Buat Yang Bertubuh Gemuk Waspadalah, Karena Jenis Kanker Ini Mengincar Anda

Jenis Penyakit Kanker Pada Risiko Tubuh Gemuk (Obesitas) - Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan pengaruh buruk bagi tubuh anda. Selain dapat menyebabkan kesusahan dalam beraktivitas, obesitas juga dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis kanker yang berbahaya.

Menurut para peneliti di Badan Internasional Penelitian Kanker menyatakan bahwa dalam 1000 studi dapat ditemukan bahwa obesitas pada sesorang dapat meningkat resiko terkena 13 jenis kanker. Bahkan hampir 9% jenis kanker disebabkan oleh obesitas.


Pola makan yang berlebihan, kurangnya aktifitas fisik membuat badan anda semakin gemuk. Terutama pada usia 40 tahun keatas. Tubuh gemuk bagian perut atau istilahnya tubuh tipe apel ini lebih berisiko dari pada tubuh tipe pear yang gemuk bagian pinggul dan paha, kenalilah itu...

Bagi anda yang belum mengetahuinya, berikut penjelasan beberapa jenis kanker yang dapat mengincar orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Jenis Penyakit Kanker Pada Risiko Tubuh Gemuk


1. Kanker Perut

Kelebihan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan kronis terutama pada bagian saluran pencernaan. Sehingga tidak mengejutkan bila kanker perut sangat erat kaitannya dengan obesitas. Terlebih lagi, obesitas dapat pula menyebabkan kanker kerongkongan dalam satu sistem yang sama. Peradangan kronis pada saluran pencernaan ini akan menyebabkan iritasi dari asam lambung yang kemudian dapat memicu tumbuhnya kanker.

2. Kanker Hati

Kelebihan berat badan dan obesitas dapat menjadi penyebab perubahan pada hati sama seperti efek ketika kita mengkonsumsi alkohol. Mekanisme kerjanya sangat mirip dengan sirosi yang dapat menyebabkan kanker.  Dengan kelebihan berat didalam tubuh maka dapat memicu perkembangan lemak hati sebsar 30%. Lemak hati inilah yang dapat menyebabkan penyakit liver atau kanker hati.

3. Kanker Kandung Kemih

Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan yang dialami seseorang dapat meningkatkan resiko penyakit batu empedu yang bila anda biarkan akan berubah menjadi kanker kandung kemih.

4. Kanker Pankreas

Kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab munculnya kanker pankreas. Tubuh yang gemuk akan banyak mengandung lemak yang tertimbun didalamnya. Lemak-lemak inilah yang akan menempel pada pankreas yang nantinya menghalangi dan memberatkan kerja pankreas.

Bila pankreas mengalami kerusakan, maka akan terjadi peningkatan kadar gula di dalam darah sehingga dapat menurunkan berat badan anda secara drastic. Hal inilah yang dapat menjadi gejala awal kanker pankreas.

5. Kanker Ovarium

Pada wanita-wanita yang mengalami kelebihan berat badan, sel-sel lemak didalam tubuh akan memproduksi hormone lainnya seperti leptin yang dapat menyabkan pertumbuhan sel-sel jahat yang tidak terkontrol. Hal inilah yang dapat menyebabkan munculnya kanker, terutama kanker ovarium.

Kanker ovarium menjadi salah satu jenis kanker yang menjadi penyebab angka kematian terbanyak dibandingkan jenis kanker lainnya. Selain itu, kanker ovarium juga menjadi kanker yang palingsulit untuk diobati. hal ini dikarenakan pada awal masa kanker ovarium biasanya tidak ada gejala-gejala yang muncul sehingga anda tidak dapat merasakannya. Namun baru akan menimbulkan gekala-gejala bila sudah memasuki stadium lanjut.

6. Kanker tiroid

Obesitas atau kelebihan berat badan dalam tubuh anda akan dapat menjadi penyebab munculnya kanker tiroid. Hal ini dikarenakan lemak-lemak yang ada didalam tubuh akan membuat kerja hormone tiroid di dalam tubuh anda menjadi terganggu sehingga nantinya dapat berujung menjadi kanker.


7. Kanker payudara dan Kanker rahim

Pada wanita, sel-sel lemak yang berlebihan dalam tubuh dapat memproduksi hormone estrogen pasca menopause, sehingga hal ini yang menjadi penyebab terbesar dari kanker payudara dan kanker rahim pada wanita-wanita yang memiliki kelebihan berat badan.

Simak Juga: Waspada!!! Jika Mengalami Gejala Berikut, Kemungkinan Anda Terjangkit Kanker Tulang Belakang
Selain itu, obesitas dapat menyebabkan penyakit lain seperti diabetes, serangan jantung dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika anda mengurangi berat tubuh anda agar lebih ideal sehingga dapat terhindar dari resiko-resiko penyakit berbahaya tersebut. Nah itu tadi informasi seputar jenis kanker yang menyerang orang gemuk. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Buat Yang Bertubuh Gemuk Waspadalah, Karena Jenis Kanker Ini Mengincar Anda