Jangan Salah, Inilah 4 Manfaat Menangis Buat Kesehatan

Manfaat/Efek  Menagis Untuk Kesehatan Tubuh Kita - Berdasarkan studi yang dilakukan oleh seorang ahli syaraf yakni Dr. William H. Frey Il Ph.D dari Paul-Ramsey Medical Center, disebutkan bahwa rata-rata wanita cenderung menangis sampai 75 kali dalam setahun, sedangkan pria hanya sekitar 7 kali dalam setahun.

Menangis memang hampir selalu diidentikkan dengan kata cengeng atau rapuh, apalagi jika yang menangis tersebut adalah seorang laki-laki. Namun, dibalik kata-kata yang bermakna lemah tersebut, ternyata menangis menyimpan berbagai manfaat. Nah penasaran kan manfaat apa saja dari menangis ini?


Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

1. Menangis Bisa Membantu Mengeluarkan Racun Tubuh

Menangis sebenarnya adalah hal yang wajar yang dilakukan oleh manusia sebagai bentuk respon dari kesedihan ataupun stress. Namun, menangis juga ternyata bisa membantu mengeluarkan racun tubuh yang bisa memicu stress.

Bukan hanya mengeluarkan racun pemicu stress saja, menangis ternyata juga bisa mengurangi tekanan darah, menurunkan detak jantung serta memberikan efek terapi pada tubuh.

2. Menangis Bisa Membunuh Bakteri di Mata serta Melindungi Mata dari Iritasi

Bukan hanya bisa mengeluarkan racun dari tubuh, air mata juga bisa membunuh bakteri yang  tidak baik di mata. Sama dengan air liur dan air susu manusia, air mata juga mengandung lisozim yang mampu membunuh bakteri yang ada di mata hingga 90%.

Air mata sebenarnya tidak hanya diproduksi saat menangis saja, namun air mata ini diproduksi setiap waktu sehingga organ penglihatan ini tetap terlindung dari berbagai partikel yang berbahaya. Saat mata terkena oleh partikel yang berbahaya seperti debu atau bahkan gas bawang ketika mengiris atau mengupas bawang, terkadang kita sampai menangis dibuatnya.

Nah, dengan menangis seperti ini mata bisa menjadi terlindung dari iritasi sekaligus membersihkan partikel yang berbahaya tersebut dari mata, sehingga juga berefek pada penglihatan yang menjadi lebih terang.

3. Meningkatkan Mood dan Kreatifitas

Seseorang yang menghadapi banyak tekanan, merasa sedih yang berlebihan bahkan hingga mencapai level stress atau depresi sudah wajar kiranya jika menangis. Mengapa? Karena itu adalah respon alami dari manusia dalam menghadapi masalah yang membebani pikirannya.

Bukan hanya berperan sebagai respon alami, menangis juga bisa menurunkan kesedihan, stress ataupun depresi. Nah, dengan menurunnya kesedihan, stress atau depresi ini tentu juga akan berpengaruh pada suasana hati yang lebih baik sehingga mood pun menjadi lebih baik pula.

Tak jarang juga, orang bisa lebih banyak berkarya saat menangis yang juga merupakan bentuk pelampiasan emosional, entah itu dalam bentuk tulisan ataupun karya yang lainnya, sehingga secara tidak langsung menangis juga bisa meningkatkan kreatifitas seseorang.

4. Meningkatkan Kesehatan

Bahkan menangis juga berdampak baik terhadap kesehatan secara keseluruhan. Mengapa? Karena air mata yang keluar karena tekanan emosional akan membantu meregulasi metabolisme dengan kandungan kadar almbumin proteinnya yang bahkan mencapai 25%.

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang bisa terjaga, tetapi kesehatan pikiran juga. Kebanyakan orang yang menahan tangis saat merasakan emosi ataupun kesedihan apalagi jika dibarengi dengan sikap yang introvert atau tertutup, ini adalah kombinasi yang komplit untuk semakin membuat seseorang merasa stress ataupun depresi.

Simak Juga: Tanda Tanda, Gejala Atau Ciri Ciri Kanker Tulang Belakang 
Nah buat anda yang hobby menangis, atau gampang termehek-mehek, maka ulasan di atas, tentunya merupakan kabar gembira buat anda. Jadi, mulai saat ini, jangan ragu mengeluarkan tangisan anda tatkala melihat atau mendengar sesuatu yang membuat kita terenyuh. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat
Advertisement
Jangan Salah, Inilah 4 Manfaat Menangis Buat Kesehatan