5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Monyet/Mete Yang Belum Anda Ketahui

Kandungan Dan Manfaat Pucuk Daun Jambu Monyet (Jambu Mete/Mede) Untuk Kesehatan - Jambu mete banyak kita jumpai dikawasan perkampungan, buahnya berwarna merah dan ada pula yang berwarna kuning, ciri khas yang lansung kita kenali adalah adanya biji kacang mete yang menempal pada bagian bawah buah-nya, kesan-nya menggantung di ujung ranting pohon sehingga ada yang menamakan jambu monyet. Rasa buahnya manis dan sepet, kemudian pada biji kacang mete-nya terasa gurih hanya dengan di bakar saja, bahkan saya sendiri ketika masih anak anak sering memakan kacang metenya secara lagsung.

Pada bagian biji mete-nya inilah yang membuat nilai harga jual jambu mete mahal karena memang untuk di ekspor keluar negeri. Namun pada pertemuan kali ini saya tidak membahas bagian buah dan bijinya, namun pada bagian daun jambu mete.

Kandungan Dan Manfaat Pucuk Daun Jambu Monyet - Jambu Mete

Pucuk daun jambu mete/mede ini bisa kita konsumsi secara lagsung sebagai lalapan, karena memang renyah, rasanya sepet dan sedikit asem cocok dipadukan dengan sambel terasi dan ikan asin yag digoreng. Namun tahukan anda akan kandungan dan manfaat pucuk daun jambu monyet ini? lihat nih...


Kandungan Senyawa Kimia Pucuk Daun Jambu Mete/Mede (Jambu Monyet)


Daun Jambu Mede Muda mengandung:
  • Energi sebesar 73 kilokalori, 
  • protein 4,6 gram, 
  • karbohidrat 16,2 gram, 
  • lemak 0,5 gram, 
  • kalsium 33 miligram, 
  • fosfor 64 miligram, 
  • zat besi 9 miligram. 
  • vitamin A sebanyak 2689 IU, 
  • vitamin B1 0 miligram
  • vitamin C 65 miligram. 
Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Jambu Mede Muda, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 65 %.


Manfaat Pucuk Daun Jambu Mete Muda

1. Obat Penyakit Kulit
Daun jambu mete atau jambu monyet ini seringkali dimanfaatkan sebagai lalapan yang lezat. Tidak hanya itu, daun jambu mete ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan, yaitu mampu dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan sakit kulit atau ruam-ruam pada kulit.

Cara menggunakan daun jambu mete sebagai obat luka pada kulit sangat sederhana, cukup dengan menumbuk daun jambu monyet serta melekatkannya pada daerah kulit yang terluka atau ruam tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, daun jambu mete juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih mulut. 

2. Mengatasi Sembelit 
Daun jambu monyet ini sangat efektif untuk menangani masalah gangguan pada sistem pencernaan, khususnya sembelit. Cara membuat ramuan penyembuh sembelit dari daun jambu mete ini mudah, cukup dengan meminum air rebusan daun jambu monyet sebagai pencahar alami.

3. Sariawan
Salah satu fakta yang menakjubkan mengenai manfaat daun jambu monyet yang mungkin tidak diketahui semua orang. Daun jambu monyet ini mampu meredakan sariawan secara alami.

Caranya sangat mudah, rebusa 5 lembat daun jambu monyet dengan 500 ml air. Rebus sampai mendidih hingga tersisa setengahnya, dinginkan dan minuma air rebusan tersebut 2x sehari, pagi dan sore. Inysa Alloh khasiatnya akan Anda rasakan.

4. Obat Alami Darah Tinggi
Mungkin Anda salah satu diantara sekian banyak orang yang memiliki keluhan penyakit darah tinggi. Anda tak usah khawatir, daun jambu mete atau jambu monyet ini ternyata mampu menstabilkan tekanan darah secara alami. Simak : Sayur dan buah penyembuh penyakit hipertensi.

5. Dapat menyembuhkan Mencret/Diare
Selain Pucuk daun jambu biji, bauh sawo muda, pucuk daun jambu monyet/mete juga sebagai obat penyakit perut seperti diare, disentri atau mencret. Caranya, rebus segenggam daun jambu mete dan 1 potong kulit batang pohon jambu mete dengan 1,5 liter air sampai mendidih, lalu disaring. Minum airnya 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Baca Juga: Ouw...!!! Ternyata Ini Ya Khasiat Dan Manfaat Tanaman Meniran
Itulah kandungan dan manfaat pucuk daun jambu mete/monyet yang wajib anda ketahui, mungkin kalau di perkotaan anda agak susah untuk mendapatkan daun jambu biji ini, namun anda bisa mencari ditempat penjual sayur, biasnya mereka juga menyediakan sebagai lalapan bagi para pelanggan-nya

Sumber Informasi Gizi : 
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.
http://obattradisionalpenyakitamandel.blogspot.co.id/
Advertisement
5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Monyet/Mete Yang Belum Anda Ketahui