Nih...!!! Manfaat buah coklat untuk kesehatan

Apa Manfaat Buah Coklat Untuk Kesehatan? - Siapa yang tidak mengenal buah coklat. Buah ini begitu populer di semua kalangan, terlebih di kalangan anak-anak kecil. Berbagai olahan yang menggunakan bahan dasar buah ini selalu diminati. Karena rasanya yang nikmat dan bikin ketagihan.

Ciri – Ciri Buah Coklat

Tanaman ini memiliki buah dengan warna kuning, dan coklat (apabila sudah matang), dengan bentuk lonjong. Dan di dalam buahnya terdapat biji yang diselimuti aril dengan warna putih. Rasa dari buah ini manis, dengan sedikit asam dan pahit.

 

Kandungan Buah Coklat

Buah ini memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Berikut kandungan dari buah coklat
  • Vitamin a, b1, b2, c, d, serta e
  • Mengandung zat besi
  • Memiliki kandungan antioksidan, yaitu flavonoid yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas 
  • Buah ini mengandung methyl-xanthine yang bemanfaat memperbaiki mood dan dapat memberikan efek tenang dan nyaman bagi orang yang mengkonsumsi coklat. 
Dengan kandungan gizi tersebut, sudah pasti buah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Manfaat Buah Coklat


1. Untuk kolesterol tinggi
Buah coklat dapat di manfaatkan untuk mengatasi kolesterol, karena kandungan flavonoid yang terdapat dalam coklat, memiliki kemampuan antioksidan yang dapat bermanfaat menurunkan kolesterol buruk.

2. Untuk tekanan darah tinggi
Buah coklat juga berkhasiat dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Hal ini karena flavanols yang terkandung pada buah ini, dapat menurunkan tekanan darah. Sehingga buah ini aman apabila dikonsumsi setiap hari.

3. Untuk diabetes
Dengan mengkonsumsi buah coklat secara rutin dan dalam porsi yang wajar, maka Anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

4. Untuk mencegah kanker
Meskipun buah cokelat tidak dapat menyembuhkan penyakit kanker, tetapi buah ini memiliki manfaat dapat mencegah dan mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor/ kanker.

5. Untuk menurunkan berat badan
Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi coklat hitam dapat memberikan rasa lebih kenyang. Sehingga hal ini cukup efektif bagi orang yang sedang program menurunkan berat badan.

6. Untuk mengatasi diare
Kandungan flavonoid pada buah coklat apabila dikonsumsi oleh tubuh, dapat mengikat protein yang mengatur sekresi cairan di dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan penyakit diare.

7. Untuk memperbaiki mood yang rusak
Dalam buah coklat terdapat kandungan kafein, theobromine, methyl – xanthine dan phenylethylalanine. Dan semua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk tubuh kita, terutama dalam hal memperbaiki kondisi pikiran serta memiliki sifat menenangkan

Yang tentunya hal tersebut dapat memperbaiki mood seseorang. Kondisi mood yang buruk dapat teratasi dengan mengkonsumsi produk olahan buah coklat ini, terutama olahan dengan kandungan coklat murni yang tinggi.

8. Untuk mencegah penuaan dini
Penuaan dini termasuk momok yang menyeramkan buat kebanyakan orang. Khususnya kaum wanita. Biasanya mereka akan melakukan berbagai cara untuk mencegah datangnya penuaan tersebut. Bahkan tak sedikit yang rela merogoh kocek amat dalam guna melakukan operasi plastik.

Kabar gembiranya, sebenarnya Anda tak perlu melakukan hal tersebut. Karena coklat bisa menjadi solusi dalam mencegah serta penuaan dini. Cukup rutin mengkonsumsi buah coklat setiap hari, dan Anda pun akan bisa tampil awet muda. Hal ini karena coklat memberi efek anti aging pada kulit kita.
Baca Juga: Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan
Nah banyak sekali kan manfaat dari coklat ini. Ternyata coklat bukan saja merupakan olahan yang sangat nikmat di santap, melainkan juga memiliki sejuta manfaat.
Advertisement
Nih...!!! Manfaat buah coklat untuk kesehatan