2017 Manfaat Lengkap Buah Tin Untuk Kesehatan Manusia

Seperti Apa Itu Buah Tin? - Apa kandungan & manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan? - Bagi orang muslim jika mendengar buah Tin pasti yang terlintas adalah surah At-Tin "Wattinni wazaitun...." Buah tin merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang terbilang sangat melimpah. Buat pecinta obat herbal, saya yakin sudah sangat familiar dengan buah hebat ini. Walaupun begitu tampaknya buah yang satu ini termasuk jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita, hal itu karena daya beli masyarakat kita yang kurang, sebab buah tin ini memang lumayan tinggi harganya.

Biasanya buah ini, di jadikan sebagai buah oleh-oleh seusai menunaikan ibadah haji. Kami kutip dari wikipedia.org Buah tin ini berasal dari asia barat  mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat.


Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum")

Pohon Buah Tin sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari genus yang sama, yaitu Ficus. Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Ciri-ciri buah tin

Pohon Buah Tin besar dan dapat tumbuh hingga 10 m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.

Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Buah tin memiliki buah dengan bentuk lonjong bulat dengan diameter 3 sampai 5 cm. Buah yang satu ini memiliki kulit berwarna hijau. Namun ketika sudah matang, warna kulit buah bisa berubah menjadi ungu, coklat, kuning atau mungkin dengan warna yang tetap sama.

Buah tin yang dipetik, sebaiknya langsung dikonsumsi mengingat buahnya yang tidak mampu bertahan lama. Bahkan ketika anda menyimpannya di kulkas, buah yang satu ini hanya akan bertahan selama 2 hingga 3 hari saja.

Kandungan buah tin

Buah tin memiliki banyak kandungan sehat yang terdiri dari beragam jenis zat sehat seperti yang tercantum di bawah ini:
  • Energi
  • Protein
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Karbohidrat
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Vitamin b6
  • Magesium
  • Potasium
  • Vitamin c
  • Zinc
Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah tin, tidak heran jika buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh

Buah tin bukan hanya sekedar dijadikan sebagai keperluan konsumsi saja, melainkan bermanfaat pula dalam bidang kesehatan. Beberapa manfaat buah tin adalah seperti yang di ulas berikut ini.

1. Mengurangi resiko kanker usus besar
Konsumsi buah tin yang dilakukan secara rutin mampu membantu anda dalam mengatasi resiko terkena kanker payudara serta kanker usus besar. Manfaat buah tin yang satu ini, didasarkan pada kandungan buahnya yakni polyphenols yang cukup tinggi di dalamnya.

Zat polyphenol dalam buah tin, berperan sebagai antioksidan yang berguna dalam mengurangi efek radikal bebas yang juga menyebabkan gangguan kanker di dalam tubuh. Bukan hanya itu, buah tin juga mengandung kadar serat yang cukup tinggi sehingga mampu mengikat zat karsinogen atau pemicu kanker.

2. Mencegah osteoporosis
Manfaat sehat buah tin yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam mencegah terjadinya gangguan osteoporosis. Konsumsi buah tin sendiri mampu membantu meningkatkan kepadatan tulang dalam tubuh manusia. Buah yang satu ini mengandung kalsium yang bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan susu.

Bagi anda yang alergi dengan susu namun tetap harus mencukupi kebutuhan kalsium harian, tidak ada salahnya mengonsumsi buah tin sebagai pemasok kalsium alternatif.

3. Membantu program penggemukan badan
Badan yang terlalu kurus menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang. Dalam hal ini, anda bisa mengonsumsi buah tin sebagai solusinya. Penggunaan buah tin yang dicampur dengan susu mampu membantu menggemukkan badan secara lebih cepat dan tentunya seimbang.

4. Mengatasi insomnia
Gejala insomnia menjadi gangguan yang sangat menggangu terlebih bagi anda yang diharuskan bangun pagi untuk keperluan bekerja ataupun sekolah. Mengonsumsi buah tin, mampu membantu anda dalam menghindari gejala kurang tidur yang satu ini.

5. Memulihkan stamina
Buah tin dapat digunakan sebagai pemulih stamina yang cukup mujarab. Bukan hanya itu, buah tin dapat pula digunakan dalam mencegah terjadinya anemia serta meningkatkan memori otak.

Buah tin sendiri mampu mengatasi anemia karena mampu meningkatkan hemoglobin di dalam darah sehingga bagus untuk membantu pembentukan darah dalam tubuh.

6. Melancarkan buang air besar
Manfaat buah tin yang selanjutnya memiliki kaitan erat dengan pelancar bab. Bagi mereka yang terkena sembelit kronis, mengonsumsi buah tin menjadi salah satu solusi penyembuhan bagi anda. Bukan hanya sekarang, pada zaman dahulu pun buah sehat yang satu ini dikenal sebagai obat pencahar alami bagi manusia.

7. Membantu mengobati wasir
Mengonsumsi buah tin secara rutin, membantu anda dalam mengobati gangguan penyakit wasir ataupun ambeien. Kemampuan buah tin dalam mengatasi gangguan kesehatan wasir dikarenakan kandungannya yang berupa enzim flavonoid serta ficin yang baik untuk kesehatan pencernaan.
Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kenitu Bagi Kesehatan Yang Belum Kamu Ketahui
Selain untuk mengobati beragam penyakit di atas, buah tin juga baik dalam mengatasi gangguan penyakit yang lain seperti penyakit darah tinggi, jantung koroner sekaligus mengurangi kolesterol dalam darah.

Reverensi: https://id.wikipedia.org
Advertisement
2017 Manfaat Lengkap Buah Tin Untuk Kesehatan Manusia