Percaya Tidak..? Kondisi Kesehatan Dapat dikenali dari Bentuk dan Warna Kotoran Telinga Anda

Mengenali Kondisi Kesehatan Tubuh Dari Kotoran Telinga - Jika kita berbicara tentang kotoran telinga, yang ada dalam bayangan Anda pasti kotoran berwarna kuning kecoklatan yang menempel pada cotton bud yang baru saja dikorek-korekkan pada dinding telinga, bukan?

Namun, warna kotoran telinga ini tidak selamanya kuning kecoklatan, ada kalanya juga warnanya menjadi berbeda. Ternyata, perbedaan warna kotoran warna telinga ini bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita loh. Bagaimana bisa? Intip saja ulasan kami berikut ini:

Mengenali Kondisi Kesehatan Tubuh Dari Kotoran Telinga

1. Jika Kotoran Telinga Lengket atau Bahkan Kering

Kotoran telinga yang lengket atau kering ini sebenarnya tidak menunjukkan adanya gangguan kesehatan. Kondisi ini hanyalah bentuk adaptasi genetik terhadap iklim yang tengah dihadapi.

Hal ini telah ditunjukkan oleh sebuah studi yang kemudian dimunculkan dalam jurnal Nature Genetics yang menyatakan bahwa orang Asia kebanyakan memiliki kotoran telinga yang cenderung kering, berbeda dengan orang-orang keturunan Afrika dan Eropa yang kebanyakan kotoran telinganya lengket atau basah.

2. Jika Kotoran Telinga Tiba-Tiba Keluar dengan Sendirinya

Sama dengan poin yang pertama, kotoran telinga yang keluar dengan sendirinya juga tidak menunjukkan adanya gangguan kesehatan yang serius. Mengapa? Karena gerakan normal yang dilakukan oleh rahang seperti makan atau berbicara inilah yang membuat kotoran telinga menjadi terdorong keluar. Nah, jika kotoran telinga ini sudah keluar, Anda pun bisa membersihkannya dengan mudah.

3. Jika Kotoran Telinga Mengandung Serpihan-Serpihan

Kotoran telinga yang tampak mengandung serpihan-serpihan pun adalah hal yang wajar, karena itu sebenarnya menunjukkan usia yang semakin tua. Mengapa? Karena seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar pun akan semakin mengering juga, sehingga juga berdampak pada kotoran telinga yang seolah mengandung serpihan-serpihan.

4. Jika Kotoran Telinga Berbau Menyengat

Nah, jika Anda menemukan kotoran telinga Anda berbau menyengat, Anda patut curiga, karena bisa saja Anda mengalami infeksi atau kerusakan pada telinga di bagian tengah.
Untuk memastikannya Anda bisa segera memeriksakan telinga Anda ke dokter THT, supaya Anda juga bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat sehingga kondisi ini tidak berlanjut.

5. Jika Kotoran Telinga Berwarna Kehijauan dan Berair

Jika Anda mendapati kotoran telinga sedikit berair atau berwarna kehijauan, itu adalah hal yang normal terjadi jika Anda tengah berkeringat, karena bisa saja keringat tersebut tercampur dengan kotoran telinga Anda.

Namun berbeda halnya jika Anda mengalami hal ini sementara Anda tidak berkeringat, Anda sebaiknya memeriksakan telinga Anda ke dokter THT karena bisa jadi telinga Anda tengah mengalami infeksi.

6. Jika Kotoran Telinga Mengeras

Ini adalah kondisi yang langka yang oleh pakar kesehatan disebut sebagai Keratitis obturan. Jika Anda mengalami hal ini, Anda hendaknya waspada karena ada kemungkinan kotoran telinga Anda menumpuk di dalam telinga bahkan mengeras, hingga Anda kesulitan untuk mengeluarkannya meskipun Anda merasa telinga Anda sudah ‘penuh’.

Bukan hanya itu saja, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada telinga, dan bisa saja Anda tidak menemukan kotoran tersebut saat Anda membersihkan telinga.

7. Jika Telinga Terasa Nyeri Saat Dibersihkan

Saat membersihkan telinga, entah dengan menggunakan cotton bud ataupun bulu ayam, seseorang pasti akan merasakan sensasi geli. Sebenarnya itu adalah hal yang normal. Namun yang tidak normal adalah telinga terasa nyeri saat dibersihkan. Mengapa?

Baca Juga: Jangan Salah, Inilah 4 Manfaat Menangis Buat Kesehatan

Karena bisa saja hal tersebut mengindikasikan adanya kolesteatoma yakni pertumbuhan kulit yang tidak normal di dalam telinga. Ini adalah kondisi yang cukup berbahaya, karena jika kolesteatoma ini Anda biarkan, dikhawatirkan lubang telinga Anda akan tertutup dan Anda akan mengalami masalah pendengaran.

Nah, itulah di atas beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui tentang bentuk maupun warna kotoran telinga anda. Bila kotoran telinga menunjukan tanda-tanda yang tidak baik, seperti yang di kemukakan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat.
Advertisement
Percaya Tidak..? Kondisi Kesehatan Dapat dikenali dari Bentuk dan Warna Kotoran Telinga Anda