2017 Kandungan Dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan - Buah kiwi jarang kita jumpai di Indoenesia, karena memang buah kiwi ini bukan asli berasal dari Indonesia. Buah kiwi ini berasal dari datan china kemudian menyebar keseluryuh dunia yang dimulai dari New zealand sekitar tahun 1906, lalu negara eropa seperti Prancis, Italia, Spanyol, Rusia kemudian ke Amerika dan Afrika. Hingga sampai sekarang sudah menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Buah Kiwi tampilanya jika dilihat sekilas mirip sekali dengan melon, namun jika dilihat secara detail berbeda jauh dari kulit luarnya yang sedikit berbulu, kemudian bagian dalamnya juga juga berbeda. Daging buah kiwi berwarna hijau terang teksturnya lembut sehingga cocok sekali jika dibikin campuran es buah atau yang sekarang lagi trend sop buah.

Kandungan Buah Kiwi

Jika diteliti secara detail kandungan senyawa alami buah kiwi sangat banyak, terutama kandungan vitamin C-nya hingga 75.0 mg, untuk kandungan lain-nya adalah:
  • Vitamin A: 9 mcg.
  • Calcium: 26 mg.
  • Phosphorus, P: 40 mg.
  • Niacin: 0.500 mg.
  • Vitamin A: 175 iu.
  • Retinol: 0 mcg.
  • Sodium: 5 mg.
  • Thiamin: 0.020 mg.
  • Kolesterol: 0 mcg.
  • Riboflavin: 0.050 mg.
  • Protein: 0.99 gram.
  • Air: 83,05 gram.
  • Karbohidrat: 14.88 gram.
  • Kalori: 61 kcal.
  • Abu: 0.64 gram.
  • Lemak: 0.44 gram.
  • Magnesium: 30 mg.
  • Fiber: 3.4 gram.
  • Besi: 0.41 mg.
  • Potassium, K: 332 mg.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Selain kandungan yang sudah kami tuliskan diatas, buah kiwi juga mengandung actinidin, yaitu enzim alami yang dapat mengatasi sembelit. Asam askobin-nya melindungi tubuh dari demam dan nyeri persendian. Untuk manfaat lain-nya bisa anda baca di bawah ini;

1. Buah Kiwi Dapat Masalah pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, Kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengonsumsinya secara teratur buah kiwi ini

Menurut beberapa ahli gizi, buah kiwi mengandung serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Tidak hanya mampu mengatasi sembelit dan diare saja, namun jika dikonsumsi secara rutin sistem pencernaan Anda jauh lebih sehat dan lancar.

2. Buah Kiwi Sangat Bermanfaat bagi wanita hamil

Buah Kiwi kaya dengan asam folat yang baik untuk ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang. Buah Kiwi juga dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi pada wanita yang bisa berdampak pada terganggunya produktivitas, perkembangan dan fungsi kognitif, resiko kehamilan dan sistem kekebalan tubuh.

Disamping itu buah kiwi juga Mengoptimalkan pertumbuhan janin, karena Menurut sebuah studi penelitian tahun 2009, asam amino dalam buah kiwi mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat bayi. Sedangkan kandungan kalsiumnya cukup baik bagi pertumbuhan tulang dan giginya.

Buah Kiwi juga engoptimalkan keluarnya ASI, silahkan mengonsumsi buah kiwi secara rutin. Dengan kandungan laktasif, asam folat, dan berbagai mineral alaminya, buah kiwi sangat baik untuk memacu keluarnya air susu tersebut.


3. Buah Kiwi Baik Untuk Kesehatan jantung

Kandungan potasium yang dimilikinya hampir sama dengan yang terkandung pada pisang. Buah Kiwi merupakan sumber potasium rendah garam yang berpotensi memberi manfaat dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.


4. Buah Kiwi Dapat Mengurangi Resiko Alzheimer

Buah Kiwi diyakini dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer sampai 50%.


5. Manfaat Buah Kiwi Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Buah Kiwi mengandung kalium yang dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek sistem saraf. Kalium juga berperan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

Menurut para ahli, buah kiwi mentah mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi. dipercaya kandungan kalium tersebut mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan berjalan dengan lancar.

6. Buah Kiwi Dapat Menangkal radikal bebas

Kiwi sangat kaya kandungan antioksidan. Kandungan polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya, tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

Banyak penyakit yang ditimbulkan oleh radikal bebas yang langsung kita rasakan gejalanya Mulai dari penyakit pilek, batuk, flu, demam, dan masih banyak lagi. Buah ini dikatakan mengandung vitamin C yang baik untuk memelihara sistem imun atau kekebalan tubuh.


7. Buah Kiwi Bik Untuk Kesehatan mata

Kiwi mengandung lutein dan beta karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

8. Buah Kiwi Baik Untuk Diet

Menurut berbagai penelitian, buah kiwi mengandung serat tinggi dan glikemik indeks yang rendah. Kandungan serat akan membantu tubuh mengikat lemak berlebih, sedangkan glikemik yang rendah akan mencegah pembentukan lemak.

9. Buah Kiwi Dapat Mencegah Degenarasi Kulit

Sinar matahari disinyalir sebagai penyebab utama degenerasi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan beberapa orang yang mengalami kanker kulit setelah berjemur di siang hari. Untuk mencegah efek buruk sinar matahari, Anda dapat mengonsumsi buah kiwi secara rutin. sebab buah ini mengandung vitamin C dan E yang bersifat antiosksidan.

10. Buah Kiwi Dapat menghaliskan & Mengencangkan Kulit Muka

Anti oksidan pada buah kiwi ternyata juga bisa untuk mencegah penuaan dini pada kulit muka yag tampak keriput dan berkerut. Anda bisa gunakan sebagai masker selama kuramng lebih 30 menit yang sebelumnya dilembutkan kemudian dicampur perasan buah lemon

Selain barbagai manfaat yang telah saya sebutkan diatas sebenarnya masih banyak lagi antara lain; dapat membuang racun dalam tubuh, mampu mengatur keseimbangan alkali asam basa dalam tubuh, dipercaya sangatlah baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah (diabetes).

Yang pasti tidak ada keraguan akan manfaat buah kiwi ini, setelah mengetahui manfaat buah kiwi ini diharapkan mulai sekarang perbanyaklah makan buah terutama buah kiwi.

Reverensi:
https://www.deherba.com/mengenal-buah-kiwi-dan-khasiatnya.html
http://www.cantikitu.com/2015/07/17-manfaat-buah-kiwi-luar-biasa-bagi_25.html
Advertisement
2017 Kandungan Dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan