Cara Ampuh Mengobati Gendang Telinga Pecah Dan Tips Pencegahannya

Tips Mengatasi Gendang Telinga Yang Pecah - Tindakan Apa Jika Gendang Telinga Yang Pecah? - Telinga adalah salah satu indera kita yang sangat penting, dengan telinga kita bisa mendengar suara yang ada di sekitar kita, dari pendengaran telinga inilah segala informasi disampaikan selain kemudian otak akan bereaksi kemudian fisik kita akan bertindak. Bisa anda bayangkan Bagaimana jadinya jika terjadi  gangguan yang menyebabkan pendengaran tidak berfungsi.

Banyak hal yang menyebabkan ganggauan pendengaran salah satunya mendengar suara yang sangat keras tepat disamping kita misalnya suara ledakan bom sebagaimana yang terjadi pada tentara yang sedang perang, makanya tidak aneh jika ada tentara pulang perang terjadi kerusakan pada telinganya.


Bagian yang paling sering rusak adalah bagian gendang telinga, Gendang telinga ialah salah satu organ penting dalam pendengaran dan merupakan organ yang paling sensitive. Bila anda tidak menjaganya dengan baik, tidak menutup kemungkinan gendang telinga anda akan pecah. Maksud gendang telinga yang pecah ini adalah robeknya bagian gendang telinga sehingga menjadi berlubang.

Meskipun dapat disembuhkan, namun tentu saja hal ini dapat menimbulkan ketidaknyaman. Lalu bagaiman cara menghindari dan mengobati gendang telinga yang pecah?



Cara Mencegah & mengobati Gendang Telinga Pecah

Tentunya anda tidak mau mengalami gendang telinga yang pecah bukan? Anda dapat melakukan cara-cara dibawah ini agar dapat menghindari dari resiko gendang telinga pecah.


1. Segera atasi bila terjadi infeksi telinga

Bila anda mengalami infeksi pada telinga anda, maka anda harus segera mengobatinya dengan tepat. Anda dapat langsung memeriksanya ke dokter THT terdekat guna mendapatkan langkah-langkah pengobatan yang tepat. Bila anda membiarkannya maka hal ini dapat menjadi penyebab gendang telinga pecah.


2. Melindungi telinga selama penerbangan

Bila anda sedang bepergian menggunakan pesawat, anda dapat melindungi telinga anda selama penerbangan. Ketika berada di ketinggian, gendang telinga dapat menjadi terganggu sehingga rentan terkena gendang telinga pecah.

Lebih baik anda menggunakan penutup telinga yang aman atau kalau tidak anda dapat memakan permen karet agar kondisi telinga tetap terjaga dan tidak berdengung. Anda juga harus tahu bagaimana melakukan trik menguap untuk mencegah rasa sakit telinga ketika pesawat akan mendarat.


3. Jangan memasukkan benda asing ke telinga

Jangan pernah mencoba membersihkan ataupun memasukkan benda asing ke dalam telinga seperti cotton bud, kapas, atau benda apapun. Benda asing yang anda masukkan ke telinga bisa saja menyebabkan gendang telinga anda pecah.

4. Jangan terlalu sering menggunakan earphone

Sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang satu ini. Menggunakan earphone yang terlalu lama dapat memicu pecahnya gendan telinga sehingga anda dapat mengalami gangguan pendengaran.

5. Menghindari lingkungan yang bising

Hindari beradapada suasana yang ramai dengan sura music yang terlalu kencang. Gendang telinga anda adalah organ yang sangat sensitif, sehingga dapat membuat anda mengalami gangguan pendengaran yang fatal bila terlalu sering di tempat-tempat tersebut.

Jika Gendang Telinga Terlanjur Pecah,  Bagaimana Cara Mengobatinya?

Bagi anda yang mengalami gendang telinga pecah, sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan. Sebagian besar kasus gendang telinga yang pecah biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan apapun, walaupun perlu proses yang cukup lama.

Kebanyakan orang akan mengalami kehilangan sementara fungsi pendengarannya dan dapat pulih dalam waktu sekitar delapan atau lebih. Namun bila anda ingin kesembuhan yang lebih cepat ,berikut beberapa saran yang dapat anda lakukan.

1. Penambalan

Bila gendang telinga anda pecah dan tidak menutup dengan sendirinya. Para dokter akan menyarankan anda untuk menambal gendang telinga yang robek tersebut. Biasanya digunakan lapisan khusus yang digunakan untuk menambal lubang pada membrane timpani dan nantinya dapat merangsang pertumbuhan membran timpani yang rusak.

2. Antibiotic

Antibiotik biasanya digunakan untuk menyembuhkan berbagi infeksi. Antibiotik dapat menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh pecahnya gendang telinga. Selain itu, antibiotik juga dapat melindungi agar tidka terjadi infeksi baru akibat perofasi. Biasanya antibiotic yang diresepkan dari dokter dapat berupa kapsul, pil, ataupun berupa obat tetes telinga.

Simak Juga: Apa itu Insomnia? Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia
Nah itu tadi beberapa cara untuk menghindari dan mengatasi gendang telinga yang pecah. Intinya segera datangi ke ahlinya yaitu ke dokter ahli THT, sebab mereka yang mengetahui struktur telinga dan bagain mana yang harus di perbaiki, Semoga informasi di atas dapat membantu anda.
Advertisement
Cara Ampuh Mengobati Gendang Telinga Pecah Dan Tips Pencegahannya