2017 Manfaat Tapak Dara Dan Cara Meramu Menjadi Obat

Manfaat Daun, Bunga, Akar Tapak Dara Bagi Kesehatan - Cerita dulu ah.., Pada suatu ketika saya duduk di sebuah kursi terminal kota Sragen, disamping saya ada bapak bapak dan ibu" yang sedang ngobrol walaupun pertemuan itu hanya seasaat namun terlihat akrap, bercerita bahwa saudaranya ada yang sakit kanker sekaligus diabetes, sungguh kasihan sepanjang hidupnya menahan rasa sakit dan badan yang tidak menentu.

Kemudian si bapak itu juga bercerita dan kasih tau bahwa tetangganya juga ada yang sakit yang sama tapi bedanya cara hidupnya bisa biasa saja tidak menunjukan orang yang sakit kanker dan diabetes, setelah ditanya apa rahasianya bisa bertahan hidup? sedangkan kebanyakan penjakit yang semacam itu berujung kematian, rahasianya ternyata adalah selalu mengkonsumsi laruatan daun Tapak Dara. Coba saja ibu, saudaranya suruh minum air larutan daun tapak dara...


Lalu setelah mendengar percakapan itu saya sendri bertanya tanya seperti apa sih daun tapak dara itu? setelah searcing di internet, ow alah... ternyata itu to daun tapak dara, padahal tumbuhan itu ada di depan rumah tetangga sendiri dan hampir tiap hari melihat, menjambak bunganya. Ada 2 jenis yang saya tahu yaitu yang berbunga merah muda dan putih, lalu apa saja kandungan senyawa kimai dari daun tapak dara ini? silahkan simak dibawah ini sudah saya kumpulkan data langkapnya..

Tentang Tumbuhan Tapak Dara

Tapak dara merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan umumnya ditanam sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di daratan rendah hingga daratan dengan ketinggian hingga 800 meter di atas permukaan air laut. Tumbuhan tapak dara dapat dikenali dari bunganya yang muncul dari ketiak daun.

Warna bunga tumbuhan ini ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah muda. Tumbuhan tapak dara dikenal dengan berbagai nama. Berbagai nama tapak dara menurut, yaitu: Indonesia: Tapak dara, rutu-rutu, kembang serdadu, Inggris: Madagascar periwinkle, rose periwinkle, Melayu: Rumput jalang, Keminting cina, Vietnam: Hoa hai dang, Filipina: Tsitsirika, Cina : Chang chun hua, Kembang Sari Cina (Jawa); Kembang Tembaga Beureum (Sunda);( Sumber: Dalimartha, 1999; Plantamor, 2008).

Tapak dara (Catharantus roseus) banyak dipelihara sebagai tanaman hias, tanaman ini sering dibedakan menurut jenis bunganya, yaitu bunga warna putih dan merah. Tanaman ini merupakan tanaman semak tegak yang dapat mencapai ketinggian batang sampai 100 cm yang biasa tumbuh subur di pedesaan beriklim tropis.

Ciri-ciri tanaman ini yaitu memiliki batang yang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas dan bercabang. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tunggal. Bunganya menyerupai terompet dengan permukaan berbulu halus. Tanaman ini juga memiliki rumah biji yang berbentuk silindris menggantung pada batang. Penyebaran tanaman ini melalui biji ( Sumber: Ahira, 2011).

Tumbuhan tapak dara memiliki berbagai khasiat obat, diantaranya sebagai penenang (sedatif), menghentikan perdarahan (hemostatis), menetralkan panas dan racun. Jus tapak dara dilaporkan dapat menurunkan kadar glukosa darah normal alloxan kelinci diabetes ( Sumber: Nammi et al., 2003).


Kandungan Senyawa Bioaktif dalam Tapak Dara

Tapak dara mengandung berbagai zat kimia aktif. Hasil analisa fitokimia ekstrak daun tapak dara (Catharantus roseus) menunjukkan adanya kandungan tanin, triterpenoid, alkaloid, dan flavonoid. Alkaloid dan flavonoid merupakan senyawa aktif yang telah diteliti memiliki aktivasi hipoglikemik ( Sumber: Ivorra et al., 1989 ).

Flavonoid dapat menghambat kerja enzim α-glukosidase dalam luteolin ( Sumber: Kim dan Sura, 2000 ). Sementara tanin dapat berfungsi sebagai antimikroba untuk bakteri dan virus ( Sumber: Hara et al.,1993).

Alkaloid adalah kelompok besar senyawa organik alami dalam hampir semua jenis tumbuhan. Alkaloid memiliki berbagai efek farmakologi seperti antikanker, antiinflamasi dan antimikroba. Flavonoid adalah kelompok senyawa fenol yang terbesar ditemukan di alam.

Tanin adalah senyawa fenol yang terdapat luas dalam tumbuhan berpembuluh, dalam angiospermae terdapat khusus dalam jaringan kayu. Menurut batasannya, tanin dapat bereaksi dengan protein yang tidak larut dalam air ( Sumber: Harborne, 1987 ).

Tapak dara mengandung berbagai senyawa bioaktif, diantaranya 4 senyawa bioaktif yang telah banyak dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit. Berikut merupakan senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman tapak dara ( Sumber: Dalimartha, 2007 ) :

  • Vinblasine - ternyata bisa dimanfaatkan dalam pengobatan penyakit leukemia.
  • Vincristine - disamping dipakai dalam pengobatan leukemia, juga kanker payudara, dan tumor ganas.
  • Vindesine - dipakai dalam pengobatan leukemia pada anak-anak, dan penderita tumor pigmen.
  • Vinorelbine - seringkali digunakan sebagai bahan pengobatan untuk mencegah pembelahan kelenjar.

Cara Meramu Daun Tapak Dara menjadi obat

1. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati ginjal.
  • Anda dapat mengambil 15 lembar daun tapak dara dan 10 lembar daun keji beling. Cuci bahan bahan tersebut hingga bersih. Lalu campurkan 3 gelas air dan rebus hingga tersisa minimal separuh nya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari.
2. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Asma dan Bronkhitis
  • Lakukan perebusan 1 potong pangkal atau akar tapak dara dengan menggunakan 5 gelas air bersih. Kemudian diminum 2 kali dalam satu hari, yaitu pada pagi dan sore hari.
3 . Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Leukimia
  • Lakukan perebusan 20-25 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 1 liter air dan  adas pulawaras setelah itu disaring. Kemudian diminum 2  x dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.
4. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Radang Perut dan Disentri
  • Rebus 15 – 30 gram daun tapak dara kering dengan 3 gelas air sampai mendidih. Kemudian diminum pagi dan sore, dapat ditambah dengan gula kelapa.
5. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Kurang darah
  • Rendam 4 putik bunga tapak dara putih dengan 1 gelas air, biarkan semalam, ditaruh di luar rumah semalam. Kemudian diminum pagi hari dan lakukan secara teratur.
6. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Demam
  • Rebus 1 genggam (12 -20 gram) daun tapak dara, 3 potong batang dan akar tapak dara dengan 4 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1,5 gelas. Tambahkan gula kelapa, kemudian diminum pagi dan sore.
7. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Tangan gemetar
  • Seduh 4 – 7 lembar daun tapak dara dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Diminum seperti biasa.
8. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • a. Pengolahan Ramuan 1 - Lakukan perebusan 16 – 20 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, 10 gram bunga krisan dengan 2,5 gelas air bersih hingga mendidih kemudian disaring. Diminum lakukan setiap sore hari.
  • b. Pengolahan Ramuan 2 - Lakukan langkah berkut Seduh dengan 1 gelas air panas dan  7 lembar daun atau bunga tapak dara, diamkan terlebih dahulu beberapa saat dan kemudian disaring. Diminum pada saat menjelang tidur.
9. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Gondong, bengkak, bisul dan borok
  • Lakukan dan Tumbuk halus 1 genggam daun tapak dara. Selanjutnya tempelkan daun yang sudah di tumbuk pada bagian luka yang sakit.
10. Manfaat daun tapak dara untuk mengobati Luka baru
  • Lakukan dan Kunyah 2 – 5 lembar daun tapak dara sampai lembut . Kemudian tempelkan pada luka baru.
11. Manfaat Tapak dara untuk mengobati luka bakar.
  • Anda dapat menggambil 5 sampai 8 lembar daun tapak dara, cuci bersih daun tersebut, campurkan dengan  1 gengam beras, tumbuk hingga halus daun tersebut dengan beras, lalu beri sedikit air. Tempelkan ramuan tersebut di bagian tubuh anda yang terkena bakar. Jika ingin hasil yang maksimal lakukan dengan rutin sampai luka tersebut mengering.
12. Manfaat tapak dara untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh ( diabetes)
Anda dapat mengambil 10 lembar daun tapak dara dan satu gengam ceplukan segar (phisalis peruvianaql) kedua nya dicuci hingga bersih,campurkan 3 gelas air, lalu rebus daun dan buah tersebut hingga tersisah minimal separuh nya. Dan minum sebanyak 2 kali sehari.
  • Pengolahan Ramuan 1 - Lakukan perebusan 11 – 16 lembar daun tapak dara dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih sampai dan biarkan hingga tersisa 1 gelas saja. Diamkan terlebih dahulu sampai air sudah dingin kemudian minum air rebusan daun tersebut. lakukan berulang hingga terlihat hasilnya dan sampai sembuh.
  • Pengolahan Ramuan 2 - Lakukan perebusan 3 lembar daun tapak dara, 15 kuntum bunga tapak dara dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga mendidih sampai tersisa kira-kira 1,5 gelas. Diminum pada pagi dan sore hari setelah selesai makan.
  • Pengolahan Ramuan 3 - Lakukan perebusan 35 – 45 gram daun tapak dara yang sudah di keringkan, adas pulawaras dan dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih biarkan air hingga tersisa 1 gelas. Diamkan terlebih dahulu sampai dingin kemudian diminum, lakukan berulang sampai terasa peruhanya dan sampai sembuh.
13. Cara mengobati Kanker Payudara Dengan Daun Tapakdara
  • Sediakan 22 lembar daun tapak dara, kulit kayu pulasari dan buah adas. 
  • Rebus semua bahan bersama 3 gelas air sembari dibubuhi gula merah untuk menetralisir rasa pahitnya. 
  • Tunggu hingga air sisa setengah, angkat lalu saring minuman tersebut. 
  • Konsumsi secara rutin selama sebulan sebagai pengobatan.
Baca Juga: 2017 Manfaat Lengkap Buah Tin Untuk Kesehatan Manusia
Ok sahabat semua sudah saya terangkan secara lengkap tentang Khasiat, Manfaat Daun, bunga dan akar Tumbuhan Tapak Dara Sebagai Obat lengkap dangan cara cara meramunya, semoga bermanfaat...

Reverensi:
https://wisuda.unud.ac.id/pdf/0909005025-3-Bab%202.pdf
http://www.indonews.co.id/101-manfaat-daun-tapak-dara-bagi-kesehatan/
Advertisement
2017 Manfaat Tapak Dara Dan Cara Meramu Menjadi Obat