Manfaat & Khasiat Tapak Kuda, Cara Meramu Tapak Kuda Menjadi Obat

Apa Manfaat Dan Khasiat Tanaman Tapak Kuda - Seperti Apa Itu Tanaman Tapak Kuda - Cara Meramu Daun Tapak Kuda Menjadi Obat Rematik/Nyeri Sendi, Sakit Otot, Pendarahan Pada Wasir (Ambeien), Pembengkakan Gusi, Dan Sakit Gigi - Di antara kita mungkin belum mengetahui seperti apa itu tanaman tapak kuda, walaupun setiap hari kita melihatnya disekitar rumah kita. Tanaman Tapak Kuda ini tumbuh liar di pinggir pinggir sungai atau tanah yang berpasir, berkerikil, atau di area perkebunan. Nama daerahnya bermacam macam katang-katang, daun katang, batata pantai, andali arana, tiladede, dalere, watata luruan, dolodoi, bulalingo, leleri, mari-mari, laklaku, loloro, wedol, wemir gamir.


Ciri Ciri Tapak Kuda

Ciri tumbuhan tapak kuda seperti rumput yang merambat, memiliki bunga yang berwarna ungu muda mendekati warna merah. Mempunyai akar pada setiap ruasnya dan mengeluarkan getah putih. Berdaun tunggal dengan panjang tangkai rata-rata 3cm, akan mengeluarkan getah putih juga dipatahkan. Buahnya memecah berbentuk kapsul bulat dan agak datar mempunyai empat biji berwarna hitam.

Kandungan Senyawa Tapak Kuda

Kandungan senyawa alami pada tapak kuda antara lain Asam melissik acid, Asam behenik, asam miristik, dan antistine. Seluruh bagaian tanaman ni bisa dijadikan sebagai obat alami.

Khasiat & Manfaart Tapak Kuda

Tapak kuda dapat mengobati beberapa penyakit yaitu:
  • Rematik/Nyeri Sendi, 
  • Sakit Otot, 
  • Pendarahan Pada Wasir (Ambeien), 
  • Pembengkakan Gusi, 
  • Sakit Gigi

Cara meramu Tapak Kuda Menjadi Obat Herbal Alami

Pemakaian obat Dalam:
Ambil 30 - 60 gram daun segar atau 15 - 30 gram kering, rebus dengan 2 gelas air tunggu hingga menjadi 1 gelas air lalu ambilah airya dengan disaring dan minum secara teratur minimal 1 hari sekali

Pemakaian Obat Luar (Bisul, koreng, eczem):
Lumatkan daun segar untuk ditempelkan pada tempat yang sakit, atau bisa juga di lembutkan lalu diperas untuk diambil cairan-nya kemudian oleskan pada tempat yang sakit.

Baca Juga: Manfaat & khasiat Petai Cina (Malnding) Untuk kesehatan
Begitulah kandunan, manfaat dan khasiat tanaman kuda untuk kesehatan tubuh kita, manfaatkanlah herbal alami ini sebelum ada berobat ke dokter.

Reverensi: http://khasiatq.blogspot.co.id/2016/03/15-khasiat-tapak-kuda-untuk-kesehatan.html
Advertisement
Manfaat & Khasiat Tapak Kuda, Cara Meramu Tapak Kuda Menjadi Obat