Sayangi Ginjalmu Sebelum Menyesal - Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga & Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat - Pada halaman sebelumnya aku harap anda sudah membaca fungsi  dan cara kerjanya ginjal, jika belum silhakan klik link ini. Nah pada halaman ini akan kami bagikan bagaimana caranya menjaga dan merawat ginjal kita agar tetap sehat, Setiap organ tubuh mempunyai fungsi yang berbeda tetapi saling terkait satu dengan lainnya.

Salah satu organ tubuh yang penting adalah ginjal. Letaknya tepat di bawah tulang rusuk di sebelah kiri dan kanan tulang belakang atau di sekitar pinggang. Maka, ginjal juga sering disebut sebagai buah pinggang.
Sebagaimana kita ketahui, tugas ginjal sangat berat, ia menyaring darah yang mengalir pada tubuh kita yang tentunya menghasilkan limbah yang berbahaya lalu dibuang melalui urine. Masalah yang tibul jika ginjal kita mengalami gangguan kesehatan, sehingga racun dalam tubuh kita tidak dapat dibuang, oleh sebab itu pentingnya menjaga ginjal agar tetap sehat...

Rajin berolah raga, makan buah dan sayur secara rutin, mengontrol lemak pada tubuh, menjaga kestabilan aliran darah dan hindari makan makan yang terlalu asin sangat penting untuk kita lakukan selain itu Menjaga kadar gula dalam darah juga sangat penting karena sangat mempengaruhi kondisi ginjal.

Kadar gula yang tinggi dapat merusak ginjal dan organ lainnya seperti jantung. Oleh karena itu, sebaiknya mengatur konsumsi gula dan bagi penderita diabetes harus super hati-hati menjaga kadar gula agar tetap stabil agar tidak mempengaruhi fungsi ginjal.

Minum air putih juga sangat bagus karena dapat memperbaiki kinerja ginjal dan menjada ginjal tetap sehat. Air putih juga penting untuk memelihara organ tubuh lainnya seperti mata, jantung, hati, dan kulit. Minumlah minimal delapan gelas per hari atau sekitar dua liter air per hari, jika udara panas bisa ditambah lagi agar tidak terjadi dehidrasi.

Jika sudah saat buang air kecil, sebaiknya segera dikeluarkan atau jangan ditahan. Apabila sering menunda buang air kecil dapat menyebabkan stress di kandung kemih. Hal ini dapat berakibat gangguan kesehatan ginjal. Selain itu, agar ginjal tetap sehat hindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Kandungan nikotin pada rokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang dapat menimbulkan gangguan pada ginjal. Mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Jika harus mengkonsumsi obat antibiotik atau obat keras lainnya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat agar tahu efek samping dari obat tersebut.

Untuk memastikan ginjal Anda sehat, sebaiknya melakukan medical check-up atau pemeriksaan medis secara rutin, utamanya Anda yang sudah berusia 30 tahun ke atas. Berkonsultasilah dengan dokter keluarga, apalagi jika memiliki riwayat keluarga berpenyakit ginjal. Jadi, penyakit ginjal sebetulnya bisa dicegah.

Ada berbagai makanan juga bisa menjaga ginjal tetap bekerja dengan baik, antara lain bawang putih karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Bawang merah sering dikonsumsi untuk penawar racun.

Paprika merah, menurut sebuah situs, dapat membantu proses menghancurkan limbah yang masih tersisa dalam tubuh. Paprika merah juga dimanfaatkan untuk makanan diet oleh sejumlah perempuan yang berlebih berat badan.

Putih telur ternyata juga bisa mengoptimalkan fungsi ginjal. Jika tubuh kekurangan kadar protein fosfor fungsi ginjal akan menurun. Sedangkan kembang kol memiliki indole, glucosinolate, dan thiocyanate yang bisa menyingkirkan racun dalam tubuh.
Baca Juga: Cara Alami Mengobati Penyakit Maag Tanpa Efek Samping
Mengkonsumsi kecambah mentah juga dapat mencegah penyakit batu ginjal. Begitu juga dengan daun kol atau kubis, serta buah apel merupakan makanan yang disarankan untuk kesehatan ginjal.

Tidak ketinggalan, mengkonsumi ikan sangat dianjurkan karena ikan mengandung lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan ginjal karena bersifat anti inflamasi. Kandungan proteinnya dapat menjaga tubuh dan otak tetap sehat. Ikan yang baik untuk kesehatan ginjal antara lain, salmon, makarel, dan tuna.

Itulah tips merawat dan menjaga ginjal kita agar tetap sehat, tips diatas bukan hanya untuk ginjal saja namun organ tubuh yang lain juga akan berjalan stabil dan sehat...
Advertisement
Sayangi Ginjalmu Sebelum Menyesal - Tips Menjaga Kesehatan Ginjal