2017 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Apa Kandungan Buah Cempedak? - Apa Saja Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan? - Bagi anda para pecinta buah-buahan khas nusantara, pastinya nama buah cempedak sudah tak asing lagi di telinga. Buah cempedak sendiri dikenal sebagai buah dengan aroma yang cukup kuat dan rasa buah yang manis. Hebatnya lagi buah cempedak juga memiliki beragam jenis kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Ciri-ciri buah cempedak

Buah cempedak memiliki aroma yang kuat dengan bentuk yang dilihat sekilas, menyerupai buah nangka. Buah cempedak memiliki daging buah yang lunak serta mudah hancur dan tipis. Buah ini juga memiliki rasa yang manis sehingga banyak orang yang gemar menyantapnya.

Kandungan buah cempedak

Buah cempedak memiliki banyak sekali kandungan sehat bagi kesehatan tubuh seperti yang berikut ini.
  • Vitamin a
  • Vitamin c
  • Enzim
  • Ascobic acid
  • Bioflavanoid dan lain-lain
Dengan kandungannya yang sehat tersebut tidak heran jika buah cempedak kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat buah cempedak

Beberapa manfaat buah cempedak bagi kesehatan tubuh antara lain adalah sebagai berikut;

1. Mengatasi gangguan parasit dalam tubuh
Manfaat buah cempedak bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu mengatasi gangguan parasit penganggu kinerja organ dalam tubuh. Keberadaan parasit tersebut dapat menimbulkan beragam jenis penyakit yang tentunya harus segera disingkirkan.

2. Bagus untuk pencernaan
Manfaat buah cempedak yang selanjutnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin c nya yang berguna dalam mengatasi gangguan sembelit serta gejala sulit buang air besar.

3. Mengatasi gangguan dehidrasi
Buah cempedak memiliki manfaat yang cukup besar dalam memenuhi asupan air dalam tubuh manusia. Inilah kenapa buah yang satu ini mampu mengatasi gejala kurang cairan dalam tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat buah cempedak yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh yang anda miliki bagus, maka kesehatan juga akan lebih terjaga dan tidak mudah sakit.

Di dalam buah cempedak, terkandung zat sehat bioflavonoid yang berguna dalam mengusir radikal bebas dalam tubuh.

5. Mencegah resiko stroke
Penyakit stroke identik dengan jenis penyakit yang diderita oleh golongan lanjut usia. Meski demikian, tidak sedikit pula mereka yang berusia muda terkena jenis penyakit yang satu ini. Dalam hal ini, anda tidak perlu khawatir mengingat konsumsi buah cempedak mampu meminimalkan resiko anda terkena jenis penyakit berbahaya stroke.

6. Membantu melangsingkan tubuh
Manfaat buah cempedak yang satu ini tentu digemari oleh kaum hawa. Buah cempedak yang dikonsumsi dengan takaran pas dan tentunya secara rutin, mampu membantu melangsingkan tubuh.

Terlebih bagi anda yang tengah menjalankan diet esehat, tidak ada salahnya anda jadikan buah cempedak sebagai buah favorit anda.

7. Meredakan gangguan penyakit malaria
Buah cempedak mengandung zat sehat bernama bioflavonoid serta kandungan enzim dan vitamin yang mampu meredakan gangguan penyakit malaria. Bagi anda yang berniat meredakan gangguan penyakit ini ada baiknya anda mengonsumsi buah cempedak dalam bentuk mentah atau tanpa olahan.

8. Bagus untuk kesehatan mata
Mata yang sehat tentunya diinginkan oleh semua orang. Meski demikian gangguan kesehatan mata bisa saja terjadi dan mengakibatkan tingkat penglihatan yang berkurang. Jika memang demikian, tidak ada salahnya jika anda membantu kesehatan mata dengan memperbanyak konsumsi buah dengan kandungan vitamin a di dalamnya.

Adapun buah yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kesehatan mata adalah buah cempedak. Buah yang satu ini mengandung vitamin a yang baik untuk meningkatkan ketajaman mata anda.

9. Membantu mengurangi kolesterol dalam darah
Manfaat buah cempedak yang selanjutnya adalah untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi jenis buah yang satu ini mampu memerangi jenis kolesterol jahat yang berperan besar dalam meningkatkan resiko penyakit jantung.

10. Meredakan tumor
Banyak ahli menyebutkan, jika buah cempedak memiliki manfaat yang cukup besar dalam mengatasi gangguan kesehatan berupa penyakit tumor. Meski demikian manfaat buah cempedak yang satu ini masih belum diketahui secara pasti.
Baca juga: Inilah Kandungan Buah Bit & Manfaatnya Untuk kesehatan Tubuh Kita
Dengan banyaknya manfaat kesehatan yang bisa anda ambil dalam mengonsumsi buah cempedak. Maka tidak ada salahnya menjadikan buah cempedak sebagai salah satu buah favorit di rumah.
Advertisement
2017 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui