, maka mengonsumsi buah cermai sebaiknya tidak dilewatkan. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin yang berperan dalam memproduksi kolagen dalam tubuh.

Saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, kandungan cermai mampu memperlambat terjadinya degadrasi kolagen sehingga mampu menghambat terjadinya proses penuaan.

5. Sebagai anti kanker
Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit mematikan dengan korban jiwa yang cukup tinggi. Buah cermai sendiri memiliki kandungan antioksidan yang kuat sehingga mampu melawan efek berbahaya dari bahan kimia dengan sifat karsinogenik didalamnya.

Mengonsumsi buah cermai secara cukup mampu menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, namun buah yang satu ini juga bisa digunakan dalam mengurangi efek berbahaya dari radiasi serta kemoterapi yang dilakukan untuk mengobati penyakit yang satu ini.

6. Menyehatkan perut
Buah cermai dapat digunakan sebagai salah satu buah yang berperan dalam mengobati sakit perut. Hal ini dikarenakan, buah cermai mengandung serat, air serta polifenol di dalamnya.

Mengonsumsi jus buah cermai di kala perut kosong juga dapat membantu Anda dalam mengobati sakit perut akibat tingginya asam lambung.

7. Kesehatan seksual
Bagi para pria, mengonsumsi jus cermai sekali dalam sehari, dapat membantu meningkatkan kesehatan seksual. Tidak hanya itu, namun buah cermai juga membantu dalam meningkatkan kualitas serta produksi sperma bagi penderita oligospermia.

8. Melindungi kesehatan hati
Manfaat buah cermai yang lain adalah untuk melindungi kesehatan hati akibat pengaruh bahan kimia ataupun alkohol.
Baca Juga: Manfaat & Khasiat Buah Blewah Untuk Kesehatan
Ada banyak sekali manfaat buah cermai yang bisa didapatkan. Dalam hal ini Anda disarankan mengonsumsi buah cermai dalam takaran pas agar manfaatnya bisa lebih maksimal.

Referensi:
http://pengertian-buah-manfaat.blogspot.co.id/2014/03/buah-cermai.html
https://www.merdeka.com/sehat/8-khasiat-buah-cermai-yang-mengejutkan.html
http://zyeta.blogspot.co.id/2013/08/khasiat-kandungan-dan-manfaat-buah.html
Advertisement
Nih...!!! Khasiat Dan Manfaat Buah Cermai