Yuk...!!! Cegah Kebutaan Mata Sejak Dini Dengan Mengkonsumsi Asupan Sehat Berikut Ini

Cara Mencegah Kebutaan Mata Sejak Dini - Mata merupakan indera yang sangat penting bagi manusia, dengan mata kita bisa melihat keindahan alam ini, dengan mata kita bisa belajar membaca dengan mudah walaupun dengan meraba juga bisa. Mata adalah jendela untuk mendapatkan informasi dari luar, dengan mata juga orang lain juga dapat melihat dan membaca suasanya hati kita.

Begitu pentingnya mata ini, sudah seharusnya kita menjaga dan merawatnya sejak dini agar tidak terjadi kebutaan atau gangguan mata lainnya seperti pandangan kabur rabun jauh & rabun dekat karena posisi min atau plus.

Kebutaan dapat terjadi pada siapa saja entah yang muda ataupun yang sudah berusia lanjut. Walaupun potensi kebutaan selalu ada, tetapi kondisi tersebut bisa di cegah dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat serta serta memperbanyak asupan sehat yang baik untuk mata.

Cara Mencegah Kebutaan Mata Sejak Dini

Nah, berikut adalah beragam jenis makanan sehat yang sebaiknya rajin di konsumsi untuk mencegah potensi kebutaan sekaligus menjaga kesehatan mata.

Cara Mencegah Kebutaan Mata Sejak Dini


1. Beragam jenis sayuran hijau

Sayuran dengan warna hijau umumnya mengandung banyak lutein serta zat sehat bernama zeaxanthin. Zat- zat tersebut merupakan zat baik untuk menjaga mata dari kerusakan. Lutein sendiri merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada makula mata. Adapun fungsinya adalah untuk menutrisi makula serta retina mata supaya kinerjanya menjadi lebih baik.

Sama sepert luthein, zeaxhantin merupakan senyawa karotenoid yang terdapat pada makula mata. Adapun fungsi dari zeaxhantin adalah untuk menjaga sistem penglihatan supaya tetap sehat.

Penelitian menyebutkan jika mengonsumsi lutein serta zeaxhantin dalam jumlah yang cukup, dapat menghindarkan kita dari yang namanya penyakit mata. Kedua senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan yang bertugas menjaga keadaan sel organ dalam mata agar tetap sehat. Dengan demikian, penyakit mata berikut dengan kebutaan, dapat diperkecil resiko terjadinya.

Beberapa jenis sayuran hijau sehat yang baik untuk mata antara lain adalah sebagai berikut.

a. Kangkung
b. Kacang polong
c. Brokoli
d. Lobak
e. Selada romaine
f. Kacang pistachio
g. Jagung

2. Telur

Makanan yang baik untuk kesehatan mata selanjutnya adalah telur. Meski kurang familier sebagai makanan penyehat mata, namun nyatanya telur, bagus dalam menjaga organ penglihatan yang satu ini. Di dalam telur  sendiri terdapat pigmen dengan warna kuning yang mengandung lutein serta zeaxhantin di dalamnya.

Konsumsi telur mampu menurunkan resiko terkena penyakit mata seperti katarak serta degenarasi makula. Perlu anda ketahui, degenerasi makula dapat menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan bahkan beresiko pada kebutaan.

Degenerasi sendiri banyak terjadi pada mereka yang berusia lanjut, namun pada beberapa kasus, ditemui pula orang dengan usia relatif muda yang mengalami gangguan mata satu ini.

Menurut keterangan para ahli, tubuh kita lebih mudah menyerap senyawa lutein serta zeaxhantin yang terdapat dalam telur dibandingkan dengan yang berasal dari tumbuhan.

3. Buah-buahan dengan warna yang cerah

Makanan sehat bagi mata yang selanjutnya adalah beragam jenis buah dengan warna yang cerah. Beragam jenis buah tersebut umumnya mengandung vitamin A yang cukup tinggi di dalamnya. Adapun fungsi dari jenis vitamin ini adalah untuk meregenerasi pigmen pada retina mata.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan niktalopia atau buta senja serta kerusakan total kornea akibat keseimbangan produksi sel meibom yang terganggu.

Adapun beragam jenis buah yang baik untuk kesehatan mata antara lain adalah sebagai berikut:

a. Apel
b. Jeruk
c. Buah naga
d. Mangga
e. Anggur
f. Wortel
g. Tomat, dan lain-lain
Perbanyak konsumsi buah dengan banyak kandungan vitamin A seperti yang diatas supaya kesehatan mata dapat lebih terjamin.

4. Ikan 

Ikan merupakan jenis makanan sehat untuk mencegah kebutaan ataupun gangguan mata yang selanjutnya. Ikan sendiri mengandung nutrisi yang cukup tinggi sekaligus bebas dari lemak jahat. Menurut penelitian, mengonsumsi ikan satu atau dua kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko terjadinya kebutaan akibat kesehatan penglihatan yang menurun.

Baca Juga: Atasi Wasir yang Menyiksa dengan Cara Mudah Berikut Ini

Ikan sendiri mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu mencegah timbulnya AMD atau degerenasi makula yang berkaitan dengan usia.  Nah itu dia di atas ragam jenis asupan sehat yang sebaiknya rajin anda konsumsi demi kesehata mata anda serta mencegah potensi kebutaan.
Advertisement
Yuk...!!! Cegah Kebutaan Mata Sejak Dini Dengan Mengkonsumsi Asupan Sehat Berikut Ini