6 Manfaat Buah Kenitu Bagi Kesehatan Yang Belum Kamu Ketahui

Seperti Apa Itu Buah Kenitu? - Apa Manfaat Buah Kenitu Untuk Kesehatan - Buah kenitu atau buah manecu, atau sawo hijau, atau ada juga yang menyebut apel umbel, memiliki nama ilmiah Chrysophyllum cainito. Buah yang memiliki banyak nama ini bukan hanya enak untuk di nikmati, akan tetapi juga memiliki segudang manfaat buat kesehatan.

Namanya sedikit aneh dan asing karena buah ini memang jarang ditanam oleh para petani buah, namun jika anda mengetahui akan manfaat buah kenitu bagi kesehatan sepertinya akan banyak orang yang menanamnya.

Ciri- ciri buah kenitu

Kenitu memiliki pohon dengan warna kulit coklat serta ketinggian yang mencapai 25 meter. Pohon ini umumnya memiliki banyak ranting dengan daun yang bewarna hijau ketika masih muda. Meski demikian, warna daun akan berubah seiring dengan usia dari pohon itu sendiri.

Pohon kenitu memiliki bunga yang kecil- kecil dan buah yang cukup beragam mulai dari yang bewarna hijau hingga yang keungunan. Buah kenitu sendiri memiliki daging dengan warna putih dan agak bening.

Kandungan buah kenitu

Kandungan buah kenitu ini cukup beragam, mulai dari antioksidan, vitamin C, vitamin E, polifenol, beta karoten serta asam fenol.

Manfaat buah kenitu

Dengan banyaknya kandungan sehat di atas, tak heran jika buah kenitu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa di antaranya adalah:

1. Bagus untuk mengatasi rasa sakit ketika haid
Buah kenitu mengandung mineral baik di dalamnya. Layaknya jenis buah yang lain, buah yang satu ini memiliki khasiat yang begitu luar biasa terkait dengan sumber kalsium di dalamnya.

Keberadaan kalsium di dalam buah, memiliki banyak manfaat seperti halnya mengurangi resiko terkena sindrom- sindrom gangguan kesehatan serta menguatkan gigi ataupun tulang.

Bukan hanya manfaat di atas, buah kenitu juga dapat digunakan dalam mengatasi nyeri ketika haid atau bahkan perut kembung sekalipun.

2. Mengatasi serangan radikal bebas
Manfaat buah kenitu yang selanjutnya adalah untuk mengatasi serangan radikal bebas. Sebuah penelitian menyebutkan jika buah yang satu ini mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan demikian, tidak heran jika buah kenitu mampu berperan dalam mengatasi ragam gangguan penyakit yang disebabkan oleh serangan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan sejenis molekul yang terbilang sebagai molekul yang reaktif karena terkandung elektron yang tidak berpasangan ke dalam orbit luarnya. Alhasil, radikal bebas ini sangatlah bereaksi dengan molekul yang ada di dalam tubuh manusia.

Keberadaan radikal bebas, mampu mengoksidasi protein, asam nukleat, lemak dan DNA sel. Bukan hanya itu, keberadaan radikal bebas bisa t pula memicu terjadinya penyakit degerenatif.

3. Menambah tenaga lelaki
Manfaat buah kenitu yang satu ini, cocok bagi Anda yang telah menikah dan ingin hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis. Penggunaan buah kenitu sendiri bisa digunakan sebagai obat kuat lelaki.

4. Bagus untuk program diet
Manfaat buah kenitu yang satu ini, cocok bagi Anda yang tengah dalam program diet.  Terlebih bagi ada yang gemar ngemil, ada baiknya Anda ganti camilan tidak sehat Anda dengan buah kenitu yang tentunya lebih sehat.

Buah kenitu tidak hanya mengandung kalori yang rendah melainkan juga mengandung lemak yang rendah pula. Alhasil konsumsi buah kenitu dalam jumlah banyakpun, Anda tetap akan jauh dari yang namanya kegemukan.

Terkait dengan manfaat buah kenitu yang satu ini, buah ini memiliki kadar serat yang cukup tinggi di dalamnya. Buah kenitu juga mampu mencegah perut keroncongan dan menimbulkan efek mudah kenyang saat dikonsumsi.

5. Menurunkan resiko terkena penyakit kanker
Penyakit kanker menjadi salah stau jenis penyakit yang harus diwaspadai keberadaannya. Jenis penyakit yang satu ini bukan hanya menimbulkan gangguan kesehatan semata melainkan juga beresiko meningkatkan kematian.

Untuk mencegah datangnya penyakit kanker, Anda bisa secara rutin mengonsumsi buah kenitu.

6. Sebagai anti inflamasi serta penyembuh diabetes
Manfaat buah kenitu lainnya adalah sebagai anti inflamasi serta penyembuh diabetes. Saat buah sudah masak, Anda bisa menggunakannya dalam menyembuhkan gangguan laringitis serta pneumonia. Hebatnya lagi, buah kenitu dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diebetes melitus.
Baca juga: Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui
Nah, banyak sekali bukan manfaat dari buah empuk ini. Buat Anda yang sedang mengalami berbagai keluhan seperti yang di bahas di atas, jangan ragu untuk mengosumsi buah ini. Karena selain aman tanpa efek samping, tentunya sangat nikmat dan murah harganya.
Advertisement
6 Manfaat Buah Kenitu Bagi Kesehatan Yang Belum Kamu Ketahui