2017 Manfaat Tersembunyi Daun Cabai Buat Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Cabai Untuk Kesehatan - Apa Saja Manfaat Daun Cabai Untuk Kesehatan Tubuh Kita? - Tanaman cabai yang mempunyai nama latin capsicum annum ini merupakan tanaman lokal yang sangat populer karena bisa menciptakan sensasi rasa pedas. Tanaman cabai merupakan tanaman yang banyak di budidaya oleh para petani indonesia. Hal ini di karenakan tanaman cabai ini memiliki nilai jual yang tinggi, dan selalu  di butuhkan semua orang.

Karena hampir di semua jenis masakan, selalu menggunakan cabai. Dan bukan hanya buahnya,  bagian dari tanaman ini yang juga bermanfaat buat manusia adalah daunnya. Daun cabai di percaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Daun Cabai Untuk Kesehatan Manusia


Ciri-ciri daun cabai

Daun tanaman cabai bervariasi, bergantung pada spesies dan varietasnya. Hal ini juga berdampak pada bentuk, warna dan ukuran daun cabai. Daun cabai ada yang berbentuk oval, lonjong, ataupun lan-set. Warna permukaan daun cabai bagian atas biasanya berwarna hijau muda, hijau tua, bahkan hijau kebiruan.

Sedangkan permukaan daun cabai bagian bawah, pada umumnya berwarna hijau muda ataupun hijau pucat. Selain itu, permukaan daun cabai ada yang berkerut, dan ada juga yang halus. Ukuran daun cabai berkisar antara 3-11 cm dengan lebar 1-5 cm.


Kandungan daun cabai

Daun cabai dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun cabai memiliki berbagai kandungan sehat, diantaranya:
  • Serat
  • Kalsium
  • Zat besi

Bukan hanya daun cabai yang mempunyai kandungan sehat, buah cabai juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan, Seperti kalori, protein, fosfor, vitamin A, B1, B2, dan C, kalsium, karbohidrat, lemak, niasin, dan lain sebagainya.


Manfaat daun cabe bagi kesehatan

Beberapa manfaat daun cabai bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengobati jerawat
Jerawat merupakan gangguan kulit pada wajah yang dapat mengganggu penampilan, terutama pada wanita. Memang sangat sulit untuk menghilangkan jerawat yang sudah terlanjur tumbuh.

Tapi jangan khawatir, buat anda yang tidak mau menggunakan produk-produk kimia dalam menghilangkan jerawat, bisa memanfaatkan daun cabai.  Caranya sangat mudah, yaitu cukup di haluskan daun-daun tersebut dan di gunakan sebagai masker.

2. Mengobati bisul
Salah satu manfaat daun cabai adalah untuk mengobati bisul. Dengan mengaplikasikan daun cabai yang telah dilayukan dengan minyak sayur pada sekitar bisul, maka lambat laun bisul tersebut akan kempes dengan sendirinya.

3. Mengobati masuk angin
Banyak obat tradisional yang dipercaya sebagai obat masuk angin. Salah satu obat tradisional tersebut adalah dengan menggunakan daun cabai.

4. Meredakan demam
Daun cabai dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan demam. Hal ini di sebabkan, karena daun cabai bersifat anti perik (penurun panas)  yang terkenal sangat ampuh.

5. Merontokkan rambut ketiak
Kandungan daun cabai yang kaya akan zat kimia alami, dapat merontokkan dan mencegah tumbuhnya rambut ketiak. Cara untuk menggunakan daun cabai dalam pengobatan jenis ini cukup unik, yaitu dengan menghaluskan daun cabai kemudian dioles pada ketiak sambil di lakukan pijatan-pijatan kecil pada daerah ketiak. Untuk beberapa saat mungkin akan terasa panas. Rasa panas inilah yang dapat merontokkan dan mencegah tumbuhnya rambut ketiak.

6. Bahan lulur dan masker
Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun cabai juga dapat berfungsi untuk merawat kecantikan. Dengan rutin menggunakan masker dan lulur yang terbuat dari daun cabai dapat mengencangkan kulit dan membuatnya terlihat sehat.

7. Obat kumur
Kandungan duan cabai dipercaya dapat membunuh kuman yang ada di dalam mulut. Oleh karena itu, bagi orang yang mempunyai masalah dengan bau mulut, idealnya berkumur-kumur dengan memanfaatkan daun cabe yang telah ditumbuk halus dan di  campur dengan air ini.

8. Mengobati kejang perut
Daun cabai juga bermanfaat untuk mengobati kejang pada area perut. Untuk penderita kejang perut, tidak ada salahnya jika mencoba memanfaatkan ramuan herbal daun cabai ini. Cukup haluskan kemudian tempelkan pada perut yang mengalami kejang

9. Menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga
Daun cabai juga dapat di gunakan sebagai penghilang rasa gatal. Ini karena daun cabai memiliki sensasi rasa hangat yang sangat tinggi. Dengan begitu, rasa gatal akibat gigitan serangga tersebut dapat dinetralisir oleh rasa panas efek dari daun cabai.

10. Meringankan gangguan pencernaan
Daun cabai mempunyai sifat yang dapat mendetok makanan. Sehingga, daun cabai sangat baik untuk membantu meringankan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan.

Baca Nih...!!! Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Daun Jambu Biji (Guava)
Nah, itu dia ulasan mengenai berbagai manfaat daun cabai bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat.
Advertisement
2017 Manfaat Tersembunyi Daun Cabai Buat Kesehatan dan Kecantikan