Nih...!!! Manfaat Tanaman Dewandaru

Apa Saja Manfaat Tanaman Buah Dan Daun Dewandaru? - Seperti Apa Itu Buah Dewandaru - Taman dewandaru yang memiliki nama latin eugenia uniflora l atau biasa dikenal dengan nama ciremai londo, asem selong, belimbing londo, atau cereme asam oleh kebanyakan orang, memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tanaman dewandaru tersebar dan tumbuh dengan subur diseluruh plosok sumatera dan pulau jawa pada ketinggian 1800 mdpl.


Ciri-ciri fisik tanaman dewandaru

1.    Batang
Batang dari tanaman dewandaru ini memiliki ciri-ciri yang hampir menyerupai sebagian pohon yang tumbuh di indonesia. Ciri fisik dari tanaman dewandaru yakni merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang memiliki tinggi pohon maksimal 5 m. Batang dari tanaman ini berkayu dan tumbuh tegak. Seperti pada pohon pada umumnya, pohon dewandaru berbentuk bulat.

2.    Daun
Ciri daun dari tanaman ini yakni, memiliki daun berwarna hijau dan berdaun tunggal. Daun berbentuk lonjong dengan bentuk ujung daun runcing dan pangkal daun meruncing pula. Tepi daun rata, bentuk tulang daun menyirip dengan panjang 5 cm dan lebar 4 cm.

3.    Bunga
Dewandaru juga memiliki bunga, bunganya termasuk bunga tunggal. Bunga ini memiliki kelamin dua dengan dan daun pelindung berwarna hijau.

4.    Buah
Buah dari tanaman dewandaru berbentuk bulat dengan diameter 1.5 cm dan berwarna merah jika sudah matang. Biji dalam buah berwarna coklat dan bertekstur keras.

Kandungan tanaman dewandaru

Menurut hasil penelitian eibond 2004 tanaman ini mengandung saponin, vitami c, tannin, senyawa atsiri, senyawa flavonoid dan senyawa antosianin.

Selain itu, berdasarkan khotimah 2004 tanaman dewandaru memiliki aktivitas antibakteri, antioksidan, mampu menangkal radikal bebas, penghambat oksidasi dan hidrolisis enzim, dan anti inflamasi. Serta berdasar penelitian ini kandungan flavonoid sangat banyak ditemuka pada bagian daun dewandaru terutama daun muda.

Manfaat dewandaru

1.     Daun dewandaru sebagai penyembuh mencret

Menurut hutapea 2004 dengan menggunakan 15 gr daun dewandaru yang kemudian dicuci dan ditumbuk halus serta diseduh dengan setengah gelas air dapat menyembuhkan mencret.

2.     Antira dikal dan anti kanker

Senyawa fenolik yang yang dikandung berperan aktif dalam menangkal radikal bebas. Kandungan fenolik yag dimilki oleh dewandaru sebesar 8.87µg/ml. Selain mengandung fenolik, buah dari dewandaru mengandung karotenoid yang juga merupakan antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya kanker. Sehingga dengan konsumsi daun dewandaru sama dengan menghambat kanker.

3. Anti hipertensi, deuretik, antipiretik, antiinfluenza, dan obat untuk gangguan pencernaan

Daun dari dewandaru yang memiliki kandungan kimia saponin, dan tanin digunakan sebagai antihipertensi yang dapat menginduksi kelenjar adrenal untuk menurunkan tekanan darah.

4.     Anti bakteri

Biji buah dewandaru mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kuman. Kuman yang ada didalm tubuh mampu dihambat pertumbuhannya. Dan salah satu kuman yang perkembangannya dihambat adalah kuman penyebab diare.

5.     Flavonoid

Kandungan senyawa flavonoid dalam daun dapat membunuh kuman yang dalam pernafasan. Mekanisme kerjanya yakni flavonoid berfungsi sebagai inhibitor pernafasan akan masuk ke dalam tubuh kuman. Flavonoid yang berhasil masuk kemudian akan merusak kuman hingga akhirnya kuman akan mati.
Selain itu kandungan flavonoid dapat digunakan untuk mengobati gangguan fungsi hati. Flavonoid berperan menampung radikal hidroksi dan superoksida sehingga membran lipid  akan terlindung dari reaksi yang terjadi.

6.     Menghambat peningkatan kadar trigliserida dan glukosa plasma

Trigliserida termasuk salah satu jenis lemak yang mengalir didalam darah. Dan jika produksi trigliserida didalam darah terlalu besar maka akan menyebabkan angin duduk, serangan jantung, dan stroke.

7.     Aksesoris

Tidak hanya daun, buah, dan biji tanaman dewandaru yang kaya akan manfaat amun batang kayu juga memiliki manfaat tersendiri. Misalnya kayu dapat dimanfaatkan untuk tasbih, cincin, dan kalung.
Baca Juga: Tips Memerahkan Bibir Dangan Bahan Alami Melalui 3 Cara Ini...
Nah itu dia berbagai Apa Saja Manfaat Tanaman Buah Dan Daun Dewandaru? - Seperti Apa Itu Buah Dewandaru, Tanaman dewandaru ini memang masih jarang yang mengetahui manfaatnya, nah karena anda sudah mengetahui yuk tanam didepan rumah dan dapatkan khasiat dari dewandaru ini
Advertisement
Nih...!!! Manfaat Tanaman Dewandaru