Tips Sehat Buat Ibu Hamil yang Terkena Diabetes

Tips Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Khusus Terkena Diabetes - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Penderita penyakit ini akan  mengalami gangguan regulasi/ pengaturan glukosa (kadar gula dalam darah) di dalam tubuh. Penyakit ini mempunyai 2 jenis atau tipe, yaitu tipe satu dan dua.

Diabetes tipe satu terjadi murni karena rusaknya sel-sel beta pankreas yang menghasilkan hormon insulin sehingga hormon insulin yang dihasilkan tidak maksimal. Sementara itu, diabetes tipe dua terjadi karena gangguan kerja insulin.

Dalam diabetes tipe dua, sebenarnya hormon insulin yang dihasilkan sudah mencukupi, namun kerjanya menjadi tidak maksimal dikarenakan banyak hal misalnya gaya hidup yang salah dan pola makan yang tidak sehat.


Penyakit diabetes ini, bisa menyerang siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang tua, tak terkecuali termasuk ibu hamil. Pada ibu hamil biasanya diabetes yang menyerang tersebut dikenal dengan diabetes gestasional.

Gejala Diabetes pada Ibu Hamil

Beberapa gejala yang di rasakan wanita hamil yang terindikasi diabetes diantaranya adalah, sakit punggung, lelah, dan mual yang berlebihan. Jika Anda telah divonis memiliki diabetes ketika hamil, Anda perlu waspada karena buah hati yang dikandung sangat berisiko terkena penyakit ini juga. Jika hal itu terjadi, berikut ini adalah beberapa tips terbaik yang bisa Anda lakukan.

Solusi Terbaik Mengobati Diabetes Ibu Hamil

1. Pengurangan Asupan Gula
Kadar glukosa yang meningkat dapat disebabkan oleh kadar glukosa yang berlebihan. Jika terlalu banyak makan makanan yang manis atau mengandung banyak gula, kadar glukosa dalam darah akan meningkat. Buat ibu hamil yang terindikasi terkena penyakit ini, sebaiknya Anda mengurangi asupan gula agar kadar glukosa terkontrol dengan baik.

2. Asupan Karbohidrat
Organ pankreas pada penderita diabetes gestasional (diabetes pada ibu hamil) ini tidak dapat mencerna karbohidrat menjadi energi dengan baik. Karena itu, jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda kurangi konsumsi makanan berkabohidrat tinggi, misalnya nasi.

3. Konsumsilah Protein
Peningkatan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan berprotein yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan protein dapat mengikat kadar glukosa dengan baik. Sebaiknya Anda menambahkan konsumsi makanan berprotein seperti kacang-kacangan atau polong-polongan sebanyak 15 – 30%.

4. Konsumsilah Makanan yang Mengandung Serat
Makanan berserat sangat dianjurkan pada penderita diabetes gestasional. Makanan berserat mampu menetralisir kadar glukosa dengan baik. Makanan dengan serat tinggi ini bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti pepaya, jeruk, dan sebagainya.

5. Sarapan Setiap Pagi
Sarapan teratur setiap pagi dapat membantu kadar gula berangsur-angsur menjadi normal. Tinggalkan kebiasaan tidak sarapan pagi. Ketika tidak sarapan pagi, kadar asam lambung bisa meningkat dan menyebabkan metabolisme terganggu. Pada penderita diabetes gestasional, hal ini dapat menyebakan metabolime gula dalam tubuh semakin parah.
Baca juga: Cara menyembuhkan Diabetes Militus dengan Petai Cina
Nah itu dia berbagai tips yang harus di lakukan ibu hamil yang positif terindikasi diabetes. Lakukan hal-hal di atas, agar Bumil maupun buah hati bisa sehat dan lahir dengan normal. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Tips Sehat Buat Ibu Hamil yang Terkena Diabetes