Jangan Salah, Ternyata Gadung Sangat Banyak Manfaatnya Buat Kesehatan

Manfaat, Khasiat Gadung Untuk Kesehatan - Mungkin lebih banyak diantara anda dirumah yang mengenal gadung sebagai salah satu tanaman yang dapat meracuni daripada dijadikan produk pangan yang aman. Namun sebenarnya, semua itu tergantung dari tata cara pengolahan yang anda lakukan.

Buah jenis umbi umbian ini dulu sering saya jumpai di belakang rumah, sewaktu masih hidup dikampung. Karena memang orang tua jaman dulu sengaja menanam-nya untuk cadangan makanan dimasa paceklik, sebab gadung dapat bertahan hidup dan tumbuh walaupun kondidi tanahnya kering.

Tahukah kamu, Gadung tidak akan membuat kamu keracunan jika diolah dengan benar. Dan bahkan, ternyata gadung ini bisa menjadi hidangan yang menyehatkan tubuh. Tidak percaya? Simak ulasanya di bawah ini.

Ciri-ciri gadung

Gadung merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang dapat hidup dengan baik di dataran yang memiliki tinggi 800 mdpl namun juga bisa ditemukan pada ketinggian 1200 mdpl. Gadung dikenal memiliki banyak nama di indonesia, deretan nama tersebut yakni yam, sekapa, bitule, bati, dan kasimun. Gadung memiliki bentuk rata-rata bulat dengan bagian luar tubuhnya terdapat akar yang menyelimutinya. Memiliki warna kulit coklat muda, dan dengan warna daging kuning atau putih. Umbi gadung biasanya dapat ditemukan dengan mudah karena umbinya muncul dipermukaa tanah.

Kandungan Gizi gadung

Banyak diantara kita yang mengenal gadung sebagai salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai pestisida karena mengandung alkaloid dan sianida alami. Namun walau begitu, nyatanya kandungan gizi yang terdapat di gadung ini, juga tak bisa di anggap sebelah mata. Gadung jika diolah dengan benar tidak akan menyebabkan keracunan dan akan memberikan manfaat yang bagus buat tubuh.


Kandungan
Jumlah
Kandungan
Jumlah
Kalori
101 kal
Phospor
69 mg
Protein
2  gr
Zat besi
0.6 mg
Lemak
0.2 gr
Vitamin b1
0.1 g
Karbohidrat
23.23 gr
Air
73.5 g
Kalsium
20 mg
Vitamin c
9 mg
Vitamin a
0 gr
Dan bagian lain yang dapat dimakan
85 mg

Selain gizi diatas juga terdapat senyawa-senyawa yang dapat ditemukan dalam gadung. Menurut balai penelitian dan pengembangan bioteknologi da sumberdaya genetika pertanian, senyawa baik yang terdapat pada gadung ini antara lain, alkaloid, saponi, amilum, dan anti anti dotum. Selain itu dari hasil penelitian lainnya, diketahui juga bahwa gadung mengandung senyawa bioaktif, polisakarida larur air, diocorin, dan diosgenin.

Manfaat Gadung Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Bebagai Penyakit 
Menurut penelitian para pakar kesehatan selain dapat memenuhi kebutuhan gizi, gadung dapat berkhasiat menyembuhkan keputihan, kencing manis, nyeri empedu, sakit perut, radang kandung empedu, dan nyeri haid.

2. Mengobati Luka
  
Selain itu gadung juga dapat di gunakan sebagai obat luar (luka). Yaitu dengan cara : gadung di kupas dan di parut kemudian hasil parutan langsung ditempel ke luka. Hal tersebut di yakini akan membantu membunuh bakteri dan mempercepat proses recovery bagian luka tubuh karena adanya alkaloid yang bekerja. Untuk obat dalam gadung sejumlah 15-30 gram atau umbi kering 5 gram direbus dan airnya dapat minum

3. Gadung Dapat Menyembuhkan Rematik
Gadung bermanfaat untuk menyembuhkan reumatik. Cara mengolahnya juga sangat mudah. Siapkan jahe merah 10 gram dan gadung 30 gram kemudian di rebus dengan 600 cc air. Hasil rebusan di tunggu hingga air hanya bersisa 300 cc, setelah itu dilakukan penyaringan dan airnya dapat langsung di minum.

4. Gadung sumber metabolit sekunder.
 Adanya bioaktif memungkinkan gadung sebagai sumber metabolit sekunder.

5. Menurunkan Gula Darah Penyebab Diabetes
Polisakarida larut dalam air yang terdapat pada umbi gadung menyebabkan gadung dapat dimanfaatkan untuk menurunkan persentase kandungan dalam glukosa darah. Selain itu gadung yang diekstraksi dapat memiliki efek hipoglikemik.

6. Penangkal Radikal Bebas & menurunkan Hipertensi
Dioscorin gadung yang telah dimurnikan mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dioscorin juga dapat menghambat kenaikan tekanan darah karena adanya reaksi penghambatan enzim angiostensinconverting enzym.

7. Mengobati Penyakit Kolesterol
Umbi gadung ternyata Dapat menyembuhkan kolesterol. Ini dapat dicapai karena adanya diosgenin yang merupakan senayawa yang mampu menyintesis steroid sapogenin yang merupakan prekursor biosintesis sterol.

Baca Juga: 2017 Manfaat Tapak Dara Dan Cara Meramu Menjadi Obat
Nah demikian adalah ulasan mengenai segala manfaat dari gadung buat kesehatan. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas, bisa bermanfaat.
Advertisement
Jangan Salah, Ternyata Gadung Sangat Banyak Manfaatnya Buat Kesehatan