Tindakan Cerdas Dan Tepat Saat Hidung Bayi Tersumbat

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi? - Masalah hidung tersumbat mungkin biasa bagi orang dewasa, meski begitu masalah yang satu ini bisa dibilang cukup mengganggu. Jika kita saja terganggu, bagaimana dengan bayi yang baru beberapa bulan mengenal dunia dan masih dalam tahap belajar bernapas??

Ketika bayi mengalami hidung tersumbat, yang sering terjadi yakni rewel dan tidak bisa tidur karena kesulitan bernafas. Penanganan pada bayi tentu berbeda dengan penangananpada orang dewasa, untuk itu Anda harus ekstra hati-hati dan tahu betul penanganan yang tepat dan aman.


Tips Aman Atasi Hidung TersumbatPada Bayi 

1. Larutan Garam. 
Air garam ini dapat memperlancar sumbatan dihidung, mencairkan ingus, dan mengembalikan kelembapan alami pada selaput di bagian dalam hidung. Untuk takaran yang tepat, Anda juga bisa membeli NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) yang merupakan obat tetes yang mengandung larutan garam murni. Obat ini dijual bebas di apotek.

Teteskan cairan ini perlahan-lahan pada hidung bayi, jika ingus sudah mulai mengencer lakukan penyedotan ingus menggunakan nasal aspirator.

2. Penguapan Alami. 
Cara penguapan ini sebenarnya bisa Anda lakukan di rumah. Caranya cukup mudah, siapkan ember kecil berisi air panas lalu teteskan beberapa tetes minyak telon kemudian letakkan di sudut kamar bayi.

Akan lebih efektif jika Anda membantu mendekatkan wajah bayi ke ember tersebut, agar bayi bisa menghirup uapnya dan melegakan hidungnya yang tersumbat. Cara serupa yang lebih praktis adalah dengan membeli humidifier yang berfungsi untuk menjaga tingkat kelembaban udara.

3. Penyedot Ingus. 
Ini adalah cara kuno yang masihsering digunakanhingga kini. Bedanya, pada jamandahulu nenek moyang kita menyedot ingus secara manual dengan mulut mereka.

Tapi sekarang Anda tidak perlu repot menyedot ingus sikecil dengan mulut Anda, karena Anda bisa menggunakan alat penyedot ingus yang disebut nasal aspirator yang memang di ciptakan khusus bayi.

Alat ini juga dijual bebas di apotek. Berbentuk botol karet kecil yang memiliki ujung plastik berfungsi sebagai penyedot. Oya, jangan memasukkan alat ini terlalu dalam karena bisa mengakibatkan iritasi.

4. Buat Bayi Hangat.
Memberikan rasa hangat pada bayi saat hidung tersumbat akan baik untuk melegakan pernapasan serta memberikan rasa nyaman. Baluri tubuh bayi dengan minyak kayu putih atau minyak telon, aroma nya akan melegakan hidung tersumbat dan hangatnya menenangkan bayi.

5. Pijat Hidung Bayi. 
Berikan pijatan lembut dengan sedikit tekanan yang ringan di sekitar daerah T yakni atas hidung diantara alis.Olesan sedikit minyak telon akan membuat hidung bayi yang tersumbat menjadi lega.

6. Posisi Tidur.
Atur posisi tidur bayi miring ke arah berlawanan dengan arah hidung yang tersumbat. Jadi jika hidung yang sebelah kiri yang tersumbat, maka Anda bisa memiringkan bayi ke sisi kanan, begitu pun sebaliknya. Posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh dengan menggunakan bantal.

7. Obat Alami.
Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi di bawah 1 tahun, karena bayi sebaiknya tidak terlalu sering minum obat yang mengandung bahan kimia.
Caranya:
Gunakan kencur, diparut  lalu di ambil sarinya untuk di minumkan pada bayi dengan dosis,  1 sendok teh pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

Sebenarnya bayi yang sering sakit seperti pilek, demam, batuk, radang, dan sebagainya, merupakan suatu proses dalam membangun system antibody pada tubuh bayi. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir.  Memang obat dokter  yang mengandung antibiotik lebih cepat menyembuhkan si kecil, akan tetapi kasihan organ dalamnya seperti ginjal yang akhirnya bekerja keras memproses obat kimia tersebut.
Baca Juga: Manfaat Imunisasi Dasar yang Wajib di Terima Bayi Beserta Informasi Tahapan Pemberiannya
Usahakan tidak terlalu sering memberikan obat pada anak, apabila anak Anda sakit berikan minuman hangat dan makanan bergizi, rawatlah si kecil sepenuh hati jaga agar istirahatnya cukup. Dengan begitu sakit si kecil bisa sembuh tanpa antibiotik.
Advertisement
Tindakan Cerdas Dan Tepat Saat Hidung Bayi Tersumbat