Buat Bunda yang Baru Melahirkan, Sebaiknya Simak Tips Perawatan Bayi yang Benar Berikut Ini

Tips Merawat Bayi - Begitu keluar dari rumah bersalin, pastinya para orangtua, khususnya bunda harus merawat bayi mereka tanpa bantuan dokter dan perawat lagi. Nah, oleh karenanya sangat di anjurkan buat para bunda, khususnya yang baru pertama kali punya anak, untuk mengentahui apa yang harus dilakukan untuk merawat bayinya tersebut.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan rangkum beberapa tips merawat bayi yang benar yang bisa anda jadikan panduan atau bahan rujukan.

Tips Merawat Bayi

1. Pemberian ASI

ASI memiliki peranan yang begitu penting bagi pertumbuhan bayi. Sesibuk apapun ibu, bukan berarti pemberian ASI boleh dilewatkan. Pemberian ASI bukan hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melainkan juga mengurangi resiko kegemukan dan resiko bayi terkena infeksi.

Ada kalanya ibu berinisiatif memberi bayi makanan padat supaya berat badan bayi bertambah padahal usia bayi belum menginjak enam bulan. Hal ini bukanlah hal yang tepat dilakukan karena bisa memicu bayi susah buang air besar, alergi, dan bayi tersedak.

2. Penggunaan popok

Saat bayi menangis, ada baiknya ibu mengecek keadaan popok bayi. Jika memang popok yang di gunakan sudah kotor, segera ganti dengan popok yang baru. Selain itu, ibu juga harus mewaspadai dengan yang namanya ruam popok.

Ruam popok ditandai dengan kemunculan kulit berwarna kemerahan, radang atau bahkan kulit melepuh. Adapun area yang sering terkena ruam popok adalah bagian perut serta pantat.

Untuk mengatasi ruam popok, ibu bisa menggunakan sabun anti bakteri atau krim oles. Jikapun tidak memiliki krim khusus ruam popok, ibu bisa merawat bayi dengan membersihkan pantat bayi lalu membiarkan bayi berbaring tanpa diberi popok.

3. Merawat kulit bayi

Ketika bepergian, ibu seringkali merasa khawatir jika kulit bayi beresiko terkena sengatan matahari. Namun sayangnya, penggunaan tabir surya tidak diperbolehkan untuk bayi dengan usia di bawah enam bulan. Dalam hal ini, ibu bisa membawa bayi ke tempat yang aman, hingga penggunaan tabir surya atau krim kulit yang lain diperbolehkan.

4. Mengurangi waktu bepergian

Bagi ibu yang masih harus merawat bayinya, sebaiknya membatasi tujuan perjalanan ketika bepergian. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan bayi dari yang namanya kelelahan.

Jika acara bepergian dilakukan dengan mobil pribadi, ibu diharapkan berhenti sesekali untuk melakukan istirahat secara berkala. Hindari tempat yang padat manusia untuk menghindarkan bayi dari rasa gelisah akibat keramaian.

Persiapkan pula obat-obatan yang diresepkan oleh dokter jika memang si kecil tengah menderita penyakit tertentu ataupun dalam proses pengobatan.

5. Cara bermain dengan si kecil

Melakukan permainan ringan tentu akan sangat menyenangkan bagi si kecil. Ibu atau anggota keluarga yang lain, dapat mengajak bayi berinteraksi dengan melakukan permainan ciluk ba. Permainan ini bukan hanya membuat senang bayi melainkan juga bagus untuk merangsang pertumbuhan otak si kecil.

6. Saat bayi menangis

Berbeda dengan mereka yang sudah besar, bayi belum bisa berkomunikasi secara sempurna. Cara mereka berkomunikasi masih terbatas yakni menggunakan tangisan. Saat bayi menangis, ada baiknya ibu segera tanggap dengan menyelimuti si kecil lalu merengkuhnya dalam dekapan dan diayun pelan-pelan.

Perhatikan sumber tangisan si kecil. Jika yang bermasalah adalah popoknya yang sudah kotor, ibu bisa segera mengganti popok dengan yang baru.

7. Memandikan bayi

Untuk memandikan bayi, ibu bisa menggunakan produk yang dibuat khusus bagi bayi mulai dari sabun dan shamponya. Pastikan jika anda memandikan bayi dengan sabar dan lembut. Perhatikan pula temperatur air untuk mandi bayi supaya tidak terlalu panas ataupun dingin.

Cara merawat bayi di atas bisa bunda terapkan pada buah hati anda. Selain itu sebaiknya selalu aktif bertanya pada bidan ataupun orang yang sudah berpengalaman guna mendapatkan ilmu tentang tata cara merawat bayi yang benar
Advertisement
Buat Bunda yang Baru Melahirkan, Sebaiknya Simak Tips Perawatan Bayi yang Benar Berikut Ini