Ingin Tahu Manfaat Tebu Untuk Kesehatan? Baca Yuk 13 Kasiatnya...!

Kandungan, Khasiat & Manfaat Tebu Untuk Kesehatan Tubuh Kita - Untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan sepertinya batang tebu jarang di jumpai bahkan mungkin tidak pernah mengetahui. Untuk saat ini Tanaman tebu banyak kita jumpai di dareah jawa tengah bagian utara, dulu ketika saya masih kecil banyak sekali tebu ditanam oleh tetangga, karena perawatan-nya mudah, harga jual tebu juga menjanjikan dibandingkan padi yang sangat perawatan-nya agak rumit.

Tanaman tebu biasa tumbuh didaerah kering, makanya sangat cocok untuk ditanam pada musim kemarau. Tanaman tebu tahan terhadap hama, kecuali hamanya manusia itu sendiri dan hewan ternak yang digembalakan sembarangan sehingga memakan tanaman tebu yang baru tumbuh.

Ciri Tanaman Tebu:

Dari segi fisiknya Tebu mirip sekali dengan bambu, namun bedanya pada daun-nya jika tebu hanya ada pada bagian ujungnya saja, sedangkan bambu masih bercabang. Tebu batangnya buntet karena memang bagian itulah daging dari tebu itu sendiri, sedangkan bambu kopong berongga berisi udara. Tebu bisa dimakan secara langsung dengan dikupas terlebih dahulu dengan dikunyah kunyah lalu diambil airnya saja sedangkan ampasnya dibuang atau dberikan kepada hewan ternak.

Tebu dapat diolah menjadi gula pasir oleh pabrik atau gula gulali dengan sebelumnya diperas dan di ambil airnya lalu di didihkan hingga sarinya mengendap menjadi gumpalan gula. Tahukah anda,Tebu dapat untuk mengobati berbagai penyakit antara lain meredakan jantung berdebar, sakit demam panas dan batuk batuk serta masih banyak lagi.

Kandungan Senyawa Tebu

Dari hasil penelitian (Food Weight) = 100 gr, Bagian Tebu Terubuk yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 20 %
  • Jumlah Kandungan Energi Tebu Terubuk = 25 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Tebu Terubuk = 4,6 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Tebu Terubuk = 0,4 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Tebu Terubuk = 3 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Tebu Terubuk = 40 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Tebu Terubuk = 80 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Tebu Terubuk = 2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Tebu Terubuk = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tebu Terubuk = 0,08 mg

Manfaat Dan Khasiat Tebu Untuk kesehatan.

Dari berbagai sumber buku yang beredar dan beberapa website, ternyata banyak sekali manfaat tebu untuk kesehatan tubuh manusia, antara lain:

1. Mengobati Batuk

Caranya mengobati batuk dengan tebu : Jika di gunakan langsung ambil dan Peras 3 - 5 ruas tebu hitam dan minum airnya, atau dikunyah kunyah lagsung telan airnya, buang ampasnya.
Cara lain adalah dengan dibakar terlebih dahulu, dikupas lalu dikunyah langsung ambil airnya, buang ampasnya, kalau nggak mau mengunyah peras dahulu lalu ambil dan minum airnya.

2. Mengobati penyakit kuning

Jus tebu adalah obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Jaundice adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran yang disebabkan oleh adanya billirubin dalam darah. Hati yang kurang berfungsi dan saluran empedu yang terblokir adalah penyebab penyakit kuning. Untuk mempercepat pemulihan, minumlah dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

3. Bisa dimanfaatkan Sebagai Obat Infeksi

Beberapa infeksi seperti dysuira, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual dan peradangan pada perut (saluran pencernaan) atau jantung dapat disembuhkan dengan segelas jus tebu.

4. Tebu Juga dapat di Jadikan Alternaf Obat Batu ginjal

Ini adalah salah satu khasiat yang paling efektif dari jus tebu. Batu ginjal biasanya terbentuk karena dehidrasi dan minum air putih yang banyak bisa membantu memecah batu di ginjal. Minum banyak cairan dan jus tebu juga ampuh memecah batu atau melarutkannya.

5. Tebu dapat Mengurangi Dehidrasi

Banyak orang tidak cukup minum air dan menderita dehidrasi. Untuk mempertahankan air dalam tubuh, minumlah jus tebu. Bahkan selama musim panas, Anda dapat mendinginkan panas tubuh dengan meminum segelas tebu secara teratur.

6. Manfaatkan Tebu Untuk Mencegah Stroke

Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.

7. Tebu Dapat Menguatkan Gusi dan Gigi

Cairan yang ada di buah tebu dapat membuat gusi dan juga gigi anda menjadi kuat, caranya dengan meminum air tebu murni yang sudah dicampir air jeruk nipis dan juga garam.

8. Manfaatkan Tebu Untu Mengobati Mimisan

Potonglah bagian tebu yang paling ujung setelah itu rebus dengan air secukupnya, campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mendingin saring airnya dan minumlah.

9. Mengobati Masuk Angin (Panas Demam)

Minum air perasan tebu hitam secukupnya, air tebu hitam dapat membantu menurunkan suhu badan kita. Anda juga dapat menafaatkan daun Tebu hijau Ambil sekitar tiga helai daun tebu yang masih muda, rebuslah hingga mendidih dan minumlah apabila anda rebusan tersebut sudah dingi, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.

10. Manfaatkan Tebu Untuk Melawan Kanker Payudara

Kandungan yang berada pada buah tebu merupakan sifat alkali yang dapat membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.

11. Aman di Konsumsi Untuk Penderita Diabetes

Tebu itu sehat bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami. Ini adalah alternatif yang lebih baik untuk gula mentah atau pemanis buatan. Jadi, jika Anda dalam program diet penurunan berat badan atau diabetes, minumlah jus tebu. Manfaat jus ini juga mampu menjaga kadar glukosa darah seimbang.

12. Manfaatkan Tebu Untuk Menyembuhkan Pilek dan Sakit Tenggorokan

Jika Anda berpikir jus tebu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan atau pilek, maka Anda salah. Air tebu justru membantu menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan flu.

13. Tebu Dapat Meredakan jantung Berdebar

Caranya : Rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.

Baca Juga: Manfaat & Khasiat Tapak Kuda, Cara Meramu Tapak Kuda Menjadi Obat
Ternyata sungguh luar biasa ya sahabat manfaat dan kasiat tebu untuk kesehatan tubuh kita, tak ada salahnya anda menanam dipekarangan rumah anda, modah kok cara menanamnya yaitu cukup ambil sebatang tebu patahkan dengan batas 2 ruas, 2 ruas lalu tancapkan saja ditanah yang basah dan lihat sekitar 1 minggu sudah terlihat tunasnya.

Reverensi: 
Buku resep obat herbal & pijat refleksi - Oleh Ridia sazzaki, Penerbit Bintang Indonesia Jakarta
http://www.nangimam.com/2014/03/KANDUNGAN-GIZI-DAN-MANFAAT-TEBU-UNTUK-KESEHATAN.html
Advertisement
Ingin Tahu Manfaat Tebu Untuk Kesehatan? Baca Yuk 13 Kasiatnya...!