Anak Anda Cacingan? Jangan Khawatir Bunda Ini Cara Ampuh Mengobatinya

Manfaat Daun Pepaya, Wortel, Kelapa, Bawang Putih, Biji Pepaya, Madu Untuk Kesehatan Mengobati Cacingan - Cacingan merupakan salah satu keluhan yang terjadi pada anak. Umumnya hal ini disebabkan oleh cacing kremi, cacing pita ataupun cacing tambang. Biasanya cacing tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak higienis. Nah apabila buah hati Anda saat ini sedang mengalami cacingan, berikut ini adalah beberapa obat alami yang ampuh mengatasi cacingan pada anak.


Obat Alami Untuk Mengatasi Cacingan Pada Anak


1. Daun pepaya

Daun pepaya merupakan obat tradisional yang di yakini sangat ampuh dalam mengatasi cacingan pada anak. Penggunaan daun pepaya ini sangat efektif, terlebih pada gangguan yang disebabkan oleh cacing kremi.

Cacing kremi, umumnya keluar melalui anus pada malam hari. Tidak heran jika kemudian si anak merasakan gatal pada anusnya saat malam hari. Untuk menghindari gejala lebih lanjut, Anda bisa merebus daun pepaya untuk dikonsumsi anak sebanyak 2 kali dalam sehari. Karena rasa daun pepaya yang pahit dan cenderung tidak di sukai anak, maka Anda harus pintar-pintar mengakalinya, agar buah hati Anda mau mengkonsumsi daun tersebut.

2. Wortel dan buah kelapa

Wortel dikenal sebagai salah satu sayur sehat yang kaya akan vitamin serta nutrisi di dalamnya. Penggunaan wortel yang dicampur menggunakan buah kelapa, dapat dimanfaatkan sebagai obat cacing pada anak. Adapun caranya adalah dengan mencampur wortel yang telah di parut dengan santan kelapa kental. Untuk menambah rasa, Anda bisa memasukkan garam ke dalamnya. Setelah di aduk hingga rata, berikan ramuan tersebut pada buah hati Anda.

3. Bawang putih

Selain bahan-bahan alami di atas, bawang putih juga dapat di manfaatkan untuk mengatasi keluhan cacingan pada anak Anda.  Cara penggunaannya sangat mudah. Pertama-tama siapkan bawang putih, gula merah serta akar pepaya terlebih dahulu. Setelah itu ambil air sebanyak 500cc kemudian rebus air tersebut, bersama bahan-bahan tadi. Setelah mendidih dan airnya tinggal separo, matikan api dan tunggu beberapa saat hingga agak dingin. Baru kemudian, minumkan pada anak Anda.

4. Biji pepaya serta madu

Pemanfaatan tanaman pepaya untuk mengobati cacingan, bukan hanya pada daunnya saja melainkan juga bisa memanfaatkan bijinya. Adapun cara pengolahan biji pepaya ini untuk mengobati cacingan adalah dengan cara mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu, dan kemudian di tumbuk hingga halus.

Selanjutnya seduh menggunakan air hangat dan tambahkan madu di dalamnya. Penggunaan madu dalam ramuan biji pepaya ini, agar rasanya tidak terlalu hambar saat hendak diminum.

Baca Juga: 2 Cara Sembuhkan Penyakit Liver Yang Wajib Anda Coba
Nah beberapa cara di atas merupakan cara tradisional dalam mengatasi keluhan cacingan pada anak Anda. Setelah anak Anda sembuh, pastikan Anda lebih memperhatikan lagi masalah kebersihan makanan ataupun lingkungan anak Anda. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Anak Anda Cacingan? Jangan Khawatir Bunda Ini Cara Ampuh Mengobatinya